Siswa Perhotelan di Swiss
2 Universitas Jurusan Perhotelan Terbaik di Swiss, Yang Mana Pilihanmu?
14 Juni 2021
beasiswa s2 kanada
Kesempatan Kuliah S2 di Universitas Unggulan Kanada Pakai Beasiswa!
14 Juni 2021

Tes Kepribadian Online untuk Memilih Jurusan Kuliah, Udah Coba?

tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah

Sumber: Unsplash

Hayooo siapa disini yang masih galau atau bahkan have no idea dalam memilih jurusan kuliah? Terkadang kamu jadi harus cari inspirasi dari teman, internet, atau lainnya. Padahal, proses memilih jurusan itu punya keterkaitan besar dengan kepribadian yang kamu miliki loh. Jadi sebenarnya kamu nggak perlu cari jauh-jauh! Pertama-tama ketahui dulu seperti apa dirimu, karakter, bahkan minat atau bakat yang kamu miliki. Kalau kamu ingin cara simpel dan fleksibel nya, sekarang ada banyak tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah. Ini bisa jadi cara alternatif untuk membantumu menemukan poin-poin penting tersebut!

tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah

Sumber: Unsplash

Dengan mengetahui sedalam-dalamnya dirimu—percaya deh, nanti bakalan mudah memutuskan jurusan kuliah mana yang tepat untuk kamu tempuh. Nggak perlu hopeless dulu! Tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah pasti bisa membantumu. Kamu bisa mulai untuk mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Bahkan, ada berbagai dampak positif alias manfaat yang bisa kamu gali setelah mengetahui kepribadian serta minat dan bakat sebelum menentukan jurusanmu! Beberapa diantaranya adalah berikut ini:

1. Mengenal Diri Lebih Baik

Setelah mengenal diri sendiri dengan baik, kamu bisa berpikir jernih tentang apa yang ingin kamu lakukan dan apa yang pas untukmu. Kamu jadi bisa menilai karaktermu cocok untuk bidang studi mana saja, seperti apa batas risiko yang ingin kamu ambil, dan apa yang menjadi minat serta bakat besar yang kamu miliki. Aspek penting lainnya; seperti negara dan kampus tujuan pun akan jadi lebih mudah kamu pertimbangkan. Yah, kalau sudah bisa memilih jurusan kuliah secara tepat—yakin banget kamu bakal enjoy dan sanggup bertahan melewati perkuliahannya!

2. Memberikan Energi Positif

tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah

Sumber: Unsplash

Kepribadian serta minat yang cocok dengan jurusan yang kamu tempuh akan memberikan energi positif dalam melewatinya. Ketika kamu merasa “Wah ini sih aku banget!”, semangatmu jadi berkobar saat menuntut ilmu dan memaksimalkan kemampuan disana. Uff, kebayang kan kalau misalnya kamu merasa jika jurusan itu bukan yang tepat? Kamu mungkin saja akan kesulitan dalam menyelesaikannya atau bahkan kepikiran untuk pindah jurusan. Bisa complicated!

3. Terbuka Pada Hal Baru

Selalu ada banyak hal yang bisa kamu eksplorasi. Saat mengenal dirimu dengan baik, kamu akan tahu bagian apa saja apa yang bisa kamu maksimalkan! Hal ini bisa membantumu untuk terbuka pada hal baru dan memilah mana saja yang bisa ‘diambil’ untuk jadi pelajaran baru. Mungkin seperti kegiatan, proyek, atau hobi? Apa saja yang bisa menginspirasimu untuk berkembang lebih baik lagi!

4. Memperluas Koneksi dan Pertemanan

Sumber: Unsplash

Yup. Pengaruhnya bisa sampai sejauh ini loh! Memasuki lingkungan yang baru membuatmu harus beradaptasi. Untungnya, ketika sudah berada di lingkungan yang menurutmu tepat dan suportif, kamu akan jadi lebih semangat dalam memperluas hubungan pertemanan. Kamu jadi lebih tertarik untuk meddle and blend dengan teman-teman baru. Jangan lupa, buatlah dan berdirilah di lingkungan yang positif ya!

5. Berkomitmen Terus Mengasah Kemampuan

It’s called level-up! Setelah mantap dengan keputusan jurusan dan mengetahui ‘kekuatan’mu, akan ada waktunya kamu merasa saatnya menaiki tangga yang lebih tinggi lagi. Dalam artian, kamu terpacu dan sadar untuk mengasah kemampuan dan pengetahuanmu lebih baik lagi. Ini adalah hal yang sangat bagus! Kamu jadi bisa keluar dari zona nyaman dan melakukan hal dengan tingkatan tantangan yang berbeda.

Banyak kan manfaatnya kalau bisa mengenal diri dengan baik agar dapat memilih jurusan yang tepat? Nah, mengikuti tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah bisa membantumu. Ada dua rekomendasi terbaik nih yang bisa kamu coba! Pertama cukup ketik nama SUN Education Group Mobile App yang bisa kamu unduh secara gratis di AppStore atau PlayStore. Didalamnya ada tes eksklusif Find Passion dengan tampilan neat yang bisa kamu coba ikuti. 

Truity.

Lalu yang terakhir ada tes berbasis situs web, yaitu Truity. Sistem tes dan penilaian mereka disusun menggunakan standar psikologis di lima universitas terkemuka dunia loh! Yang mereka baca nggak lain adalah dimensimu; seperti aspek keterbukaan, pertimbangan, kemampuan berinteraksi, hingga tingkat kemampuan bekerja. Tinggal kamu deh yang memilih antara kedua tes tersebut! Boleh juga kalau ingin kamu combine kemudian mempertimbangkan hasilnya secara dua sisi dan balance. Yang penting ada insight, proses, dan waktu yang cukup untuk mengetahui dirimu.

Semoga menemukan hasilnya dengan baik dan terus semangat dalam meraih studi impianmu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.