Pendekatan Leksikal
Belajar Bahasa Inggris Lebih Efektif dengan Pendekatan Leksikal (Kosa Kata)
23 Oktober 2017
7 Common Mistakes on IELTS™
Avoid These 7 Common Mistakes on IELTS™ Writing Task 2
30 Oktober 2017

Memahami Industri Penyiaran Bersama Rumah Millenials

Memahami industri penyiaran ala millenials

Founder Rumah Millenials Taufan Akbari. Sumber: Nah

Memahami Industri Penyiaran ala Millennials Bersama Rumah Millenials

Rumah Millenials kembali mengadakan Millennials Talks (M-Talks) yang ketiga kalinya dengan topik Industri Penyiaran Ala Millennials pada Sabtu, 21 Oktober 2017 di Jakarta Pusat. Rumah Millennials sendiri merupakan wadah bagi generasi muda di Indonesia untuk memberikan informasi lintas bidang yang bermanfaat.

Kenyataannya kini, kerap kita temui konten yang tidak berbobot, bahkan mengundang konflik di media massa Indonesia, juga di media sosial. Maka dari itu, M-Talks yang kali ini bekerja sama dengan SUN Education Group bertujuan untuk menyadarkan para generasi muda agar bijak menggunakan media.

 “Media adalah salah satu yang berperan dalam membuat ekonomi publik. Dan siapa yang paling bisa mempengaruhi masyarakat kini adalah pemuda, karena jumlahnya paling banyak. Pemuda menggunakan media, sehingga bagaimana kita menyampaikan sesuatu yang positif lewat pemuda menggunakan konten yang positif,”  ujar Taufan Akbari, Founder Rumah Millennials.

Memahami Industri Penyiaran ala Millennials bersama Rumah Millenials

Founder Rumah Millennials Taufan Akbari. Sumber: Nah

Talkshow ini dikemas dengan ringan dengan pembahasan yang sangat menarik dari para pembicara yang berpengalaman di bidangnya. Sesi pertama dibuka oleh moderator acara, Karina Soerja, yang juga berprofesi sebagai announcer dan creative writer. Ia berbagi cerita soal menariknya bekerja di industri penyiaran radio.

Masih membahas soal media, Jurnalis muda Metro TV Samirah Begum menceritakan suka-dukanya menjadi jurnalis di stasiun televisi, sekaligus berbagi tips untuk mereka yang ingin menjadi jurnalis. Sesi pertama diakhiri oleh COO Hipwee Nendra Rengganis yang memaparkan dinamika media masa kini dan bagaimana pengelolaan konten di media online yang bersegmentasi anak muda.

Lanjut di sesi kedua, materi dibuka oleh Enda Nasution, Digital Expert dan Executive Director Gerakan 1000 Startup Indonesia, yang menceritakan bagaimana perannya di dunia digital dan partisipasinya dalam gerakan “bijak bersosmed” di media online Indonesia. Bapak Blogger Indonesia ini juga mengajak seluruh hadirin untuk berikrar “bijak bersosmed”.

Ikrar “Bijak Bersosmed” diikuti seluruh hadirin. / Sumber: Nah

Gustav Aulia selaku Senior Journalist juga berbagi pengalamannya sebagai news anchor di salah satu stasiun televisi Indonesia dan integritasnya sebagai jurnalis. Kemudian sesi diakhiri Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Yuliandre Darwis yang memaparkan soal peran KPI dalam mempertahankan kualitas penyiaran televisi di Indonesia.

Acara disambut antusias oleh sekitar 100 partisipan dari berbagai media dan institusi yang juga ikut akfif bertanya di tiap sesi. Dari seluruh materi yang diberikan dapat dipetik bahwa industri penyiaran ala millennials melibatkan peran semua Generasi Millennials dalam mengatur konten di media, serta menjadi generasi yang bijak, dan kreatif dalam membuat dan mengkonsumsi konten di media.

Tim Rumah Millenials, para pembicara talkshow di sesi pertama (Ketiga dari kiri: Karina Soerja, keempat dari kiri: Samirah Begum, keenam dari kiri: Nendra) dan Product Manager Sun Education Group Novi Kurniawati (kedua dari kiri) berfoto bersama. Sumber: Nah

 

Seluruh pembicara di sesi kedua (Kelima dari kiri: Enda Nasution, Keenam dari kiri: Gustav Aulia, Kedelapan dari kiri: Yuliandre) bersama tim Rumah Millenials

 

M-Talks pertama kali diadakan pada Agustus 2017 lalu. Pada November mendatang, Rumah Millenials akan kembali menyelenggarakan acara serupa dengan topik Tourism and Travel. (SJV)

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!