Winna Yudistika: Ambil Master di UK Demi Perluas Karier
30 Mei 2018
5 Keunggulan Studi di University of Sydney
7 Juni 2018

Kuliah di Heriot-Watt Malaysia : Biaya Terjangkau dan Cepat Dapat Kerja 

Kuliah di Heriot-Watt Malaysia : Biaya Terjangkau dan Cepat Dapat Kerja – Kuliah di luar negeri, selain bisa memperoleh pengalaman belajar secara internasional dengan perspektif yang lebih luas, kamu juga berkesempatan memperluas jaringan dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Menariknya lagi, kuliah di luar negeri akan mengantarkan kamu ke berbagai industri terkemuka mancanegara hingga bisa membangun karier yang membanggakan.

Sayangnya, masih banyak orang yang ragu melanjutkan kuliah di luar negeri. Salah satunya karena biaya kuliah yang relatif mahal ketimbang di dalam negeri. Padahal, tidak semua universitas di luar negeri berbiaya mahal. Ada juga kok, universitas yang menawarkan biaya kuliah terjangkau dengan tetap mengoptimalkan peluang dan potensi mahasiswanya. Salah satunya yaitu Heriot Watt University (HWU) Malaysia.

Kuliah di Heriot-Watt Malaysia

HWU Malaysia. Foto: hw.ac.uk

HWU Malaysia merupakan salah satu kampus cabang HWU Inggris yang reputasinya telah diakui dunia. Selain di Malaysia, HWU juga memiliki kampus cabang di Dubai. Pengajaran kelas internasional telah diberlakukan sejak tahun 1821. Di Inggris sendiri, HWU merupakan salah satu universitas terbaik. Program bisnis dan industri di HWU menempati posisi ke-41 di dunia versi Times Higher Education World University Rangkings 2018.

Di Malaysia, HWU juga memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini sejumlah keunggulan kuliah di Heriot-Watt Malaysia:

  1. Mendapat Pengalaman Internasional

Dengan tiga kampus global dan 150 mitra pembelajaran di seluruh dunia, HWU menawarkan pengalaman internasional yang jarang ditemukan di universitas lain. Salah satunya melalui program Go Global. Ini adalah opsi transfer dari kampus HWU Malaysia ke HWU UK atau Dubai, tanpa mengganggu studi kamu yang mengambil program sarjana.

Program ini memungkinkan kamu melakukan transfer selama satu semester, satu tahun, atau lebih, sesuai dengan anggaran atau preferensi yang telah dipilih. Dengan begitu, kamu bisa membuat rencana masa depan sekaligus menabung supaya bisa transfer di lain waktu. Siswa HWU Malaysia yang mengikuti program transfer ini secara otomatis menikmati bebas biaya kuliah tahunan sebesar 20% dari biaya mahasiswa internasional di kampus UK atau Dubai.

  1. Lulusannya Siap Kerja

Secara historis, Heriot-Watt adalah institut mekanika pertama di dunia. Artinya, Heriot-Watt menerapkan pendidikan berbasis penelitian yang praktis dan relevan dengan industri.  “Mahasiswa HWU memiliki kesempatan mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kepercayaan diri dalam menguasai bidang yang mereka pilih,”ujar Eddie Siew Chee Choon, Marketing and Student Recruitment HWU Malaysia.

Kuliah di Heriot-Watt Malaysia

Eddie Shiew Chee Choon. Foto: SUN Education

Pengembangan karier siswa dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti pameran karier reguler, pertemuan eksklusif untuk mahasiswa tahun terakhir dengan industri, dan memastikan bahwa mereka memiliki jaringan yang kuat bahkan sebelum mereka lulus. HWU Malaysia telah membentuk kemitraan erat dengan beragam industri.

Kesuksesan HWU dibuktikan dari banyaknya minat perusahaan global yang aktif mencari lulusan HWU. Sebanyak 95% siswa HWU telah bekerja atau melanjutkan studinya enam bulan setelah menyelesaikan program mereka. Para alumni dari HWU Malaysia kini memegang peranan penting dan  tersebar di beberapa perusahaan besar di Malaysia, seperti Petronas, BAE Systems, YTL Corporate Berhad, Shell, Exxon Mobil, Motorola, dan PwC.

  1. Biaya Kuliah Terjangkau

Menurut Eddie, biaya kuliah di HWU Malaysia saat ini tergolong paling rendah di antara semua kampus cabang Inggris di Malaysia. Adapun biaya kuliah yang lebih rendah itu setara dengan penghematan biaya 50% hingga 60% dibandingkan biaya kuliah secara langsung di Inggris.  Selain itu, HWU juga menawarkan berbagai beasiswa berprestasi, dari kisaran 20% hingga 35%, untuk berbagai kualifikasi, misalnya O-Level, A-Levels, SMA3, dan lainnya dari biaya kuliah.

  1. Ragam Kegiatan Seru

Selama studi di HWU, siswa dapat bergabung dengan Herium-Watt University Malaysia Student Association (HWUMSA). Ini adalah organisasi yang mewadahi aktivitas sosial dan aspirasi mahasiswa. HWUMSA juga turut memberdayakan aktivitas sosial siswa, menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan mahasiwa. Terdapat 30 klub dan asosiasi mahasiswa di berbagai bidang, mulai dari olahraga hingga sosial.

  1. Memperluas Relasi

Siswa HWU Malaysia dapat menjadi bagian dari keluarga global HWU yang memiliki lebih dari 120.000 alumni di seluruh dunia. HWU Malaysia sendiri sudah mencetak sekitar 3,500 alumni dengan jumlah siswa Indonesia yang menempati urutan ketiga terbanyak (setelah Inggris dan India). Setiap tahunnya, sekitar 50 mahasiswa Indonesia terdaftar di HWU Malaysia.

  1. Layanan Kesehatan & Keamanan

Kesejahteraan fisik, emosional, dan spiritual mahasiswa menjadi perhatian utama HWU Malaysia. Ini dibuktikan dengan adanya pelatihan rutin untuk staf kesehatan dan kemanan HWU Malaysia, bekerjasama dengan Departemen Sumber Daya Manusia dan Tim Kesehatan & Keselamatan Malaysia.

“Kami juga memiliki konselor permanen di kampus untuk memperhatikan kesejahteraan mental siswa. Sebagai kampus yang ramah disabilitas, kami juga memiliki perlengkapan bagi mereka yang berkebutuhan khusus,” ujar Eddie.

  1. Kampus Hijau 

Kampus HWU Malaysia terletak di lokasi tepi danau seluas 4,8 hektar. Kampus hijau ini merupakan bagian dari ‘hijau kontinum’ Danau Putrajaya, yang memungkinkan mahasiswa dapat memanfaatkan waktu belajar dan waktu luang selagi mereka berada di kampus.

Kuliah di Heriot-Watt Malaysia

HWU Malaysia. Foto: hw.ac.uk

Nah, tertarik studi di HWU Malaysia? Untuk informasi selengkapnya, hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi SUN Course Navigation untuk mendapatkan informasi mengenai USYD dan program-program yang ditawarkan.

******

Teks: Syeba Jubilee Victoria

Tinggalkan Balasan