biaya hidup di australia
Mau Kuliah di Australia? Wajib Tau Biaya Hidupnya!
20 September 2022
britania raya adalah negara
Jangan Sampai Salah! Britania Raya dan Negara Inggris Raya, Ini Adalah Perbedaan Keduanya
22 September 2022

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Pangan? Wajib Tahu!

Apa kamu pernah mendengar tentang teknologi pangan? Teknologi pangan sendiri merupakan jurusan yang sedang menjadi hot field of study. Namun, masih banyak banget yang bertanya apa yang dimaksud dengan teknologi pangan ini. No worries, buat kamu yang lagi cari jurusan kuliah atau penasaran dengan apa yang dimaksud dengan teknologi pangan, contoh teknologi pangan sampai mengapa teknologi pangan sangat penting, akan kita bahas tuntas lewat artikel satu ini. Yuk, baca selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 5 Tempat Makan Halal Dekat Kampus di Singapura

Apa yang dimaksud dengan teknologi pangan?

Apa yang dimaksud dengan teknologi pangan?

Teknologi pangan merupakan salah satu disiplin ilmu sains terapan yang menggabungkan dasar ilmu gizi, biokimia, mikrobiologi, teknik, hingga sensoris pada makanan. Dalam ilmu dan teknologi pangan ini, kamu juga akan belajar dengan proses pengolahan bangan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. 

Jika kamu tertarik mengambil jurusan ini, kamu harus memiliki kemampuan dalam menganalisis, meneliti, dapat berpikir rasional dan sistematis, serta detil, tekun, inovatif juga kreatif. Buat kamu yang ingin bekerja di industri pangan, jurusan satu ini bisa kamu pilih karena sesuai dengan karir impianmu!

 

Contoh teknologi pangan 

contoh teknologi pangan

Seperti pengertiannya, teknologi pangan mengajarkan mahasiswanya untuk dapat mengolah bahan pangan menjadi layak untuk masyarakat konsumsi. Selain itu, teknologi pangan juga memastikan masyarakat dapat mengonsumsi makanan yang instan namun tidak kekurangan gizi. Sejauh ini, sudah banyak contoh teknologi pangan yang keberadaannya dekat dengan kita. Contoh teknologi pangan adalah:

  • Yogurt
  • Keju
  • Roti
  • Terasi
  • Nata de coo
  • Tauco

Dari beberapa contoh teknologi pangan ini, kamu bisa melihat banyaknya makanan yang hasil dari teknologi yang sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Meski teknologinya tradisional, namun menghasilkan banyak produk makanan yang nyata bisa dikonsumsi banyak masyarakat dalam jangka waktu yang panjang.

 

Alasan mengapa teknologi pangan sangat penting

mengapa teknologi pangan sangat penting

Kamu tahu nggak, ternyata di dunia sedang terjadi krisis pangan, lho! Hal ini karena banyak yang masih belum faham dalam ilmu pertanian maupun ilmu pangan. Makanya, kehadiran teknologi pangan untuk masyarakat adalah hal yang sangat krusial. Berikut ini adalah alasan mengapa teknologi pangan sangat penting.

Mencukupi kebutuhan pangan

Kebutuhan manusia terhadap pangan tak bisa berhenti begitu saja. Adanya teknik pengawetan yang lahir dari teknologi pangan membuat banyak bahan pangan yang dapat didistribusikan secara merata tanpa takut rusak. Dengan begini pembagian pangan akan lebih merata.

Meningkatkan nilai gizi dalam makanan

Dengan teknologi pangan, ada yang namanya fortifikasi atau penambahan gizi untuk mengatasi kekurangan gizi di masyarakat. Misalnya penggunaan garam yodium dalam menghindari penyakit gondok.

Membuat makanan lebih praktis

Makanan dan minuman yang tadinya membutuhkan waktu lama untuk diproses kini bisa lebih cepat. Contohnya mie instan yang tinggal kita seduh dengan air panas saja. Simple, kan?

Mengurangi sisa makanan

Semenjak ada teknologi pangan, semua hasil panen bisa segera dikemas dengan cara yang tepat. Proses mengemas dan mengawetkan ini membuat makanan bisa langsung dikonsumsi sehingga tidak menyisakan sisa makanan yang sia-sia lagi.

 

Ini perkembangan teknologi pangan yang wajib kamu tahu

 perkembangan teknologi pangan

Perkembangan teknologi pangan terjadi sejak berabad-abad lalu. Dahulu manusia hanya memburu dan memasak. Belum ada teknologi mengawetkan atau menyimpan makanan dengan benar. Namun, seiring perkembangan zaman manusia belajar untuk memenuhi kebutuhan pangan mulai dari bercocok tanam dan memanfaatkan hewan untuk bertani. 

Kemajuan teknologi pun semakin berkembang pesat. Contohnya yang tadinya merontokkan padi dengan cara ditumbuk, kini ada mesin yang dapat menggiling padi sehingga memudahkan kita mendapatkan beras yang bisa kita konsumsi. Dari sini kita bisa melihat, perkembangan teknologi pangan memudahkan kita dalam mengolah hasil panen menjadi makanan yang siap untuk masyarakat konsumsi. 

Selain itu perkembangan teknologi mempengaruhi bagaimana bahan makanan dapat masyarakat simpan dalam waktu yang lama hingga bisa mereka konsumsi. Bayangkan, bagaimana parahnya krisis pangan bila tak ada lulusan jurusan ilmu dan teknologi pangan ini!

BACA JUGA: 3 Institut asal Singapura dengan Fasilitas dan Teknologi yang ‘Keep Going Forward’

Kuliah jurusan teknologi pangan di luar negeri

Itulah apa yang dimaksud dengan teknologi pangan yang harus kamu ketahui. Sekarang paham kan kenapa lulusan jurusan ini banyak peminatnya? That’s why jangan ragu untuk memilih jurusan ini untuk masa depanmu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan ilmu lebih seputar teknologi pangan bila kamu memilih kuliah ke luar negeri.

Nggak perlu khawatir, kamu bisa mencari informasi kuliah jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan selengkapnya dengan konsultasi GRATIS bersama SUN Education. Informasi tentang jurusan yang berkaitan dengan pangan juga bisa kamu dapatkan di SUN Education Mobile App. Yap, aplikasi dari SUN Education ini menyediakan info tentang jurusan kuliah, negara tujuan favorit, persiapan Bahasa Inggris sampai akomodasi selama kuliah di luar negeri. Yuk, download sekarang, sudah tersedia di App Store dan Play Store, GRATIS!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan