pelajar asing diberikan visa apa
Jenis Visa yang Diberikan untuk Pelajar Asing di Berbagai Negara
25 Februari 2021
Applied Physics / Fisika Terapan
26 Februari 2021

Pengalaman Kuliah S2 di Australia? ‘Should’ or ‘Not’?

Sumber: Unsplash

Pendidikan dan negara Australia. Keduanya emang gak bisa dipisahin! Pemerintah disana sangat gencar dalam meningkatkan kualitas sektor pendidikan. Mulai dari pendidikan dasar, menengah, sampai yang tinggi. Banyak loh lulusannya yang berhasil menjadi ilmuwan, menekuni bisnis sendiri, menciptakan proyek bermanfaat, serta memiliki karir cemerlang. Bahkan di tengah pandemi, jumlah pelajar dari seluruh dunia masih banyak yang berkeinginan besar untuk mengemban studi di negara tersebut. Salah satunya seperti yang ingin berkuliah mengambil jenjang S1 maupun mengambil pengalaman kuliah S2 di Australia.

Australia sendiri juga berkomitmen dalam memberikan pengalaman studi terbaik bagi seluruh pelajar internasionalnya. Berbagai lembaga pendidikan yang menerima pelajar dari seluruh dunia wajib mematuhi peraturan ketat untuk pembelajaran, fasilitas, pemasaran, serta layanan siswa seperti kesehatan maupun hukum. Kamu bisa melihat ada begitu banyaknya universitas terkemuka asal Australia yang menduduki peringkat dunia melalui QS World University Rankings 2021

Universitas Australia yang berada dalam posisi teratas dalam rank tersebut dikenal selalu memberikan pelayanan terbaik kepada siswanya. Mulai dari masuknya pada awal tahun studi hingga selesai, dukungan akademis, dukungan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, hingga aspek penting lainnya. Kamu gak hanya didukung dalam pembelajaran tetapi juga perkembangan dirimu!

Nah, setelah mengetahui betapa Australia menjadi negara yang sangat bagus untuk menjadi destinasi studi dan bahkan hidup—kamu harus tahu juga kalau program gelar magister di Australia termasuk di antara berbagai program yang memiliki kualitas super tinggi di dunia! Lingkungan akademik yang ada di negara ini punya energi yang sangat baik untukmu. Kamu akan didorong untuk menciptakan inovasi, kreativitas, dan juga pemikiran cerdas serta independen.

Sumber: Unsplash

Berbicara tentang program magister yang ada di Australia, kamu pasti bertanya-tanya. “Apa pengalaman kuliah S2 di Australia benar-benar worth it? atau mungkin “Seperti apa ya S2 nya jika dibandingkan dengan yang ada disini?”. Biar kamu lebih paham, yuk sembari lihat fakta sebenarnya mengenai S2 di Australia yang ada di bawah ini:

Institusi ‘World-class’

Yup. Seperti yang sempat dibahas di atas! Banyak sekali universitas Australia yang menyandang reputasi kelas dunia. Bukan hanya sekadar ‘peringkat’, mereka memperoleh hal ini karena kualitas tinggi yang diberikan! Apalagi, setiap tahun selalu berkemban karena mereka sangat mementingkan “excellence quality and experience” kalau soal pendidikan.

Program Studi Inovatif

Seperti halnya model sistem pendidikan Inggris, gelar Master Australia tentunya sangat dihormati di seluruh dunia. Beberapa program magister di negara ini tersedia dalam berbagai disiplin ilmu seperti Ilmu Sosial, Ilmu Kesehatan, Bisnis, Ekonomi, Teknik, dan masih banyak lainnya. Kamu juga akan dilibatkan dalam penelitian serta perkuliahan, maupun kombinasi keduanya. Di tingkat pascasarjana, ada juga program seperti Certificate maupun Diploma yang ditawarkan sebagai tambahan dari gelar magister dan doktor. Kamu yang ingin S2 di Australia semakin berkesempatan memperluas pengalaman dengan tantangan program menarik lainnya.

