university of alberta
University of Alberta: Pertimbangan Wajib Buat yang Mau Kuliah ke Kanada
31 Januari 2021
jurusan kuliah yang cocok untuk saya
“Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Saya?” Ini Jawabannya!
2 Februari 2021

Beasiswa Luar Negeri dari Universitas Terkemuka Dunia yang Mudah Didapat

Sumber: Freepik

Luar negeri menjadi salah satu destinasi banyak pelajar internasional melabuhkan pilihan pendidikannya sejak dulu. Manfaatnya sendiritentu sudah jadi rahasia umum kalau banyak banget! Mulai dari luasnya pengetahuan dan pengalaman hidup, networking, sampai dengan menjadi pribadi yang kuat dan lebih baik. Disamping itu, terkadang beberapa siswa ada yang cukup terkendala dari segi biaya untuk terus menjadikan mimpi dan rencana mereka nyata. Beasiswa pun akhirnya menjadi jalan atau bala bantuan yang sangat berpengaruh. Untungnya, beasiswa luar negeri yang mudah didapat sebenarnya ada cukup banyak dan bervariasi!

Sumber: Freepik

Beberapa pendidikan tinggi di luar negeri memang menawarkan bantuan dana untuk memudahkan para pelajar yang ingin studi di kampus mereka. Nah, berbicara secara umum tentang beasiswa, aslinya memang memiliki berbagai persyaratan yang berbeda. Umumnya para pelamar beasiswa memiliki prestasi akademis yang sangat baik. Namun, kamu gak perlu khawatir! Memiliki acuan pertimbangan lain dari prestasimu juga tetap bisa menembus beasiswa tersebut. Selama luasnya kesempatan dan kamu punya niat yang besar, pasti akan menemukan jalan dengan mudah!

Seperti yang dikatakan sebelumnya, beasiswa ada berbagai macam. Ada yang sifatnya hanya short course (3 bulan) sampai dengan full bachelor/master program. Begitu juga untuk jumlahnya, ada yang sifatnya partial (potongan/subsidi sebagian uang kuliah), full scholarship untuk tuition fee saja, dan juga beasiswa yang termasuk biaya hidup. Pilihan beasiswa bisa kamu tentukan juga dari kebutuhan dan kondisi yang kamu miliki saat itu!

Sumber: Freepik

FYI, beasiswa luar negeri yang mudah didapat bisa kamu temukan di berbagai negara. Bahkan negara dengan pendidikan terbaik sedunia sekalipun. Mulai dari Australia, Amerika, Inggris, Eropa, hingga beberapa negara di Asia. ada yang dari universitas negeri maupun swasta. Biasanya mereka menyediakan beasiswa tersebut setiap tahun atau bisa saja ketika bekerjasama dengan beberapa lembaga. Terkadang persyaratannya membutuhkan nilai/prestasi kamu saat studi ataupun pertimbangan yang cukup bersahabat lainnya.

Kebetulan, universitas terkemuka dunia termasuk dalam deretan yang juga memiliki banyak opportunity beasiswa untuk kamu. Gak ada lagi kata-kata “Ah sulit kayanya kalau kuliah di universitas top ini,” atau “Apa aku bakalan sanggup menanggung biayanya?”. Say bye to that now! Kamu harus optimis karena nyatanya, mereka membuka kesempatan luas dan gak terkecuali. Apalagi, mendapatkan beasiswa dan studi di universitas tersebut akan menjamin kamu mendapatkan pengajaran, pendidikan, serta fasilitas berkualitas.

Biar lebih paham apa aja sih macamnya beasiswa luar negeri yang mudah didapat dari universitas terbaik dunia? Yuk simak beberapa daftarnya berikut ini:

Australia

1. Macquarie University

Macquarie dikenal dalam keunggulan penelitian dan pengajarannya. Fasilitas di kampus ini pun lengkap dan lulusannya sangat dihormati. Mereka menawarkan ASEAN Scholarship yang diberikan kepada seluruh siswa yang memenuhi syarat dari negara ASEAN dan memulai studi di tahun 2021 atau 2022. 

Beasiswa ini bernilai AUD$ 10.000 per tahun selama program Bachelor atau Master dimana sejumlah AUD$ 5.000 akan dikreditkan di setiap sesi. Kalau memenuhi persyaratan akademik dan Bahasa Inggris untuk program Bachelor dan Master Macquarie yang durasinya lebih dari satu sesi, kamu bisa mendapatkan beasiswa ini!

