Last Call September 2020 Intake Scholarships
6 Maret 2020
universitas terbaik di australia
5 Universitas Terbaik di Australia 2020
8 Maret 2020

Hemat Kuliah Sambil Kerja di Singapura Dengan 3 Cara Ini

Sumber: Freepik

Singapura adalah negara dengan infrastruktur yang maju. Hal tersebut tentu didukung dengan kualitas pendidikan mereka yang sangat baik. Negara ini bahkan termasuk dalam negara dengan sistem pendidikan yang terbaik di dunia. Maka dari itu, ada sangat banyak pelajar dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang memilih untuk melanjutkan studinya di Singapura. Siswa juga tak perlu khawatir merogoh kocek banyak saat di negara ini. Karena, living cost disini masih terjangkau dan kamu pun punya kesempatan untuk kuliah sambil kerja di Singapura.

kuliah sambil kerja di singapura

Sumber: Freepik

Jika dibandingkan dengan negara barat, Singapura punya biaya kehidupan yang masih terjangkau. Meskipun begitu, kamu tetap harus mempertimbangkan anggaran biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Nah, untuk kamu yang bercita-cita kuliah di negara ini, kamu bisa banget kuliah di luar negeri dengan budget yang tetap hemat! Pertama, kamu bisa kuliah sambil kerja di Singapura. Untungnya, disini kamu fleksibel untuk menyalurkan kreatifitas- namun tetap, ada batasan waktunya! 

Biar lebih mudah dalam mengatur anggaran kuliah di Singapura, yuk cek 3 hal yang bisa kamu perhatikan dan pertimbangkan dibawah ini:

Memilih Bekerja Part-time atau Freelance

 

Menurut Departemen Tenaga Kerja Singapura, siswa internasional yang menggunakan Student Pass di Singapura berhak untuk bekerja part-time selama sekitar 16 jam per minggu. Jika ingin bekerja dengan melebihi batas waktu tersebut, kamu perlu memenuhi ketentuan seperti:

1. Merupakan siswa fulltime yang terdaftar di salah satu lembaga yang disetujui

2. Memegang Student Pass yang sah dan dikeluarkan oleh Immigration and Checkpoints Authority (ICA)

Kamu bisa memilih pekerjaan part-time sesuai dengan bidang ataupun yang kamu senangi. Misalnya:

1. Jika menguasai bahasa asing, seperti Perancis, Jerman, Italia, atau yang lainnya, kamu bisa bekerja sebagai interpreter ataupun penerjemah loh. Bayaran untuk pekerjaan ini lumayan tinggi dan kamu bisa menemukannya di banyak tempat. Misalnya di sebuah kampus, kamu bisa coba pekerjaan administrasi atau yang lain.

2. Jika suka dan ahli memasak, kamu bisa banget menjadi asisten koki di restoran yang ada di Singapura. Kamu bisa mencoba restoran masakan Muslim (Halal), Asia, Indonesia, atau lainnya.

3. Bekerja di kafe atau supermarket juga bisa menjadi opsi yang lebih mudah buat kamu.

Pilihan lain selain bekerja part-time, kamu juga bisa bekerja freelance! Singapura punya banyak lowongan freelance. Apalagi, bekerja freelance bisa memberikan waktu yang fleksibel. Kamu bisa bekerja kapanpun dan dimanapun kamu berada.

 

Memperhatikan Biaya Hidup

 

Selain kuliah sambil kerja di Singapura, tentu harus tetap diingat bahwa kamu perlu menjaga pengeluaran saat berada di negara tersebut. Perhatikan pengeluaran untuk daily needs mulai dari makan, transportasi, peralatan yang berhubungan dengan studi, akomodasi, dan bahkan biaya untuk medis serta layanan kesehatan.

Rata-rata biaya yang diperlukan pelajar umumnya berkisar antara SGD 1,000 hingga SGD 1,200 per bulannya. Biar lebih hemat, cobalah untuk tinggal di asrama sekolah atau kampus. Di asrama ini biasanya sudah termasuk makan, cuci pakaian, pengawasan, serta fasilitas olahraga dan juga rekreasi! Great package, right?

 

Daftar Beasiswa

 

Nah, selagi kuliah diluar, manfaatlah kesempatan untuk mendapatkan beasiswa! Selain pemerintah, banyak universitas di Singapura yang menawarkan beasiswa terutama bagi para mahasiswa internasional. Beberapa beasiswa ada yang diberikan setahun, full, ataupun per semester. Beasiswa tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda karena setiap program dan universitas di Singapura memiliki peraturan yang belum tentu sama. Dengan banyaknya kesempatan beasiswa ini, kamu jadi bisa semakin menghemat biaya saat berkuliah nantinya.

sun education group

Sumber: Freepik

Itulah dia 3 hal yang dapat kamu coba biar bisa lebih hemat saat kuliah di Singapura! Kira-kira, sudah siap mau kuliah di universitas mana?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan