Michelle Obama: Karakter yang Dimilikinya Mampu Mengalirkan Energi Positif
27 Juni 2019
einstein
Jejak Albert Einstein di Glasgow University
1 Juli 2019

Ingin Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris? Coba Tips Berikut Ini!

This post is also available in: idIndonesia

Reading merupakan salah satu komponen penting dalam mempelajari bahasa Inggris secara maksimal. Saat membaca bahasa Inggris, kamu akan memperluas kosakata, padanan kata, serta keahlian menulis dalam waktu yang bersamaan. Untuk meningkatkan kemampuan reading, ada banyak cara yang dapat dilakukan, seperti:

1. Membaca sebanyak dan sesering mungkin

Sumber: Freepik

Cobalah untuk membaca teks dari berbagai topik, seperti akademik ataupun non-akademik. Kamu juga bisa membaca Koran berbahasa Inggris seperti The New York Times ataupun Science Times. Nantinya, kamu akan menemukan banyak kosakata baru yang dapat dipelajari. Usahakan untuk sering menggunakannya agar dapat diingat dengan mudah.

2. Perluas pengetahuan kosakata

Sumber: Freepik

Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk memperkaya kosakatamu. Pertama, kamu bisa coba menuliskan kata-kata dalam bentuk kartu dan mengelompokkan kata-kata tersebut sesuai topik atau makna. Kamu juga bisa menggunakan kamus atau thesaurus untuk mempelajari berbagai nuansa makna kata-kata. Perlu diingat untuk terus meninjau kata-kata baru secara teratur agar kamu dapat mengingatnya.

3. Perhatikan dengan saksama bagaimana ide terhubung dalam suatu teks

Sumber: Freepik

Hubungan antara kalimat dan penghubung di antara paragraf sangat penting untung menyempurnakan pemahaman. Untuk memahami struktur bacaan, cobalah uraikan teksnya. Pikirkan tentang bagaimana ide kunci dalam satu paragraf berhubungan dengan poin utama paragraf berikutnya. Kenali ‘organization style’ yang berbeda untuk memahami bagaimana artikel disusun. Setelah itu, tulislah ringkasan teks dan pastikan teks tersebut sama dengan teks aslinya.

Konteks dalam artikel ataupun cerita akan membantumu dalam mencari tahu dan memahami arti dari kata-kata Bahasa Inggris yang baru kamu ketahui. Cobalah tips diatas secara rutin dan bergantian. Dengan begitu, kemampuan membaca kamu perlahan pasti akan semakin berkembang.

Author: SUN English

Comments are closed.