macam macam beasiswa
Masih Bingung Tentang Jenis Beasiswa? Ketahui Dulu Macam-macamnya!
11 April 2021
Cari Tahu Biaya Kuliah Pendidikan Sarjana di Malaysia Dalam Rupiah!
13 April 2021

Seperti Apa Kelebihan Kuliah di Jurusan Perhotelan?

Sumber: Freepik

Industri perhotelan semakin menjamur dengan meningkatnya kebutuhan akan hospitality dan pariwisata. Bahkan di tengah pandemi yang masih berlangsung ini, hotel menggadang-gadangkan promo, melakukan branding yang baru—menjaga bisnis tetap jalan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Pesatnya perkembangan inilah yang mendorong peningkatan kebutuhan para profesional berbakat serta berpendidikan tinggi. Perekrut di perusahaan perhotelan pun akhirnya mencari para lulusan yang menempuh kuliah jurusan Perhotelan.

kuliah jurusan perhotelan

Sumber: Unsplash

Seiring berjalannya waktu, jurusan Perhotelan memang semakin ngetren. Kabarnya, jurusan ini memiliki ‘study life’ yang menarik loh! Sudah banyak para alumni yang mendapatkan kesan menyenangkan saat menempuh jurusan tersebut. Disana, kamu bisa merasakan kuliah sembari ‘terjun’ bekerja di industrinya langsung! Yup, karena saat berkuliah di Perhotelan kamu sudah pasti akan menghadapi hands-on learning. Pengalaman praktik dalam susunan akademik itulah yang membuatmu berperan aktif dalam kegiatan. Terlebih, itu baru satu hal dan sebenarnya masih ada kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan! Biar lebih paham, berikut ini menariknya kuliah jurusan Perhotelan:

Mempelajari Banyak Hal

Ada berbagai aspek dalam pengelolaan sebuah hotel yang nantinya akan kamu pelajari. Mulai dari manajemen perhotelan, pengelolaan bisnis dan keuangan, makanan, kebersihan, hingga kenyamanan tamu hotel. Dalam Manajemen Perhotelan kamu akan belajar bagaimana menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan serta produksi jasa penginapan ataupun akomodasi. 

Kamu juga akan mempelajari hal mendasar lainnya dalam servis perhotelan seperti front office, laundry, housekeeping, hingga tata boga! Sesi belajar tata boga dijamin bakal seru banget. Kamu bisa mempelajari cara menghidangkan, melihat patisserie, sampai ke pembuatan kue ataupun makanan. Selain itu, kamu juga wajib menguasai bahasa asing, minimal Bahasa Inggris, karena tamu hotel bisa datang dari negara mana saja.

Prospek Kerja yang Luas

kuliah jurusan perhotelan

Sumber: Unsplash

Setelah menyelesaikan kuliah jurusan Perhotelan, kamu akan dihadapkan dengan peluang kerja yang bervariasi! Kamu bisa bekerja dalam bidang perhotelan maupun kapal pesiar. Beberapa diantaranya seperti resepsionis, housekeeper, hotel manager, koordinator event, food and beverages, bahkan hingga chef. Jika tidak ingin bekerja di hotel, kamu bisa memilih untuk bekerja di tempat lainnya. Ada biro perjalanan wisata, daya tarik wisata, maskapai penerbangan, atau bahkan kamu bisa mengelola bisnis sendiri. Nggak perlu takut membangun bisnis dari 0. Berbekal ilmu kewirausahaan dan hospitality saat kuliah, kamu jadi punya bekal yang pasti untuk membangun hingga menjalankan bisnis dengan baik dalam industri ini.

Nah, seperti itulah serunya kelebihan jurusan Perhotelan! Perlu diingat, usahakan untuk mengambil jurusan Perhotelan dari universitas ataupun akademi yang dikenal memiliki akreditasi baik ya! Jika mereka memiliki akreditasi dan reputasi baik dalam studi Perhotelan, kamu bisa mendapatkan pendidikan dan fasilitas yang dijamin berkualitas. Sebagai salah satu contoh, ada Glion Institute of Higher Education. As a quick fact, institusi ini menduduki urutan tiga (3) besar terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings by Subject tahun 2021 untuk bidang Hospitality. 

Glion Campus. Sumber: QS Top University Rankings

Glion menawarkan program studi Perhotelan baik dalam tingkatan Bachelor maupun Master. Kamu bisa mencoba keluar dari zona nyaman dan mengemban studi di luar negeri! Menariknya, selain tinggi kualitas pembelajaran dan fasilitas lengkap, kampus Glion ada yang berlokasi di jantung Eropa sebagai pusat pariwisata. Swiss, merupakan negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari segala penjuru dunia karena hospitality-nya yang berhasil memanjakan setiap tamu. Hotel sebagai tempat penginapan tentu menjadi ada banyak sekali—mulai dari segala bintang dan fasilitasnya yang menarik. Oleh karena itu, negara ini bisa menjadi tempat yang super tepat dalam mendukung studi Perhotelan mu!

Bagaimana? Kamu tertarik untuk berkuliah di jurusan Perhotelan?

Yuk persiapkan mulai dari sekarang!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.