Bekal Mapan Menjadi Ahli “Skin Care”
Bekal Mapan Menjadi Ahli “Skin Care”
29 April 2015
Program Diploma of Science Kini Ada di Monash College
Program Diploma of Science Kini Ada di Monash College
7 Mei 2015

Siapkan Diri Menjadi Dokter Hewan Handal di Universitas Elit Australia

Siapkan Diri Menjadi Dokter Hewan Handal di Universitas Elit Australia

Murdoch Vet - 1

Siapkan Diri Menjadi Dokter Hewan Handal di Universitas Elit Australia

Siapkan Diri Menjadi Dokter Hewan Handal di Universitas Elit Australia. Veterinarian (=Vet) atau dokter hewan adalah sebuah profesi yang masih tergolong langka di Indonesia. Salah satu alasannya adalah kurang bergengsi dan dipandang sebelah mata. Sementara, profesi ini di luar negeri sangat dihargai dan merupakan pekerjaan yang bernilai di sana. Kasus seperti Flu Burung, Antrax, Flu Babi, Flu Mexico adalah beberapa dari penyakit berkaitan dengan hewan yang merebak di Indonesia. Dan kasus ini merupakan ranah dokter hewan. Dokter hewan mempunyai andil dalam menangani kasus ini, yang sangat berhubungan dengan hidup manusia. Selain itu pemeriksaan daging, susu, telur dan semua produk dari hewan yang dikonsumsi oleh manusia harus berada dalam pengawasan dokter hewan.

Merawat mulut dan gigi kuda. Sumber foto: Careerscall

Merawat mulut dan gigi kuda. Sumber foto: Careerscall

Bidang pekerjaan bagi lulusan jurusan ini meliputi dokter hewan praktisi, dokter hewan di peternakan, dokter hewan di badan karantina, di bidang pertanian. Perusahaan obat membutuhkan dokter hewan, begitu pula perusahaan pangan hewan maupun manusia. Dalam melestarikan hewan langkapun peran dokter hewan sangat dibutuhkan. Dokter hewan yang ahli kuda sangat langka di Indonesia. dan lain-lain. Oleh karena itu tidak heran jika profesi sebagai dokter hewan masuk ke dalam profesi berpenghasilan tinggi. Situs Payscale menulis bahwa dokter hewan menerima gaji hingga $70,800 atau sekitar 819 juta rupiah per tahun.

Konservasi satwa liar: gajah dan penyu. Sumber foto: Ernisuyantimedikkonservasi

Konservasi satwa liar: gajah dan penyu. Sumber foto: Ernisuyantimedikkonservasi

Dokter hewan mempelajari makroanatomi, mikroanatomi, segala sistem di dalam tubuh meliputi pencernaan, pernafasan, ekskresi, kekebalan tubuh, reproduksi, saraf, dasar molekul kesehatan, penyakit dan lain-lain. Bila dibandingkan dengan dokter manusia yang mempelajari manusia yang terbagi pria dan wanita, Dokter Hewan justru mempelajari lebih banyak spesies mulai dari hewan besar (sapi, kerbau, kuda, dll) , reptil, amfibi , hewan kecil (anjing, kucing, dan lain-lain), unggas, primata.

Jika untuk menjadi dokter dibutuhkan sertifikasi minimal satu tahun setelah menyelesaikan kuliah dalam waktu normal 4 tahun, dokter hewan bisa langsung membuka praktek setelah lulus program kuliahnya dalam waktu normal 4 tahun. Selain pengetahuan dalam obat-obatan, mahasiswa kedokteran hewan sebaiknya mendalami ilmu tambahan yaitu epidemiology, nutrition, dan surgery.

Jurusan kedokteran hewan / Vet di Indonesia masih tergolong langka. Sementara di luar negeri, cukup banyak universitas yang serius mengembangkan jurusan ini. Salah satunya adalah Universitas Murdoch di Perth, Australia Barat.

Murdoch Vet - 4Murdoch University adalah satu-satunya universitas di Australia Barat yang masuk ke dalam peringkat elit di divisi Veterinary Science and Politics and International Studies. Jurusan Veterinary Science Murdoch berada di peringkat ke-38 di edisi kelima dari Peringkat Universitas QS World by Subject.

Sebagai bagian dari Fakultas Veterinary dan Life Sciences, Universitas Murdoch menawarkan program Bachelor of Science (BSc) in Veterinary Biology + Doctor of Veterinary Medicine (DVM). Lebih dari 2.000 mahasiswa yang terdaftar dalam 11 program Sarjana dan 13 program Pascasarjana dengan jurusan seperti health sciences, biomedical research, animal science, environmental science, veterinary medicine and forensic biology.

Murdoch Vet - 5

Kampus Murdoch University

Universitas Murdoch memiliki fasilitas kelas dunia, salah satunya adalah Pusat Bioteknologi Pertanian Negara Bagian (State Agricultural Biotechnology Centre) sebagai tempat bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam bidang pilihan mereka. Di dalam fasilitas ini, ada peternakan South Street seluas 230 hektar dan rumah sakit hewan yang akan mengasah keterampilan mahasiwa dalam Praktek Umum dan Keadaan Darurat. Mahasiswa juga juga akan memiliki kesempatan untuk kerja praktek di tempat penampungan hewan lain seperti RSPCA, Kebun Binatang Perth dan Departemen Pertanian Australia Barat di Albany.

Program Vet di Universitas Murdoch dibawakan oleh para staf pengajar terbaik di Australasia dalam kelas kecil yang intensif. Selain itu, lulusannya akan mendapat akreditasi dari American Veterinary Medical Association (AVMA) yang membuka kesempatan kerja yang luas, hingga ke daerah Amerika Utara.

Murdoch Vet - 6

Universitas Murdoch menawarkan kesempatan beasiswa Murdoch University Academic Excellence Awards 2015 bagi pelajar internasional yang masing-masing bernilai $5,000 dan pendaftaran dibuka hingga 30 Juni 2015 yaitu:
1. Undergraduate scholarships for international students
2. Postgraduate scholarships for international students

Tertarik? Kunjungi website Universitas Murdoch untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai program yang tersedia. Untuk bantuan dalam mendaftar dan pengurusan keperluan studi di luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat.

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!