Psikologi Klinis: Pilihan Studi Setelah Sarjana Psikologi
2 Mei 2018
7 Tips untuk Traveling Selama Bulan Puasa
19 Mei 2018

SCGH Atasi Tantangan Kesehatan Global

Masih ada sejumlah tantangan di bidang kesehatan dalam kehidupan masyarakat global. Salah satunya adalah tidak meratanya pelayanan kesehatan masyarakat kalangan bawah. Untuk itu, School of Community & Global Health (SCGH) Claremont Graduate University, Amerika Serikat (AS), hadir menjawab tantangan tersebut dengan cara menciptakan inovasi baru.

 

Photo: cgu.edu

“SCGH siap meningkatkan kesehatan serta kualitas hidup masyarakat global dengan mengaplikasikan cara belajar yang modern, yaitu mengajak siswa langsung terjun ke lapangan,” ujar Kim Reynolds, Dekan Interim SCGH.

Sebagai langkah mendobrak sistem pendidikan tradisional, sekolah yang berlokasi di Claremont, Amerika Serikat ini memberdayakan para mahasiswa dalam berbagai proyek penelitian bersama professor sebagai mentor mereka. Proyek tersebut berupa penelitian mutakhir mengenai proses neurokognitif, kegemukan, alkohol, penyalahgunaan zat, dan pencegahan HIV / AIDS. Dengan terlibat langsung dalam proyek penelitian, mahasiswa diharapkan bisa  mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah.

Photo: cgu.edu

Salah satu mahasiswa yang beperan dalam projek penelitian yaitu Jake Sumibcay. Mahasiswa Program Doktor Kesehatan Masyarakat di SCGH ini terlibat aktif dalam berbagai proyek penelitian bergengsi dari Robert Wood Johnson Foundation, menangani promosi kesehatan dan pencegahan kanker. Ia juga menangani proyek pengendalian tembakau untuk orang dewasa muda di kawasan Asia-Amerika, Native Hawaiian dan Pacific Islander.

Jake Sumibcay. Photo: cgu.edu

Sebagai penduduk imigran yang menetap di Honolulu, pria berdarah Filipina ini sempat mengalami kesulitan keuangan. Inilah yang membuatanya terus bersemangat melakukan beragam penelitian untuk melayai masyarakat. Jake kini menjadi bagian dari Ahli Riset Kebijakan Kesehatan 2017, sebagai bagian dari projek Robert Wood Johnson Foundation.

Tak hanya melalui proyek penelitian, mahasiswa SCGH juga bisa mengikuti program komunitas dan magang. Ini penting agar mereka bisa menerapkan secara langsung teori yang telah ia pelajari di bangku kuliah, sehingga lebih siap menghadapi dunia kerja selepas lulus nanti.

kesehatan masyarakat

Photo: cgu.edu

Hingga saat ini,  sekolah yang didirikan pada 2008 ini memiliki sekitar 120 siswa, dengan 22% mahasiswa internasional. Program yang ditawarkan meliputi ilmu kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan, dengan jenjang pascasarjana berupa master, doctor, dan sertifikat (kursus singkat). Materi kuliah diajarkan langsung oleh staf pengajar yang kerap menjadi pemimpin perencanaan dan evaluasi kesehatan masyarakat.

Tertarik belajar di SCGH? Segera hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi SUN Course Navigation untuk mendapat informasi lengkap mengenai SCGH beserta program-program lainnya. (SJV)

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!