5 Pekerjaan yang Tidak Mempekerjakan Banyak Orang Pada 2018
24 Desember 2017
Want to Working While Studying in USA?
Ingin Kuliah Sambil Kerja di Amerika? Cermati Dulu Jenis Visanya
26 Desember 2017

Studi Seni Visual dan Kuratorial di NABA Academy Italia

Mahasiswa NABA mendapat kesempatan mengorganisir pameran dan kegiatan budaya. Sumber: NABA

Studi di bidang seni dan desain selalu saja menjadi hal yang menarik dan menyenangkan. Banyak hal yang bisa dipelajari di bidang ini. Contohnya, mempelajari bagaimana mengelola pameran seni dan memiliki rasa yang tinggi terhadap desain visual. Seperti yang ditawarkan jurusan kuliah MA in Visual Arts and Curatorial studies.

Visual Arts and Curatorial studies

Kampus NABA Academy. Sumber: Deezen

Program tersebut ditawarkan oleh salah satu institusi terbaik Italia, NABA Academy. Didirikan pada tahun 1980, Nuova Accademia di Belle Arti (NABA), adalah akademi seni dan desain terkemuka internasional yang terletak di Milan. Institusi yang  menawarkan program sarjana dan magister dalam bahasa Italia dan Inggris yang diakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Universitas dan Penelitian Italia (MIUR).

MA in Visual Arts and Curatorial Studies adalah satu-satunya program di Eropa yang menggabungkan produksi seni visual dengan pelatihan kuratorial yang sangat khusus. Tak banyak yang menawarkan studi kuratorial secara khusus, apalagi jika digabungkan dengan pelajaran seni visual. Program ini juga telah diakui oleh MIUR sebagai gelar Master of Arts.

Melalui program yang diajarkan selama dua tahun ini, siswa akan mempelajari kosa kata visual dan estetika untuk belajar dengan gambar, memahami penelitian dan metodologi teoritis yang relevan dengan seni kontemporer, mengembangkan teknik canggih dalam melukis, menghasilkan dan menampilkan karya artistik profesional dan proyek kuratorial, mengembangkan keterampilan tingkat profesional dalam mengorganisir pameran dan kegiatan budaya, dan masih banyak lainnya.

Mahasiswa NABA mendapat kesempatan mengorganisir pameran dan kegiatan budaya. Sumber: NABA

Tentunya dari pengajaran yang diberikan, siswa akan mengeksplorasi budaya visual, seni visual dan pertunjukan, desain pameran, manajemen seni kontemporer, studi kuratorial, dan kritik seni, serta penulisan dan komunikasi seni. Siswa juga berkesempatan untuk terlibat langsung dengan seniman dan kurator internasional dengan mengikuti berbagai proyek laboratorium.

Peluang yang bisa diraih siswa ketika belajar di Italia adalah siswa bisa mengikuti program pertukaran untuk memperkaya kurikulum pendidikan mereka. NABA merupakan anggota Universitas Internasional Laureate yang menghubungkan institusi ini dengan lebih dari 80 universitas di 28 negara seluruh Amerika, Eropa, Asia, Afrika, dan Timur Tengah. Maka dari itu, NABA  menjadi wadah bagi siswa yang mendapatkan pengalaman pendidikan internasional di berbagai universitas seni dan desain bergengsi di seluruh dunia.

Selain itu, sebagai mahasiswa NABA, mereka dapat mengembangkan keahliannya di dunia kerja. NABA bekerja sama dengan lebih dari 1000 perusahaan dan studio desain yang prestisius, beberapa di antaranya Art for the World Europa, Fondazione La Triennale di Milano, A12 Associati, Fondazione Museion, dan lainnya. Siswa berkesempatan mengerjakan proyek dari perusahaan-perusahan tersebut. Ini yang membuat para lulusan dari NABA berkualitas. Dalam satu tahun kelulusan, 89% alumni NABA mendapatkan pekerjaan.

Siswa berkesempatan mengerjakan proyek dari perusahaan-perusahan ternama. Sumber: NABA

Prospek karir bagi siswa dari program MA in Visual Arts and Curatorial Studies adalah sebagai seniman, kurator, kritikus dan jurnalis seni, desainer ruang, direktur museum, editor majalah atau buku, dan masih banyak lainnya.

Studi jurusan kuliah Visual Arts and Curatorial di Milan juga menjadi keuntungan sendiri bagi siswa yang menempuh pendidikan di jurusan seni dan desain. Selain kaya akan budaya dan bangunan kota yang indah, kota ini juga diakui sebagai pusat fesyen, seni, dan desain dunia.

Ingin tahu lebih banyak tentang NABA Academy? Hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi SUN Course Navigation untuk mendapatkan informasi mengenai sekolah ini dan program-program yang ditawarkan oleh NABA Academy. (SJV)

Tinggalkan Balasan