Putri Tanjung: Siap Mengubah Dunia Lewat Creativepreneur
13 Juni 2018
Jurusan Master of Banking & Finance Macquarie University
Macquarie University: Master of Banking & Finance
11 Juli 2018

Mencicipi Pengalaman Memasak di Le Cordon Bleu Malaysia

Mencicipi Pengalaman Memasak di Le Cordon Bleu Malaysia. SUN Education kembali mengadakan Study Tour, kali ini bekerja sama dengan Le Cordon Bleu (LCB) Malaysia. Acara yang berlangsung pada 22-24 Juni 2018 ini diikuti 11 peserta usia 15 – 23 tahun. Mereka datang dari berbagai latar belakang pendidikan yang beragam, mulai dari pelajar SMK, universitas, hingga pekerja swasta.

Mengangkat tema khusus kuliner, program ini sukses menjadikan aktivitas memasak terasa menyenangkan dan menantang untuk dipelajari. Yuk, simak keseruan acaranya!

 

Hari Pertama: Mengeksplor Kuala Lumpur

Matahari bersinar amat terik ketika para peserta study tour menginjakkan kaki di pusat kota Kuala Lumpur (KL) yang amat padat dan sibuk, layaknya di Jakarta. Meski demikian, cuaca yang sangat panas siang itu tak mengendurkan semangat para peserta mengikuti serangkaian acara study tour. Mereka antusias mengeksplorasi berbagai destinasi wisata terkenal di Malaysia, seperti Kuala Lumpur Tower dan Suria KLCC mall yang terletak di bawah Petronas Twin Towers, sehingga para peserta berkesempatan melihat salah satu menara tertinggi di dunia itu.

 

Para peserta bersama perwakilan SUN Education dan LCB Malaysia berfoto bersama di KL Tower. Sumber: SUN

 

“Ini pertama kalinya aku ke Malaysia. Perjalanannya seru karena aku berkesempatan melihat Menara Kembar Petronas. Di sekitar situ juga bisa lihat banyak gedung-gedung tinggi, sekaligus berbelanja, ” ujar Rizki Hassan, salah satu peserta Study Tour LCB Malaysia dari SMKN 3 Bogor.

Menjelang petang, para peserta melangkahkan kaki menuju Central Market Kuala Lumpur untuk makan malam. Mereka berkesempatan mencicipi sajian unik Malaysia, salah satunya Nasi Kerabu yang terbuat dari Butterfly Pea flower. Nasi berwarna biru ini terbuat dari kelopak bunga telang yang bermanfaat untuk mengurangi stress, depresi, dan anti kanker.

Setelah menikmati makan malam, para peserta menuju ke Sunway Residence untuk istirahat dan mengumpulkan energi untuk menjalani acara inti di esok hari.

 

Hari Kedua – Belajar dan Unjuk Bakat Memasak di Le Cordon Bleu Malaysia

Tibalah di hari kedua yang merupakan acara utama Study Tour ini. Sekitar pukul 09.00 pagi, para peserta berkumpul di  kampus LCB Malaysia untuk sarapan dan mengikuti sesi pengenalan kampus. Usai sarapan, Chef David Morris, salah satu staf pengajar di LCB Malaysia memimpin acara dengan melakukan demo masak, menu Beef Stroganoff and Rice with Vegetable Brunoise. Menu ini dipilih karena meski memiliki tampilan yang sangat sangat simple, proses pembuatannya melibatkan teknik memasak yang detil dan fokus yang tak main-main.

 

Beef Stroganoff and Rice with Vegetable Brunoise. Sumber: SUN

 

Dalam demonya, Chef David mengajarkan teknik memasak, plating, ilmu bahan-bahan makanan, hingga attitude yang baik dalam memasak. Para peserta pun terlihat serius menyimak setiap penjelasan sang Chef dan sigap mencatat hal-hal yang dianggap penting.

 

Sesi Chef Demonstration oleh Chef David. Sumber: SUN

Demo masak berakhir, tibalah saatnya para peserta unjuk bakat memasak di Le Cordon Bleu Malaysia dalam sesi ‘Cooking Competition’. Mereka diminta membuat menu yang telah didemokan Chef David. Bak seorang chef professional, para peserta beraksi dengan cekatan di dapur kampus. Terlihat bahwa mereka sudah terbiasa memasak. Tangan-tangan mereka begitu terampil mengolah aneka bumbu dan bahan makanan, mempraktikkan langkah-langkah memasak yang sudah diajarkan oleh Chef David.

 

Mencicipi Pengalaman Memasak di Le Cordon Bleu Malaysia

Para peserta mendapatkan pengalaman berharga emasak di Le Cordon Bleu Malaysia. Sumber: SUN

Dua jam berlalu, tiba saatnya food-tasting session. Inilah tahap penilaian yang dilakukan langsung oleh Chef David. Dibantu seorang asisten, juru masak dengan segudang pengalaman internasional ini mencicipi hasil masakan setiap peserta.

Setelah melalui proses penjurian ketat, terpilih Halimah (21) sebagai pemenang cooking competition. Menurut Chef David, Halimah memiliki nilai kontrol porsi yang baik dan teknik memasak yang tepat.

 

Chef David dan Halimah. Sumber: SUN

 

Halimah sendiri mengaku tak menyangka dirinya bisa memenangkan cooking competition. “Aku sejujurnya khawatir bila rasa masakanku berbeda dengan selera orang sini. Tapi, aku berusaha mengikuti resep dan setiap langkah memasak Chef David yang sudah kucatat dengan detil di notes,” ujar mahasiswi Sastra Inggris, Universitas Indonesia ini.

 

Keikutsertaan Halimah memasak di Le Cordon Bleu Malaysia ini bukan tanpa alasan. Ia punya mimpi besar ingin menjadi pengusaha kuliner yang sukses. “Aku punya passion dalam bidang makanan dan dunia kuliner. Dengan mengikuti study tour LCB ini, aku berharap bisa membuka peluang lebih besar bekerja di dunia memasak,” ujar Halimah yang mengaku baru pertama kali memasak di dapur professional bersama chef kelas dunia.

 

Hari ketiga – Belajar dan Bersenang-senang di Organic Farm

Di hari terakhir, peserta diajak mengunjungi GK Organic Farm, yang berlokasi di Dengkil, Selangor.  Di sini mereka antusias mempelajari ilmu pertanian dan bahan-bahan organik yang biasa dimanfaatkan sebaga makanan maupun obat-obatan.

Para peserta antusias mencabut kentang dari GK Organic Farm. Dari Kiri – Amadeo dan Rizki. Sumber: SUN

 

Salah satu peserta dari SMKN 3 Bogor, Kevin Adrian, mengaku senang mengikuti kegiatan di GK Organic Farm. “Nggak cuma soal masak masak, kita bisa refreshing dan dapat ilmu baru. Di GK Organic Farm ini, aku jadi tahu aneka macam tumbuhan organik yang ternyata punya banyak manfaat,” jelas Kevin.

Usai berkeliling pertanian, peserta pun berkesempatan menyantap makan siang lezat ala buffet yang langsung dibuat dari bahan-bahan yang ditanam di pertanian.

 

Para peserta, Chef David, dan perwakilan SUN Education. Sumber: SUN

 

Tuntas menyusuri GK Organic Farm, berakhir sudah rangkaian study tour SUN Education bersama LCB Malaysia. Namun, sebelum kembali pulang ke tanah air, para peserta menyempatkan mampir sejenak ke Mitsui Outlet untuk berbelanja berbagai macam oleh-oleh seperti cokelat, pajangan, aksesori, t-shirt, dan gantungan kunci.

******

Teks & Foto: Syeba Jubilee Victoria

 

Tinggalkan Balasan

Chat di WhatsApp