Kesempatan Penelitian Unik

Yang ini tentu tergantung pada program studi yang kamu ambil nantinya! Sebagai contoh, mungkin saja kamu bisa melakukan penelitian dalam sumber daya manusia, pengaruh bisnis, implementasi kesehatan ataupun program yang sifatnya menunjang, ataupun topik dengan metode menarik lainnya. Bisa juga kamu melakukan penelitian mengenai ilmu lingkungan di Australia yang terkenal dengan keindahan laut dan samuderanya. Apapun itu, kamu bisa mengeksplorasi, menilai, ataupun mencari jalan keluar mengenai hal baru yang akan mengasah kemampuanmu. Menarik kan?

‘Global Work Opportunities’

Ini dia salah satu keuntungan yang juga bisa kamu dapatkan dengan pengalaman kuliah S2 di Australia! Kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan secara global. Selama berkuliah di Australia, siswa internasional diperbolehkan untuk kuliah sambil bekerja selama 40 jam setiap 2 minggu. Pemerintah negara tersebut juga sudah memperbolehkan para alumni sarjana, master, maupun doktoral untuk bekerja secara temporer dengan visa khusus. Luasnya kesempatan tersebut menjadikan pelajar yang berkuliah di Australia memiliki pengalaman profesional dalam industri kerja dan mampu berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Sumber: Freepik

Nah, itu dia beberapa fakta S2 di Australia! Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menempuh program magister di negara Kanguru ini? Terlebih, di Australia kamu bisa menikmati pembelajaran yang interaktif loh. Kalau di Indonesia perkuliahan biasanya lebih sering mendengarkan dosen mengajar lalu sisanya kuis, tugas, maupun tanya jawab, beda halnya dengan Australia.

Perkuliahan Australia lebih menitikberatkan pembelajaran yang bersifat interaktif. Kamu bakal dituntut untuk aktif, mengeluarkan pendapat, serta mengasah critical thinking! Di Australia persentase diskusi jauh lebih besar dibandingkan perkuliahan dari dosen atau profesor. Konsep seperti ini akan mampu melatih dirimu lebih kritis dan berani menyampaikan argumen di kelas. Hal ini pun berlaku sama dengan tugas tugas serta ujian yang diberikan dan kamu gak melulu menggunakan metode ‘menghafal’ textbook.

Disamping itu, berkuliah di luar negeri bukan berarti hanya belajar aja! Kamu juga bisa mengembangkan pengalaman dengan memperluas organisasi atau komunitas. Kamu bisa mengikuti klub yang sesuai dengan minat dan juga bergabung dengan anggota pelajar asal Indonesia yang ada disana. Komunitas Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) yang dikoordinasi oleh PPIA Pusat bisa membantumu dan ada di setiap cabang (state) atau universitas. Komunitas ini rutin mengadakan acara yang mengarah pada bidang sosial, akademis, hingga budaya. Kamu bisa melakukan aktivitas menarik dan mengenal lebih banyak mahasiswa di Australia asal Tanah Air. Lumayan kan buat ngurangin homesick?

Nah, untuk kamu yang juga penasaran seperti apa sih perkuliahan di Australia, tim SUN Education Group sempat mengadakan Live Campus Tour secara eksklusif melalui Instagram loh. Salah satu mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di University of Sydney menunjukkan universitas tersebut dari segala sisi hingga berbagi cerita mengenai kehidupannya sebagai mahasiswa rantau di Australia. 

FYI, University of Sydney merupakan salah satu universitas unggul asal Australia yang menduduki peringkat dunia. Selain gedung kampusnya yang keren banget, sebenarnya kualitas pengajaran dan fasilitasnya lah yang menjadi juara dan sorotan pertama. Kamu bisa tonton videonya disini. Selain seru dan menyenangkan, kamu jadi bisa mendapatkan gambaran serunya pengalaman kuliah di negara maju dan modern tersebut. Yuk tetap semangat dalam berusaha yang terbaik untuk melanjutkan cita-cita studimu di negara Australia!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan