5 Halal Restaurants Near College in Singapore
5 Tempat Makan Halal Dekat Kampus di Singapura
31 Mei 2017
Perayaan Idul Fitri di Negara UK dan Irlandia
Perayaan Idul Fitri di Negara UK dan Irlandia
1 Juni 2017

Tips Berpuasa 19 Jam dengan Mudah di UK

Easy Steps of Fasting During the 19 hours in the UK

Sumber: MR News

Tips Berpuasa 19 Jam dengan Mudah di UK

Tips Berpuasa 19 Jam dengan Mudah di UK. Berpuasa di negara-negara Eropa memang membutuhkan waktu yang lama dibanding Indonesia. Ini karena waktu sahur dan berbuka tergantung dengan terbit dan terbenam matahari, sedangkan negara-negara Eropa sendiri letaknya di belahan bumi utara yang menerima cahaya matahari lebih lama. Salah satunya seperti di Inggris, sebuah negara yang bahkan dijuluki Negeri Matahari yang Tidak Pernah Tenggelam.

[wc_spacing size=”20px”]

Pasalnya, dibutuhkan waktu sekitar 18 sampai 19 jam untuk berpuasa di Inggris. Kalau melihat angka tersebut, apakah sulit berpuasa di Inggris? Tenang aja! Jika kamu tau kiat berpuasa yang benar, puasa dengan rentang waktu yang lama bisa dihadapi dengan baik. Yuk, simak tips puasa berikut ini!

[wc_spacing size=”20px”]

Ketahui Jadwal Berbuka dan Ibadah

Jadwal berbuka dan ibadah penting untuk diketahui saat puasa Ramadhan / Sumber: Daily Mirror

Terkait jadwal buka puasa, berdasarkan jadwal di London yang tercantum di Muslimpro.com untuk sekitar akhir Mei 2017 ini, waktu shalat maghrib sekitar pukul 21.06 waktu setempat dan jadwal shalat subuh sekitar pukul 2.58 waktu setempat (waktu dapat berubah setiap harinya). Untuk selengkapnya tentang jadwal shalat sesuai tanggal dan lokasi tiap kota di Inggris, kamu bisa kunjungi situs Muslimpro atau sejenisnya.

[wc_spacing size=”20px”]

Ketahui Cuaca dan Musim

Agar saat beraktivitas selama berpuasa tetap lancar, kamu perlu menyesuaikan diri dengan cuaca dan musim yang ada di Inggris. Pada akhir Mei ini sampai Juni nanti, kamu akan berpuasa beberapa hari di musim semi dan dilanjuti ke musim panas. Menurut data dari foreignstudents.com, musim semi di Inggris cukup basah dan berangin dengan suhu rata-rata 9 derajat Celcius sampai 15 derajat Celcius. Sementara, musim panas di Inggris suhu rata-rata 18 derajat Celcius sampai 20 derajat Celcius. Jangan lupa untuk mengenakan baju santai dan selalu menggunakan krim pelindung tabir surya (sunblock) ketika beraktivitas. Untuk info ter-update mengenai cuaca tiap harinya, kamu bisa kunjungi situs www.bbc.com/weather.

[wc_spacing size=”20px”]

Atur Pola Makan

Untuk mampu bertahan selama 19 jam, kamu harus cermat dalam mengatur pola makan dan memilih menu berbuka yang benar, terutama untuk sahur. Makanan yang dipilih ketika sahur harus mampu ‘mengisi’ energi tubuh selama berjam-jam, sekaligus yang mudah dicerna, seperti kentang, sereal gandum, jelai, buah aprikot, kacang hijau, dan lainnya. Sementara untuk iftar, selipkan menu yang dapat menyegarkan tubuh kembali, seperti jus buah. Yang penting saat berbuka puasa makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Serta, hindari berbuka puasa dengan menu makanan yang membuat tubuh tidak sehat, seperti makanan gorengan, makanan berlemak, makanan dengan gula dan garam yang tinggi, makanan cepat saji, dan minuman berkafein.

[wc_spacing size=”20px”]

Contoh makanan dengan karbohidrat kompleks dan makanan yang tidak sehat untuk tubuh / Sumber: Web Kesehatan

[wc_spacing size=”20px”]

Selain itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Caranya dengan mimum delapan gelas air putih tiap hari (misal, satu saat buka, dua saat makan malam, tiga sebelum dan sesudah tarawih, satu sebelum sahur, satu setelah sahur).

[wc_spacing size=”20px”]

Atur Pola Aktivitas dan Istirahat dengan Cukup

Selain mengatur pola makan, kamu juga perlu merencanakan kembali aktivitas harianmu. Rutinitas harian mungkin tidak bisa dihindari, seperti halnya bekerja, kuliah, dan lainnya. Namun, jika memungkinkan, kurangi kegiatan yang tidak terlalu penting dan menguras energi terlalu banyak agar kamu bisa menjaga kesehatan untuk berpuasa selama 30 hari. Tak kalah penting, atur waktu untuk bisa istirahat dengan cukup saat waktu luang di sela kegiatan dan jadwal lima kali ibadah, karena ketika berada di Inggris, kamu hanya memiliki waktu malam yang sedikit, yakni sekitar kurang dari enam jam saja.

[wc_spacing size=”20px”]

Manfaatkan Waktu dengan Baik

Lama puasa selama 19 Jam tidak terasa jika kamu dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Misalnya, daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan kapan buka puasa, lebih baik menjalani aktivitas rutin dengan baik. Misalnya, bekerja, kuliah, baca buku, dan sebagainya.

Nah, jika kamu memiliki banyak waktu luang dan belum tau ingin melakukan apa, kamu bisa bergabung dengan Indonesia Islamic Centre (IIC) London. IIC bekerja sama dengan KBRI dan masyarakat Muslim di London untuk mengisi Ramadhan dengan serangkaian kegiatan bermanfaat, salah satunya seperti pesantren kilat. Kegiatan ini tentunya bermanfaat buat kamu untuk bisa berkumpul bersama sesama umat Muslim lainnya agar semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

[wc_spacing size=”20px”]

Ketahui Budaya

Inggris merupakan negara yang toleran terhadap umat beragama / Sumber: The Platform

[wc_spacing size=”20px”]

Di Inggris, pada umumnya, pemerintah dan warganya menjaga toleransi umat beragama, termasuk saat menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadhan. Seperti yang diungkapkan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik yang dikutip dari Republika.co.id (26/5/2017) bahwa suasana Ramadan di negeri tersebut sangat bagus. Di kota-kota besar yang terdapat banyak umat Muslim, contohnya, terdapat banyak masjid, sehingga umat Muslim bisa menikmati suasana bulan puasa secara suci. Selain itu, dikatakan bahwa semua pihak seperti politisi dan pemuka agama bersatu untuk menjaga toleransi, keanekaragaman ras dan agama dan kebudayaan terbuka di Inggris. (SJV)

 

Comments are closed.