Kenalan dengan Gelar MSc Ternyata Penting!
5 Desember 2022
Beasiswa Indonesia Maju
Beasiswa Indonesia Maju: Cara Apply, Syarat, Hingga Pilihan Universitas Lengkap
7 Desember 2022

Ingin Mengetahui Soal Bintang? Maka Kuliah Jurusan Astronomi Jawabannya!

Jurusan astronomi adalah bidang ilmu yang mempelajari benda-benda di langit dengan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika pada objek di langit. Saat mendengar nama jurusan satu ini pasti sudah terbayang nantinya akan mempelajari bintang, planet, semesta dan isinya. Ilmu astronomi dengan nama lain ilmu falak ini akan membuat kamu penasaran dan bertanyaa-tanya.

Betul, semua pertanyaan kamu tentang antariksa, semesta dan isinya akan terjawab lewat ilmu perbintangan ini. Secara pengertian nya  Buat kamu yang tertarik kuliah jurusan astronomi, SUN Education akan kupas tuntas mengenai alasan memilih, syarat masuk, mata kuliah, bahkan sampai prospek kerjanya! simak terus sampai habis yuk

Alasan Memilih Jurusan Astronomi

jurusan astronomi

Apa iya alasan memilih kuliah jurusan astronomi hanya karena kamu suka dengan bintang, langit, planet juga semesta? Nggak juga kok, ternyata ada banyak banget alasan dalam memilih kuliah bidang perbintangan dan langit ini, yaitu antara lain:

Masih banyak misteri di alam semesta kita

Buat kamu yang tertarik dan penasaran dengan alam semesta, nggak perlu takut kehabisan bahan untuk diteliti. Percayalah, masih sedikit manusia ketahui tentang alam semesta, bahkan semua hal di bumi. Itulah mengapa kamu harus cinta dengan penelitian, nggak usah takut kehabisan bahan untuk kamu teliti saat kuliah jurusan astronomi ini!

Baca juga: Jurusan Artificial Intelligence (AI): Pengertian, Manfaat Dan Contoh

Memenuhi rasa keingintahuanmu

Kamu penasaran dengan apa aja seluruh isi di dunia ini? Untuk mengobati rasa keingintahuanmu, kamu bisa memilih kuliah jurusan astronomi ini. Siapa tahu, rasa keingintahuanmu ini justru bisa digunakan untuk menemukan jawaban yang belum ditemukan di semesta ini.

Banyak prospek kerja bagus untuk lulusannya

Memilih jurusan nggak bisa lepas dari prospek kerjanya. Jangan khawatir, banyak banget prospek kerja jurusan astronomi sangat bagus untuk lulusannya! Nggak cuma bisa berkarir di pusat penelitian astronomi di Indonesia, kamu bahkan bisa bekerja di NASA, lho. Keren, kan?

Baca juga: Kupas Tuntas Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan Ilmu Gizi Beserta Mata Kuliah, Prospek Kerja Dan Syarat Masuk nya

Syarat Masuk Jurusan Astronomi

Syarat masuk kuliah astronomi

Mau masuk jurusan yang satu ini? Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Apa saja syarat masuk jurusan astronomi ini? Simak yang di bawah ini ya!

Baca juga: Apa Itu Jurusan Statistika? Yuk Simak Disini Aja Soal Mata Kuliah, Prospek Kerja & Syarat Masuk

Teliti, Detail Dan Tekun

Menjadi mahasiswa jurusan astronomi harus memiliki kepribadian teliti juga tekun. Namanya juga salah satu bidang ilmu sains, tentunya nggak akan jauh-jauh dari bidang penelitian antariksa. Di sini lah kamu akan diuji seberapa telitinya agar tidak melewatkan hal-hal penting saat melakukan penelitian. Kamu juga harus tekun agar tidak mudah menyerah dalam menemukan jawaban yang di cari.

Suka Dengan IPA & Matematika

Nggak kalah penting, sebagai calon mahasiswa jurusan antariksa lo harus suka dengan pelajaran IPA dan Matematika. Menyukai pelajaran IPA karena jurusan ini membongkar tentang teka-teki alam semesta. Sedangkan kecintaan terhadap matematikamu akan sangat berguna karena akan banyak menghadapi perhitungan sekaligus ilmu fisika antariksa.

Senang Analisa

Masih banyak pertanyaan tentang alam semesta yang belum terjawab. Itulah mengapa dalam kuliah jurusan astronomi nantinya akan melakukan banyak penelitian. Nggak hanya punya pribadi teliti dan tekun, kemudian juga harus senang menganalisis. Di sini, rasa ingin tahu kamu akan diuji untuk menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan seputar antariksa dan alam semesta.

Baca juga: Pengertian Teknik Biomedis (Biomedical Science) Beserta Mata Kuliah Prospek Kerja & Universitas

Dapat Berpikir Logis & Sistematis

Karena nantinya kamu akan berhadapan dengan data dan angka, maka sudah pasti otak kiri akan menjadi andalanmu. Sebagai mahasiswa astronomi kamu harus bisa selalu berpikiri secara logis berdasarkan data. Semua langkah yang dirimu lakukan harus juga sistematis, teratur dan juga penuh perhitungan. Alasannya adalah karena fenomena antariksa banyak sekali yang tidak bisa di perhitungkan.

Baca juga: Yuk Kita Kenalan Dengan Jurusan Sastra Inggris Mulai Dari Mata Kuliah, Prospek Kerja Hingga Syarat Masuk nya

Mata Kuliah Jurusan Astronomi

ilmu perbintangan

Di Indonesia, jurusan astronomi terbuka dari jenjang S1. Biasanya untuk menempuh jenjang ini harus menempuh 8 semester atau kurang lebih dalam 4 tahun. Saat menjadi mahasiswa fakultas ini, kamu harus menguasai Fisika dan Kimia untuk menunjang penelitian yang akan di lakukan. Selain Fisika  dan Kimia, ada beberapa mata kuliah yang harus di pelajari.