2. Edith Cowan University (ECU)

Edith Cowan University. Sumber: ECU

Edith Cowan University (ECU) menyediakan lingkungan belajar yang ideal bagi orang-orang yang ingin memaksimalkan potensi. Itulah mengapa mahasiswa ECU memiliki peluang work placement, kerja lapangan, praktikum, hingga networking events sebagai bagian dari studi mereka.

Mereka menawarkan International Scholarship bagi mahasiswa internasional yang ingin mendaftar program Undergraduate dan Master di ECU. Untuk beasiswa Undergraduate akan dilakukan pengurangan sebanyak 20% pada biaya studi setiap tahun, sedangkan untuk Master akan dilakukan pengurangan sebanyak 20% pada tahun pertama saja.

Europe

1. Les Roches & Glion

Ini dia salah satu sekolah perhotelan terkemuka di dunia! Mereka mengadopsi gaya belajar yang inovatif dan kombinasi praktis (Kitchen, Service, Rooms Division & Academic (management, marketing & finance)). Kamu yang mengincar studi hospitality bisa menikmati beasiswa mereka, yaitu Merit Scholarship. Beasiswa ini berupa potongan 10%, 15%, atau 20% dari biaya kuliah Semester 1 saja. Indikator penilaiannya hanya akan berdasarkan prestasi dan terbatas diberikan kepada kamu yang memiliki prestasi baik!

UK

1. University of Southampton

University of Southampton. Sumber: University of Southampton

University of Southampton merupakan salah satu anggota Russell Group yang bergengsi di Inggris dan berada pada peringkat 1% teratas dari universitas di seluruh dunia loh. Mereka memiliki reputasi global dalam akademik maupun penelitiannya. Kamu yang ingin memilih program Undergraduate berkesempatan untuk beasiswa senilai hingga GBP 3000 dan hingga GBP 9000 untuk Postgraduate! Indikator penilaian untuk memenuhi syarat juga akan berdasarkan prestasi yang kamu miliki.

US

1. Oregon State University

Oregon State University. Sumber: INTO Study

Oregon State University adalah universitas riset negeri internasional dengan lingkungan serta pengajaran yang menyenangkan. Kampus mereka terkenal dengan program studi Engineering dan Science dan menjadi #5 terbaik di Amerika dalam hal online course. Beasiswa mereka yang senilai hingga USD 8,000 per tahun diberikan untuk kamu yang menjadi mahasiswa program Bachelor di Oregon University. Beasiswa ini dapat diperpanjang hingga 4 tahun dan jika nilai kamu memenuhi syarat untuk beasiswa tersebut, boom! It will be yours.

2. Illinois Institute of Technology

Universitas riset swasta yang satu ini berfokus pada teknologi. Pas untuk kamu yang senang dengan konsep hands-on karena Illinois akan mempersiapkanmu untuk belajar sambil bereksperimen dalam meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Mereka menawarkan beasiswa senilai hingga USD 22,000 per tahun untuk kamu yang menjadi mahasiswa program Bachelor di institusi tersebut. Beasiswa ini pun dapat diperpanjang hingga 4 tahun! Kamu hanya perlu mengikuti prosedur umum seperti dibutuhkannya personal statement dan juga interview.

Malaysia

1. Taylor’s University

Taylor’s University. Sumber: Taylor’s University

Taylor’s University adalah salah satu universitas terkemuka di Malaysia! Mereka menyajikan siswa kurikulum dan metode pengajaran yang relevan, networking dengan industri yang kuat, serta fasilitas yang terkini di kampusnya. Mereka menawarkan berbagai macam beasiswa yang salah satunya adalah Scholarship Full Duration of Studies. Beasiswa tersebut ada yang senilai RM 7,000 pertahun dengan syarat latar belakang pendidikan SMA 12 (Ijazah) bernilai rata-rata 90 dan RM10,000 per tahun dengan latar belakang pendidikan SMA 12 (Ijazah) bernilai rata-rata 92.

China

1. Xi’an Jiaotong-Liverpool University (XJTLU)

XJTLU memiliki lingkungan dengan kualitas akademik profesional, dimana programnya diperkuat oleh penelitian terkemuka dan keahlian industri. Mereka menawarkan beasiswa senilai hingga 50% biaya studi tahunan yaitu RMB 44,000. Beasiswa ini dapat diperbarui setiap tahunnya dan karena bersifat merit, peningkatan nilai rata-rata mu akan dilihat. Semakin tinggi nilai yang kamu miliki, maka semakin besar persentase yang bisa kamu dapatkan!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.