Kuliah dengan Suasana Pedesaan di Murdoch University Australia
22 Mei 2021
Leeds Beckett University: Pilihan Kampus Pencinta Olahraga
23 Mei 2021

Ingin kuliah kuliner di Australia? William Angliss Institute bisa jadi opsi!

Buat kamu yang tertarik kuliah seni kuliner (culinary arts) di Australia, William Angliss Institute patut kamu lirik sebagai opsi. Didirikan tahun 1940, kampus ini telah menjadi akademi sekaligus pusat pelatihan spesialis terkemuka, khususnya di bidang seni kuliner, pariwisata, dan perhotelan.

Berlokasi di dua kota, yakni Melbourne dan Sidney, kampus ini menawarkan berbagai program pendidikan dari jenjang Diploma & Diploma Lanjutan, Sarjana, hingga Magister. Selain itu, di sini kamu juga bisa mendapatkan program pelatihan dan magang yang terakreditasi, sekaligus sertifikat kejuruan (Sertifikat I hingga IV). 

Ruang workshop di kampus William Angliss Institute

Sumber: angliss.edu.au

Ada beberapa program studi yang bisa kamu pilih di sini, yaitu seni kuliner, pariwisata, perhotelan, dan event management. Selama 22 tahun terakhir, kampus ini juga menyediakan pelatihan di berbagai negara untuk tiga bidang utamanya tersebut melalui cabang komersialnya, Angliss Consulting. Jadi, selain reputasinya yang sudah diakui secara global, kampus ini juga menyiapkan lulusan yang kompeten di bidangnya. 

 

Alasan Menempuh Studi Kuliner di Australia

Negeri Kanguru adalah salah satu tempat terbaik untuk mendalami bidang kuliner karena di sana kamu akan menemukan lebih banyak pengalaman soal makanan dibanding negara lainnya. Di Australia, kamu dapat mencicipi perpaduan makanan dengan pengaruh internasional, termasuk cita rasa Asia, Spanyol, dan Italia.

Poin plus lainnya, negara ini menawarkan jenjang pendidikan yang lengkap. Kamu juga akan mendapatkan pengalaman multikultural dan pelatihan langsung di beberapa hotel dan restoran terbaik kelas dunia. Jadi, tak heran jika siswa lokal maupun mancanegara berminat mendalami bidang kuliner di Australia. 

Lalu bagaimana sih dengan kesempatan kerja di bidang kuliner? Jika kamu berada di negara dengan industri pariwisata yang besar, maka sudah pasti peluang kerja di bidang ini pun besar. Australia adalah salah satu destinasi liburan terpopuler di dunia. Tak hanya itu, banyak orang yang berdatangan ke kota-kota besar seperti Melbourne, Sydney, dan Brisbane untuk keperluan berbisnis. 

Keramaian di Sydney Opera House, Australia

Sumber: Unsplash

Artinya, semakin maju dan sibuk industri pariwisata di Australia, maka kesempatan kamu untuk bekerja di restoran, hotel, resort, dan tempat rekreasi pun semakin besar. Apalagi, industri catering dan koki pribadi di negara ini juga tengah berkembang pesat, lho!

 

Kuliah Kuliner di William Angliss Institute

Sebagai salah satu akademi dengan jurusan tata boga terbaik di Australia, William Angliss Institute telah melahirkan banyak chef andal. Tak sedikit lulusannya yang kini berprofesi sebagai pebisnis restoran, jurnalis kuliner, konsultan kuliner, hingga ahli pangan.

Mahasiswa seni kuliner William Angliss Institute praktik memasak di damur

Sumber: angliss.edu.au

Seni Kuliner 

Seni kuliner adalah seni menyiapkan, memasak, dan menyusun makanan. Orang-orang yang bekerja di bidang ini biasa dikenal sebagai chef, cook, atau culinarian. Khusus program studi seni kuliner, ada tiga konsentrasi yang tersedia, yakni Commercial Cookery, Patisserie, dan Culinary Management. 

Commercial Cookery

Menekuni Commercial Cookery artinya kamu akan belajar memasak di dapur berskala besar. Yang akan kamu pelajari adalah cara mengatur dan menyiapkan bahan-bahan makanan, memasak, memproduksi makanan dalam jumlah banyak, hingga menyajikan makanan kepada pelanggan. Di samping itu, kamu juga dituntut untuk tetap memperhatikan keamanan pangan dan kebersihan dapur. Soal peluang kerja, lulusan jurusan ini berpeluang besar menjadi Executive Chef bahkan Operations Manager.

