universitas yang menerima lulusan d4 ke s2
Universitas Luar Negeri yang Menerima Lulusan D4 ke S2: Ada?
22 Juni 2021
Promo Last Minute Application to US-Canada 1 July – 31 August 2021
23 Juni 2021

5 Rahasia Kenapa Jurusan Psikologi Selalu ‘Eksis’ dan Fakta Biaya Kuliahnya!

biaya kuliah jurusan psikologi

Sumber: Unsplash

Mempelajari tingkah laku manusia, logika, perasaan, dan segala gerak-gerik aktivitasnya bisa dibilang merupakan suatu hal yang unik. Itulah yang dipelajari dalam jurusan Psikologi—dimana setiap tahunnya jumlah pendaftar dengan minat tinggi semakin meningkat. Bisa jadi kamu yang sedang membaca ini adalah salah satunya yang punya ketertarikan! Sekarang pun yang membutuhkan tenaga profesional di bidang ini nggak hanya dalam lingkup industri kesehatan, tetapi juga berbagai jenis perusahaan maupun bidang usaha. Melihat besarnya kesempatan eksplorasi dan prospek karir, pada akhirnya banyak pelajar mengincar studi sampai mempersiapkan biaya kuliah jurusan Psikologi dengan baik.

biaya kuliah jurusan psikologi

Sumber: Freepik

Pembelajaran, fasilitas, dan biaya kuliah jurusan Psikologi di setiap universitas pastinya berbeda. Sebelum menyelam lebih jauh, kamu harus mengenali dengan baik seperti apa jurusan Psikologi itu! Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, hingga perilaku manusia. Ilmu ini seringkali digunakan dalam menyelesaikan masalah aktivitas manusia yang cukup kompleks. FYI, jurusan ini tergolong menjadi 2 kategori berbeda di beberapa kampus: terkadang sains, terkadang soshum. Beberapa cabang bagiannya juga beragam, seperti Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial.

Let’s not sugarcoat. Jurusan Psikologi memang kompleks, menantang, dan sejujurnya—nggak sesimpel kamu ‘membaca’ seseorang. Ilmu yang satu ini bersifat objektif dan menggunakan sistem riset dimana penelitiannya bergantung pada matematika. Akan tetapi, jurusan Psikologi punya banyak karakteristik lainnya yang membuat ia tetap berada dalam deretan jurusan kuliah populer. Hmm.. apa sih yang membuat jurusan ini eksis hingga sekarang? Beberapa fakta berikut bisa membuktikan keunggulan jurusan Psikologi:

1. Ilmu yang Aplikatif

Ilmu Psikologi bisa diterapkan dalam banyak bidang kehidupan loh. Kamu bisa menggunakannya untuk orang lain atau bahkan dirimu. Sebagai contoh, ada temanmu yang sedang berada dalam konflik rumah tangga. Baik itu yang simpel maupun berat, ia yang meminta saran ataupun ingin bercerita kepadamu jadi terbantu dengan ilmu Psikologi yang sudah kamu pelajari. Bisa juga untuk kasus atau situasi lain, kamu belajar mengenali dan memahami kondisi yang kamu miliki. Mulai dari kepribadian, mental, atau gangguan mental—kamu jadi bisa memanfaatkan kemampuan ini.

2. Memahami Manusia Secara Luas

biaya kuliah jurusan psikologi

Sumber: Freepik

Ketika nanti kamu berkuliah di jurusan Psikologi, kamu harus bisa meneliti manusia secara adil dan objektif. Kamu harus memisahkan suka dan tidak suka maupun benar dan salah. Kamu harus meluaskan pandanganmu terhadap suatu hal, mampu menganalisa dengan baik, memiliki intuisi dan kepekaan yang tajam, serta berkerterampilan interpersonal yang baik. Selain itu, kamu juga baru bisa mendapatkan profil kepribadian manusia secara akurat setelah orang tersebut melewati serangkaian tes.

3. Menggali Pengalaman Berbeda

Dalam dunia Psikologi, kamu akan menemukan berbagai hal berbeda. Nggak hanya dari segi sosial manusia, kamu pun akan mempelajari hal yang berkaitan dengan medis. Neurologi manusia adalah salah satunya. Kamu akan menggali pengalaman berbeda dengan mempelajari saraf otak hingga kegiatan otak manusia secara detail. Kamu juga akan bertemu banyak orang dengan kondisi tingkat normal, normal bermasalah, sampai yang memiliki gangguan. Semuanya harus bisa kamu telaah dan diajak berkomunikasi dengan baik untuk mendapatkan hasil yang jelas!

4. Seru!

Sumber: Freepik

Diluar tantangannya, jurusan Psikologi itu merupakan jurusan yang menyenangkan! Kebayang kan betapa serunya bisa mempelajari kepribadian manusia? Mulai dari anak sampai orang tua, tingkah laku, hingga kondisi mental yang sangat penting untuk diperhatikan. Percayalah. Jurusan ini bisa membuatmu belajar banyak hal, menghargai banyak hal, dan membantu banyak orang.

5. Prospek Kerja yang Luas

Kamu memang membutuhkan gelar S2 agar dapat bekerja sebagai seorang Psikolog. Akan tetapi, masih banyak peluang kerja lainnya yang bisa kamu pilih! Kamu bisa berkarir sebagai pengajar Psikologi, recruiter atau talent acquisition di sebuah perusahaan, konselor kesehatan mental, ataupun spesialis anak berkebutuhan khusus. Pilihanmu terbuka untuk bekerja dalam sebuah industri kesehatan hingga berbagai jenis perusahaan!

Sumber: Unsplash

Ah, seru kan jurusan Psikologi! Ternyata dunianya luas dan ada banyak pilihan peluang kerja setelah lulus nanti. Nggak heran kalau jurusan ini ramai peminat. Disamping itu, biaya kuliah jurusan Psikologi juga bisa merogoh biaya yang berbeda di setiap negara maupun universitas. Biaya S1 Psikologi di kampus negeri Indonesia berkisar mulai dari Rp. 3 juta sampai Rp. 7 juta per semester. Sementara jika ingin berkuliah di luar negeri, seperti Inggris—biaya S1 dimulai dari GBP 13,000 hingga GBP 23,000 per tahun untuk kampus swasta. Biaya tersebut mencakup studi teori, kegiatan praktikal, maupun keperluan kuliah yang lain. Surprisingly, cukup terjangkau dengan berkualitasnya fasilitas yang diberikan.

Nah sisanya.. kamu yang bebas menentukan negara maupun universitas mana yang menurutmu terbaik! Jangan lupa, tentunya dengan aspek pertimbangan dan riset yang matang ya. Tetap semangat dan semoga berhasil!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.