Pada semester pertama, kamu akan belajar Matematika, Rekayasa dan Desain, Tata Tulis Karya Ilmiah dan lain-lain. Baru deh pada semester kedua dan selanjutnya kamu melanjutkan mata kuliah seperti Matematika, Fisika, Kimia ke dalam tingkat lebih lanjut. Setelahnya para mahasiswa akan mempelajari mata kuliah jurusan astronomi yaitu:

  • Tata Surya
  • Listrik Magnet
  • Astronomi Komputasi
  • Astrofisika
  • Pengantar Kosmologi
  • Fisika Galaksi
  • Fisika Statistik
  • Fisika Bintang
  • Metode Matematika dan Astronomi
  • Fisika Termal
  • Statistika dalam Astronomi
  • Astronomi Posisi
  • Fisika Material
  • Elektromagnetika
  • Fisika Kuantum
  • Optoelektronika

Dan masih banyak lagi mata kuliah jurusan astronomi, kebanyakan akan berkutat pada fisika dan matematika! Jadi kudu siap-siap dengan angka, pengukuran dan segala rumus penghitungan saat nanti dirimu berkuliah.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Data Science? Simak Syarat Masuk, Mata Kuliah, Dan Prospek Kerjanya!

Prospek Kerja Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi: Syarat Masuk, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Dengan banyaknya misteri dalam semesta yang belum terpecahkan, teknologi yang semakin berkembang juga teori-teori yang muncul akan hasil penelitian, nggak perlu khawatir akan prospek kerja jurusan astronomi. Berikut adalah pilihan karir untuk yang lulus dari jurusan ini!

Astronom

Salah satu prospek kerja jurusan astronomi ini tentu nggak jauh dari pekerjaan yang satu ini! Astronom tugasnya adalah mempelajari fenomena angkasa, menganalisis data penelitian, mengembangkan teori, dan tentunya menyajikan temuan penelitiannya dalam konferensi ilmiah dan dalam jurnal ilmiah.

Baca juga: Jurusan Ilmu Hukum – Apa Saja yang Dipelajari Dan Prospek Kerja

NASA Scientist

National Aeronautics and Space Administration (NASA) merupakan lembaga internasional penelitian antariksa yang bergengsi di dunia. Jika ingin bekerja di sini, menjadi lulusan jurusan ilmu astronomi bisa menjadi langkah pertamamu.

Observatorium

Siapa sih yang nggak punya mimpi menjadi observatorium di Bosscha Bandung? Pas kecil pasti kita pernah bermimpi, deh. Nah, kalau masih punya mimpi menjadi observatorium untuk melihat fenomena yang terjadi di langit dan angkasa, lo bisa memilih prospek kerja jurusan astronomi ini.

Astronot

Yup pekerjaan impian semua lulusan astronomi, yaitu menjadi astronot! Walaupun ga mudah untuk bisa menjadi astronot, bukan berarti mustahil! Ga harus di NASA tapi juga banyak lembaga antariksa negara lain yang bisa mewujudkan pekerjaan impian mu ini lohh. Ini dia beberapa lembaga antariksa selain NASA:

  • 1. Japan Aerospace Exploration Agency(JAXA)
  • 2. Russian Federal Space Agency (RFSA atau Roscosmos)
  • 3. European Space Agency (ESA)
  • 4. Indian Space Research Organisation (ISRO)
  • 5. China National Space Administration (CNSA)

BACA JUGA: Jurusan Aktuaria: Mata Kuliah, Prospek Kerja & Syarat Masuk

Universitas Yang Ada Jurusan Astronomi Di Luar Negeri

Di Indonesia sendiri kuliah jurusan astronomi baru tersedia di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tak hanya di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara sekalipun. Tenang, di luar negeri banyak kampus yang memiliki jurusan ilmu antariksa. Salah satunya jurusan Physics with Astronomy di University of Nottingham di UK. Seperti namanya, jurusan ilmu astronomi termasuk ke dalam departemen Physics. Mengambil program ini, cukup hanya akan menghabiskan waktu selama 3 tahun saja!

Nggak main-main, penelitian di kampus ini di bawah bimbingan Professor Sir Peter Mansfield yang pernah mendapatkan Nobel Prize akan temuannya dalam Magnetic Resonance Imaging body scanners. Apalagi selama kuliah nantinya akan dibekali dengan modul seperti Cosmology and Extreme Astrophysics yang akan memberikanmu insight akan dunia astronomi.

Apa anda tertarik dengan kuliah jurusan astronomi? Tenang, aja bisa berkonsultasi dahulu dengan SUN Education! Kami bsia membantumu mempersiapkan persyaratan akademis, persiapan bahasa Inggris, permohonan visa sampai akomodasi selama kuliah di luar negeri.

Sebelum berangkat kuliah ke negera luar, anda juga bisa mendownload SUN Education Mobile App untuk mendapatkan informasi terbaru terkait perkuliahan di luar negeri. App ini GRATIS dan bisa kamu download di Play Store maupun App Store. Download sekarang untuk keep you updated!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan seperti astronomi, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Jika membutuhkan informasi terkini, follow media sosial SUN Education di Instagram, TikTok dan YouTube. Kamu juga bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Download SUN Education Mobile App atau baca SUN E-Guidebook untuk akses informasi lebih mudah dan GRATIS!

Tinggalkan Balasan