jurusan kuliah untuk anak smk
Ini Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak SMK!
11 Maret 2021
Le Cordon Bleu Virtual Culinary Fest 2021
12 Maret 2021

Syarat yang Penting Kamu Penuhi untuk Kuliah di Luar Negeri!

Sumber: Unsplash

Sejak dahulu hingga saat ini, kuliah di luar negeri merupakan sebuah keputusan hebat dengan dampak yang besar bukan main! Kamu nggak hanya meningkatkan pengetahuan di bidang yang ditempuh aja. Namun, kamu juga akan mampu mengasah perkembangan dirimu sendiri dengan pengalaman hidup serta studi yang jauh berbeda. It really is a good thing ketika kamu bisa berkembang dan memaksimalkan dirimu. Nah, berbicara tentang kuliah di luar negeri, persyaratan yang diminta pastinya berbeda jika dibandingkan dengan di dalam negeri. Kamu akan menghadapi bahasa yang berbeda dan setiap perguruan tinggi disana memiliki sistem akademiknya masing-masing. Oleh karena itu, sebelum kamu berangkat jauh untuk merantau kesana, yuk persiapkan dulu 5 syarat kuliah di luar negeri yang ada di bawah ini:

Paspor dan Visa

Sumber: Freepik

Untuk menembus negara studi impianmu, kamu membutuhkan kedua ‘teman’ ini! Paspor merupakan  identitas diri kamu yang berlaku sebagai akses ‘internasional’. Selain itu, kamu juga memerlukan surat izin berkunjung yang diterbitkan oleh Kedutaan Besar yang dikenal dengan visa. FYI, visa pelajar punya durasi khusus dimana waktu bisa lebih lama tergantung pada periode studi yang diambil. Sebelum mengurus visa, pastikan kamu sudah menyiapkan bukti rekening koran atau tabungan serta siap menghadapi proses wawancara dengan pihak kedutaan.

Ijazah dan Transkrip Nilai

Syarat kuliah di luar negeri kedua yang wajib kamu persiapkan adalah ijazah dan transkrip nilai. Pihak universitas pastinya ingin mengetahui kemampuan yang kamu miliki saat di bangku sekolah! Pastikan jalur pendidikan terakhir yang ditempuh dan standar nilai pelajaran saat sekolah memenuhi syarat dalam entry requirement kampus yang dituju ya! Jangan lupa juga untuk membawa kedua dokumen tersebut dalam bentuk asli dan soft copy yang sudah diketik dalam Bahasa Inggris. 

Letter of Acceptance

Sumber: Unsplash

Letter of Acceptance atau yang disingkat dengan LoA adalah surat resmi yang diterbitkan oleh universitas tujuanmu di luar negeri bahwa kamu diterima sebagai mahasiswa untuk berkuliah di sana. LoA sendiri terbagi menjadi dua. Conditional LoA, merupakan surat penerimaan namun dengan syarat yang belum sepenuhnya diterima, sedangkan Unconditional LoA merupakan surat bukti diterima tanpa persyaratan apapun dan hanya perlu registrasi ulang saja.

Sertifikat Kemampuan Bahasa

Karena berkuliah di luar negeri, sudah pasti kamu harus menggunakan Bahasa Inggrisalias bahasa global dalam berkomunikasi dan saat proses belajar. Sertifikat kemampuan bahasa pun akhirnya menjadi salah satu syarat kuliah di luar negeri bagi beberapa universitas. Bukti sertifikat kemampuan bahasa inggris seperti Test of English Foreign Language (TOEFL) dan International English Language Testing System (IELTS) biasanya dijadikan persyaratan untuk berbagai program studi. Sertifikat kemampuan tersebut bisa kamu peroleh dengan mengambil tes di beberapa lembaga pendidikan informal.

Biaya Studi dan Biaya Hidup

Sumber: Unsplash

Biaya studi di universitas dan biaya hidup di setiap negara sudah pasti berbeda dan ada berbagai macam. Sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak yang harus kamu keluarkan agar kamu siap secara finansial saat menghadapinya. Misalnya, kamu melanjutkan studi di Selandia Baru, maka kamu harus menyiapkan dana sekitar 25 hingga 40 ribu NZD atau sekitar 240,6 hingga 384,9 juta rupiah untuk biaya kuliah per tahun. Sementara untuk biaya hidup bulanan yang mencakup keperluan makan, akomodasi, dan kebutuhan lain mengeluarkan sekitar 1.800 hingga 2.000 NZD atau 17,4 hingga 19,2 juta rupiah.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.