Patisserie 

Jurusan ini cocok bagi kamu yang ingin mempelajari teknik-teknik membuat pastry atau hidangan penutup (dessert), sekaligus cara menghiasnya. Kelebihan dari jurusan ini adalah ilmu yang didapat bisa dan mudah diterapkan di dunia kerja. Di sini kamu juga bisa bebas berkreasi, membuat inovasi-inovasi baru dalam dunia pastry. Kamu juga bisa mengetahui berbagai macam bahan yang bisa dan biasa dipakai dalam pembuatan kue, roti, dan kudapan penutup lainnya. 

Kudapan penutup buatan mahasiswa William Angliss Institute

Sumber: angliss.edu.au

Durasi untuk menyelesaikan pendidikan di kampus ini adalah selama 12 dan 18 bulan, tergantung dengan dengan jenis kelas yang kamu pilih. Gelar Diploma yang akan kamu sandang saat lulus akan setara dengan kualitas pastry chef di Australia. Lalu, jika kamu ingin menguasai dua bidang sekaligus, kamu bisa mengambil jurusan Commercial Cookery dan Patisserie secara bersamaan dengan menambah waktu studi selama 8 bulan lagi. 

Culinary Management 

Jika ingin langsung kuliah S1, kamu bisa mendaftarkan diri di Bachelor of Culinary Management yang berlokasi di Melbourne. Dalam waktu 4 tahun, kamu akan mempelajari segala hal soal dunia kuliner, mulai dari teori-teorinya hingga praktik memasak. Nantinya, kamu akan bisa menyajikan menu yang enak sekaligus punya kandungan nutrisi yang baik dan seimbang. 

Yang lebih menarik lagi, manajemen keuangan di dapur juga bisa dipelajari secara mendalam di jurusan ini. Di tahun ketiga, kamu akan mendapat pengalaman langsung di dunia kuliner lewat program magang (paid placement) selama satu tahun. 

 

Nah, selain seni kuliner, William Angliss Institute juga menyediakan Program Studi Pariwisata, Perhotelan, dan Event Management yang juga diminati banyak siswa mancanegara. 

Pariwisata 

Program studi ini cocok buat kamu yang punya hobi dan minat di bidang pariwisata. Tidak hanya jalan-jalan, kamu juga akan mempelajari cara-cara mengelola tempat wisata secara lebih detail. 

Sama halnya dengan program studi seni kuliner, di sini ada konsentrasi khusus, yaitu bidang wisata alam atau ekowisata. Ekowisata adalah suatu program yang bertujuan menjaga lingkungan sambil memprioritaskan aspek konservasi alam, sehingga wilayah itu dapat tetap terjaga dan terlindungi dengan baik.

Perhotelan

Mahasiswa Program Perhotelan di William Angliss Institute

Sumber: angliss.edu.au

Kalau kamu ingin punya karier profesional dan memahami seluk-beluk dunia perhotelan, inilah program yang tepat untuk kamu. Secara umum, kamu akan belajar cara mengelola hotel dan resort. Selain itu, ilmu-ilmu perihal hospitality juga akan kamu dapatkan di sini.

Event Management 

Pemasaran, manajemen risiko, innovative event management practices adalah beberapa hal yang bakal kamu pelajari dalam program studi ini. Dengan kata lain, kamu akan belajar lebih jauh mengenai cara menyelenggarakan event yang baik dan benar. Di akhir masa studi, para mahasiswa ditugaskan untuk menggelar event-event yang inovatif. 

 

Biaya Kuliah di William Angliss Institute

Biaya yang perlu kamu siapkan untuk kuliah di kampus ini adalah mulai dari 250 juta Rupiah untuk program pendidikan 1,5 tahun. Sedangkan untuk program sarjana (4 tahun), kamu perlu mempersiapkan biaya sekitar 616 juta Rupiah. Namun, perlu diingat biaya ini tidak bisa dijadikan patokan pasti ya, mengingat biaya yang dibebankan adalah berdasarkan program yang diambil. 

 

Cara Daftar di William Angliss Institute

Saat mendaftar, kamu hanya perlu menyiapkan ijazah SMA dan hasil tes kompetensi bahasa Inggris. Kamu bisa memilih mengambil IELTS atau TOEFL. Untuk IELTS, kamu harus memiliki skor minimal 6 dengan tidak ada nilai per band di bawah 5.5. Sedangkan untuk TOEFL, kamu harus memiliki skor 79-80 untuk TOEFL IBT dan 550 untuk TOEFL paper-based.

Jadi, apakah kamu semakin tertarik mempelajari dan berkecimpung di dunia kuliner? Atau malah lebih tertarik dengan program studi lainnya di William Angliss Institute? Untuk informasi dan bantuan lebih lanjut, silakan kunjungi website resminya ya. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan