SUNEnglish_FastTrackTOEFL_ITP
Fast Track TOEFL ITP
16 Februari 2021
IELTS Schedule SUN Balikpapan
22 Februari 2021

Deretan Pengalaman Seru Kalau Kamu Kuliah di Malaysia!

Sumber: Unsplash

Malaysia. Sudah ‘terkenal dimana-mana’ kalau negara ini menyandang status pendidikan yang berkualitas dan menempati peringkat dunia! As a quick fact, ada banyak loh pelajar asal Indonesia dan seluruh dunia yang berdatangan untuk berkuliah di Malaysia. Kalau gak ingin mengambil lokasi terlalu jauh dan mencari unsur negara yang sedikit memiliki kemiripan—Malaysia bisa menjadi opsi sempurna yang dapat menjawab kekhawatiranmu. Kamu yang nantinya memiliki pengalaman kuliah di Malaysia pasti akan merasakan banyak manfaat dan hal menyenangkan.

Sumber: Unsplash

Berbicara tentang kehidupan saat studi di Malaysia, beberapa dari kamu pasti langsung merasa familiar! Kita bisa melihat bahwa memang ada sedikit kemiripan dalam beberapa aspek Tanah Air kita dengan negara Malaysia. Mulai dari budaya, iklim, makanan, bahasa yang digunakan, bahkan sampai dengan biaya hidup yang bisa kamu keluarkan. Terlepas dari kemiripan, tentunya memiliki keseruan dan keunikan masing-masing.

Nah, biar kamu memiliki gambaran seperti apa pengalaman kuliah di Malaysia, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu alami saat disana! Sembari kamu tahu, sembari kamu bersiap juga dalam menghadapinya.

Berkomunikasi dengan ‘’Manglish’’

Sumber: Unsplash

Malaysia memiliki latar belakang sejarah sebagai jajahan Inggris. Akhirnya, masyarakat Malaysia pun cukup fasih dalam menggunakan Bahasa Inggris. Hal inilah yang mempengaruhi bahasa yang mereka gunakan dalam sehari-hari. Kalau kamu dengerin secara seksama, dialek bahasa Inggris mereka cukup unik karena pengaruh bahasa Melayu. Contoh aksen Manglish (Malaysian-English) adalah imbuhan lah atau er dalam sebuah kalimat; seperti ‘’don’t have lah’’ atau ‘’where are you from ar’’. Jadi, ketika kamu berkuliah disana, bisa jadi kamu bakal sering menggunakan Manglish dalam berkomunikasi!

Banyak Pilihan Universitas Terkemuka

Malaysia menghabiskan sebagian besar investasi pendidikan tingginya dalam menumbuhkan dan memperkuat kemitraan dengan universitas asing. Sampai saat ini mereka melibatkan kerjasama dengan kampus cabang internasional dari universitas-universitas top luar negeri loh. 

Bidang Studi yang Beragam

Sumber: Unsplash

Banyak sekali universitas Malaysia yang menawarkan program studi inovatif. Kamu bahkan bisa memilih jurusan yang gak ada ataupun eksistensinya masih jarang ada di Indonesia; seperti Ilmu Aktuaria, Game Development, Multimedia Arts, Fashion Marketing, ataupun Human Development. Menarik banget bukan?

Melakukan Presentasi dengan Bahasa Inggris

Presentasi adalah salah satu kegiatan yang cukup menantang dalam studi. Di Malaysia, kebanyakan mata kuliahnya mewajibkanmu sebagai mahasiswa untuk presentasi saat di kelas. Disini, kamu tentunya menggunakan Bahasa Inggris. Pastikan kamu menguasai bahasa tersebut dengan baik sehingga nantinya bisa menyampaikan pesan dengan lancar ya! Gak perlu khawatir. Kamu pasti akan terbiasa seiringnya waktu dan setelah beberapa kali pengalaman.

Penerapan ‘Online-based’

Sumber: Unsplash

Sebagai negara maju, pastinya selalu terdepan dalam mengikuti perkembangan zaman. Malaysia memiliki kemajuan teknologi yang bisa dibilang sudah merambah ke dalam aspek pendidikan. Sudah banyak universitas Malaysia menerapkan sistem online dalam menyampaikan berbagai informasi terkait kegiatan belajar mengajar. Seperti kelas dalam mata kuliah, hasil ujian, administrasi perkuliahan, dan banyak lagi. Kamu jadi lebih mudah dan fleksibel dalam menghadapinya!

Teman dari Berbagai Negara

Salah satu serunya punya pengalaman kuliah di Malaysia adalah kamu berkesempatan membangun relasi dengan teman internasional! Baik itu di lingkungan kelas atau kampus, tempat tinggal, tempat umum, atau destinasi wisata yang kamu kunjungi. Membangun koneksi dengan teman-teman baru juga banyak manfaatnya. Kamu bisa bertukar pikiran, saling belajar, bahkan hingga beraktivitas multi-cultural dimana kamu akan menemukan pembelajaran menarik mengenai bahasa dan budaya asing secara langsung.

Bisa Kelilingin Malaysia!

Kuil Kek Lok Si. Sumber: PlanetWire

Yes, kamu berkesempatan mengeksplorasi Malaysia dengan seluruh keindahannya. Eits.. tetapi karena ini pandemi, sudah sewajibnya kamu menjaga ketat protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas yang berisiko. FYI, Malaysia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki beragam tempat wisata yang unik. Ada Menara Kembar Petronas yang menjadi ikon, Taman Burung KL dalam bagian Taman Botani Perdana, Bukit Bintang, Kuil Kek Lok Si dengan 10.000 patung Buddha nya, dan masih banyak lagi. Mumpung kamu di Malaysia, kamu bisa memaksimalkan pengalaman mengeksplorasi sekaligus belajar fungsi dan sejarah yang ada di baliknya!

Hidup Mandiri

Kamu akan belajar hidup mandiri karena merantau ke luar negeri membuatmu harus mengerjakan apapun dan mengatasi apapun, sendiri. Mulai dari membersihkan tempat tinggal, memasak, dan aktivitas rumah lainnya. Begitu pula halnya saat di kampus—kamu harus tahu kapan tugas perlu diselesaikan, bagaimana mencari referensi sendiri, maupun berkomunikasi dengan teman baru yang kamu temui. Kamu harus bangga karena hal ini merupakan tantangan yang bagus loh! Sangat berguna untukmu kedepannya karena dapat membentukmu menjadi pribadi yang matang dan penuh dengan kesungguhan.

Biaya yang Bersahabat

Sumber: Unsplash

Yes, di Malaysia emang serba murah! Biaya kuliah untuk beberapa universitas termasuk swasta yang ada di Malaysia bisa lebih murah dimana kamu tetap mendapatkan pendidikan berkualitas plus fasilitas yang jauh lebih baik. Selain itu, biaya makannya pun bersahabat. Untuk makan di warung India bisa menghabiskan belasan ribu aja dan itu udah bikin kamu kenyang banget. Nasi, lauk, minumtenang aja, lengkap!

Biaya hidupnya pun gak jauh berbeda dengan kota besar yang ada di Indonesia. Rata-rata biaya yang diperlukan pelajar umumnya berkisar antara RM 16,000 hingga RM 21,000 per tahun, dengan gaya hidup masing-masing pribadi. Anggaran ini udah termasuk akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, buku dan alat tulis, medis dan layanan kesehatan, asuransi, serta biaya pribadi. 

Untuk tempat tinggal, kamu juga bisa memanfaatkan asrama kampus. Harganya lebih terjangkau, lokasinya sangat strategis karena terletak di area kampus, serta memiliki banyak fasilitas penunjang studi yang bisa kamu manfaatkan. Namun, jika kamu ingin memiliki privasi lebih, kamu bisa memutuskan untuk menyewa apartemen kecil atau flat dengan harga yang murah.

Sumber: Unsplash

Itu dia beberapa pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan jika berkuliah di Malaysia! Percaya deh, kamu pasti bakal memiliki pengalaman studi yang sangat mengesankan. Selain pendidikannya yang memiliki standar kelas dunia, lingkungannya pun multikultural. Melalui faktor multikulturalnya inilah, kamu sebagai siswa internasional akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di Malaysia. Gak hanya meningkatkan kemampuan dan dari segi pendidikan, tetapi juga dari pengalaman berbagai budaya.

Oh ya, satu lagi! Meski negara ini bebas visa untuk dikunjungi oleh citizen Indonesia, kamu tetap memerlukan student visa saat menempuh studi. Sebagai pelajar internasional dari Indonesia, kamu perlu mengajukan single entry visa di Konsulat Malaysia di Indonesia. Hal ini harus dilakukan sebelum kamu berangkat ke Malaysia. Jangan lupa, persiapkan segala keperluan secara matang, terus semangat dalam berusaha meraih impian, dan imbangi dengan berdoa ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.