Julian Prassumiwi Heriana: Kegigihan Menggapai Mimpi
1 November 2018

Yuk, Belajar Ilmu Politik!

Yuk, Belajar Ilmu Politik!– Kamu yang baru saja lulus tapi masih bingung memilih jurusan, belajar ilmu politik bisa dijadikan pertimbangan. Lupakan sejenak bahwa dunia politik itu kejam, sebab ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mempelajari ilmu politik.

belajar ilmu politik

Belajar ilmu politik melatihmu berpikir kritis. Photo Courtesy of asef.org

Nah, inilah beberapa alasan mengapa belajar ilmu politik itu menyenangkan:

  1. Ilmu tertua

Mulai diterapkan sejak tahun 450 SM, ilmu politik terus berkembang mengikuti zaman seiring dengan lahirnya sebuah negara. Pemikir klasik seperti Plato, Socrates, dan Aristoteles merupakan orang-orang yang berjasa mengembangkan ilmu politik sebagai pemikiran mengenai negara.

  1. Belajar Banyak Hal

Mendalami ilmu politik, berarti juga mempelajari masyarakat dan kepentingan di sebuah negara. Termasuk di dalamnya mempelajari tindakan politik masyarakat, pelaksanaan hukum, ketimpangan gender, ragam kebudayaan, hingga hubungan antarnegara. Jelas, ini akan semakin memperkaya wawasan kamu sebagai manusia.

  1. Membuatmu Lebih Open-Minded

Luasnya ilmu politik memberikan keleluasaan ruang gerakmu dalam belajar. Tak terbatas hanya di kelas, dosen ilmu politik biasanya akan mengajak siswanya terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui fakta yang terjadi. Kamu pun bisa bertemu dengan petinggi partai politik, pimpinan dewan perwakilan rakyat, dan berdialog dengan para aktivis politik. Menarik, nih!

belajar ilmu politik

Belajar Ilmu Politik akan membuatmu lebih open-minded. Photo Courtesy of asef.org

  1. Melatih Sikap Kritis

Ilmu politik tidak hanya memperkaya wawasanmu mengenai sebuah negara, tapi juga akan membuatmu lebih peka terhadap kondisi bangsa. Dengan rasa peka, kamu akan terlatih untuk bersikap kritis dan analitis dalam menemukan solusi atas berbagai permasalahan negara seperti kasus korupsi, pilkada, kekerasan, hingga keragaman budaya.

  1. Menyediakan Banyak Lapangan Pekerjaan 

Lulus sebagai sarjana politik, kamu tak perlu khawatir mau bekerja sebagai apa. Mengingat luasnya ranah ilmu politik, ada berbagai pekerjaan yang berprospek cerah. Kamu bisa menjadi aparatur sipil, staf lembaga penelitian, staf ahli, juru bicara pejabat negara, dosen, ataupun jurnalis. Bukan tak mungkin kamu bisa jadi presiden!

Menurut Professor Duncan McCargo, Dosen Ilmu Politik dari University of Leeds Inggris, saat ini adalah momen paling pas untuk mempelajari ilmu politik. “Sekarang ini sedang terjadi perubahan besar politik di dunia.  Ada Brexit di Inggris, pemerintahan baru di Amerika Serikat, kemeriahan pemilu di negara berkembang, dan transformasi politik di Asia Tenggara. Ini menjadi hal menarik untuk dipelajari,” jelas Professor Duncan.

belajar ilmu politik

“Sekarang inilah saat yang tepat untuk belajar ilmu politik,” tegas Professor Duncan.

Perubahan politik yang terjadi di dunia menurut Professor Duncan turut memengaruhi hubungan internasional antarnegara, termasuk Indonesia dengan negara lainnya. Ia pun mengakui sudah saatnya generasi muda turut terlibat memahami pesan politik di dunia. “Dengan mempelajari ilmu politik, kita akan mengetahui lebih dalam mengenai kompleksitas yang terjadi di dunia sekaligus berkontribusi mengadvokasi pembangunan negara,” tegas Professor Duncan.

Gimana SUNners? Tertarik belajar politik? Kunjungi https://essl.leeds.ac.uk/politics untuk mengetahui lebih banyak mengenai jurusan ilmu politik di University of Leeds. Atau, hubungi konselor SUN Education di cabang terdekat dan kunjungi SUN Course Navigation untuk mendapat informasi lengkap mengenai University of Leeds.

Tinggalkan Balasan