Studi di University of Nottingham Ningbo China
University of Nottingham Ningbo China: Lulusan Asia dengan Akreditasi Dunia
7 Mei 2017
Excellent Architecture Programs by University of Illinois Chicago
Program Arsitektur Unggulan dari University of Illinois Chicago
9 Mei 2017

Alasan Belajar Arsitektur di XJTLU

Alasan Belajar Arsitektur di XJTLU

Alasan Belajar Arsitektur di XJTLU

Alasan Belajar Arsitektur di XJTLU. Shanghai dikenal sebagai kota terbesar di Cina dengan sejuta daya tariknya. Pesona bangunan kotanya yang yang megah dan futuristik dengan penduduk multikultural menjadikan kota ini disebut-sebut sebagai kota metropolis. Tapi, tak hanya keindahan kota yang menjadi daya tariknya, Shanghai juga dikenal dengan sistem pendidikan terbaik se-Asia dan Amerika pada 2009 dan 2012 berdasarkan survei PISA, sebuah lembaga Organisasi Ekonomi dan Kerja Sama Eropa, OECD. Hal tersebut didukung dengan tersedianya universitas terbaik di dunia yang ada di Cina.

Memang, jika berbicara mengenai negeri Cina pastinya tak lepas dari bagaimana negeri Tirai Bambu ini dikenal dengan ilmu pendidikan yang kuat. Tak heran jika ada peribahasa “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina”. Nyatanya, Cina memiliki patokan yang tinggi terhadap pendidikan melalui institusi-institusi yang ada, dengan hubungan kerja sama pada 70 negara untuk memastikan pengakuan internasional dan kualifikasi akademik.

Kemegahan kota Shanghai (Sumber: en.unesco.org)

[wc_spacing size=”20px”]

Salah satu institusi yang menyediakan kualitas pendidikan berkelas adalah Xi’an Jiaotong Liverpool University (XJTLU). XJTLU adalah universitas internasional yang didirikan pada 2006 oleh Universitas Tiongkok Xi’an Jiaotong dan Universitas Liverpool UK sebagai usaha bersama. Universitas yang terletak di Suzhou (dekat Shanghai) ini terkenal dengan program arsitektur yang dijalankannya, yakni program BEng Arsitektur.

[wc_spacing size=”20px”]

Jika kamu mungkin terinspirasi dengan keindahan dan kemegahan bangunan di Shanghai dan ingin belajar soal arsitektur, maka program arsitektur BEng di universitas XJTLU bisa menjadi pilihan tepat. Program ini dirancang untuk mengembangkan para murid dalam mendapatkan landasan yang baik dan menyeluruh mengenai arsitektur. Melalui tugas desain arsitektur, nantinya para murid dibimbing dalam mengembangkan pemahaman tentang pentingnya kebutuhan dan keinginan manusia, tanggapan kreatif dan bertanggung jawab, dengan memperhatikan aspek konteks sosial, budaya, ekologi, ekonomi dan teknologi yang menjadi landasan arsitektur sendiri.

[wc_spacing size=”20px”]

Program yang dibangun pada 2011 ini juga telah mendapatkan akreditasi menjadi program pertama dari jenisnya di sebuah universitas di Cina yang telah menerima pengesahan dari Royal Institute of British Architects (RIBA). Ini membuktikan komitmen XJTLU dalam memberikan pendidikan kelas dunia, yang diakui secara internasional kepada pelajar dari Cina dan luar negeri.

[wc_spacing size=”20px”]

Para mahasiswa dan mahasiswi di kelas belajar XJTLU (sumber: situs XJTLU)

Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh ketika mengenyam pendidikan program arsitektur di XJTLU, beberapa di antaranya para murid akan mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan karya di buku tahunan Department of Architecture, akses ke studio desain, fabrikasi dan percetakan yang dilengkapi dengan printer, pemotong laser (lasser cutter) dan printer 3D.

[wc_spacing size=”20px”]

Selain itu, XJTLU juga memberi kesempatan yang sangat baik untuk pengembangan diri siswanya, seperti studi lebih lanjut di universitas dengan peringkat teratas di lapangan. Kemudian, para murid XJTLU akan memiliki kesempatan untuk ambil bagian dalam lokakarya internasional, serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam kunjungan lapangan yang sebagian didanai di Cina dan ke destinasi internasional.

[wc_spacing size=”20px”]

Dalam proses belajar mengajar, XJTLU menciptakan lingkungan yang khas dimana siswa belajar, baik dari konteks Cina maupun internasional untuk menghasilkan lulusan baru, dengan penekanan pada arsitektur yang berpusat pada manusia, untuk konteks global yang sedang berkembang. Hal ini didukung dengan staf akademik internasional dengan latar belakang lebih dari 15 negara yang berbeda.

[wc_spacing size=”20px”]

Satu lagi alasan belajar arsitektur di XJTLU. Di sini, para murid juga akan merasakan lingkungan yang nyaman, diperlengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti perpustakaan, ruang kelas, auditorium, ruang pelajar (student lounge), fasilitas olahraga, dan akomodasi siswa.

[wc_spacing size=”20px”]

Salah satu fasilitas olahraga di XJTLU :
lapangan Basketball (sumber: situs XJTLU)

Jika tertarik berkuliah mengambil program S1 di salah satu universitas terbaik dunia ini, syarat yang diberikan untuk masuk tahun pertama adalah para kandidat (lulusan SMA atau setara) memiliki kualitas yang baik di semua mata pelajaran dan diharapkan memiliki prestasi tinggi di sekolah, dengan minimal rata-rata nilai B dalam mata pelajaran yang relevan. Untuk kualifikasi bahasa Inggris standar skor IELTS™  5.0 dan TOEFL® 62 (iBT).

[wc_spacing size=”20px”]

Sedangkan syarat untuk kandidat yang masuk ke tahun kedua adalah siswa yang telah menyelesaikan A-level atau International Baccalaureate (atau setara), A-level: BBB, IB: 30 poin, SAT: ijazah SMA dengan IPK 3.0, ditambah tiga tes mata pelajaran SAT minimal 600 di setiap mata pelajaran (jika mengikuti SAT sebelum Maret 2016), AP: ijazah SMA dengan IPK 3.0, ditambah tiga mata pelajaran AP di kelas 4 atau di atas.

[wc_spacing size=”20px”]

Untuk bantuan mengurus studi ke luar negri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (SJV)

 

Comments are closed.