Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!
Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!
1 September 2021
Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu
Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu
6 September 2021

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mengurus Visa Studi Jerman!

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mengurus Visa Studi Jerman!

Sumber: Pexels

Jerman menjadi salah satu negara di Eropa yang menjadi tujuan mahasiswa Indonesia saat berkuliah di luar negeri. Dengan biaya pendidikan yang masih ramah kantong, pilihan universitas yang bagus dan variatif juga menjadi alasan negara ini menjadi favorit mahasiswa. Apalagi jurusan tekniknya yang terkenal terbaik di Eropa, Jerman pun makin menjadi negara yang dituju mahasiswa dari seluruh dunia. Sebelum berangkat ke Jerman, pastikan dulu kalau kamu sudah terdaftar di universitas sehingga kamu bisa menyiapkan berkas-berkas penting dari Indonesia. Salah satu berkas yang sangat penting adalah visa studi Jerman.

Supaya kamu tidak salah dalam mengurus visa studi Jerman, ada hal-hal yang perlu kamu ketahui agar visa kamu terbit. Jangan khawatir, kali ini SUN Education akan berbagi informasi tentang visa studi Jerman. Yuk, perhatikan dengan seksama supaya perkuliahan kamu di Jerman berjalan dengan lancar!

Jenis Visa Studi Jerman 

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mengurus Visa Studi Jerman!

Sumber: Pexels

Sebagai pelajar, ada dua jenis visa studi Jerman yang diterbitkan. Pertama, visa pemohon pelajar atau Visum zur Studienbewerbung. Visa ini  untuk siswa yang belum menerima tawaran dari universitas di Jerman namun memiliki keperluan seperti mengikuti proses pendaftaran, open house kampus atau summer course.

Visa ini tentunya memiliki durasi yang lebih pendek dari pada visa pelajar lainnya. Bila kamu mengajukan visa jenis ini, maka kamu akan mendapatkan masa tinggal selama tiga bulan dengan perpanjangan maksimal enam bulan. Kalau kamu berhasil diterima universitas di Jerman, kamu bisa sekaligus mengajukan permohonan visa pelajar saat masih berada di sana.

Jenis visa studi Jerman kedua adalah visa pelajar atau Visum zur Stedienbewerbung. Visa ini untuk siswa yang sudah terdaftar di universitas Jerman. Durasi visa ini mulai dari 3 bulan namun kamu bisa memperpanjangnya di kantor imigrasi untuk orang asing di Jerman. Apapun visa yang kamu ajukan perhatikan tanggal terbit visa dan masa berlaku visa yang agar kamu tidak overstay di negara tersebut, ya!

Cara Mengajukan Visa Studi Jerman

Visa ini untuk mahasiswa yang sudah telah menjalani studinya secara full time. Waktu untuk menyelesaikan studi di Jerman tentunya panjang, bahkan bisa mencapai 3-4 tahun. Karena itu, kamu harus mengajukan visa nasional. Visa ini biasanya  untuk pelajar atau orang yang ingin pindah ke Jerman. Catat, visa nasional berbeda dengan visa schengen, ya, sehingga persyaratannya pasti lebih banyak. 

Untuk mengajukan visa nasional, langkah-langkah yang harus kamu lakukan antara lain:

  1. Mengisi formulir permohonan visa dengan lengkap. Setelah mengisi lengkap formulirnya, cetaklah satu rangkap formulir dan bawa saat datang ke Kantor Kedutaan. Formulir pengajuan visa nasional bisa kamu dapatkan di situs resmi Kedubes Jerman atau klik di sini
  2. Kumpulkan dokumen permohonan visa yang kamu butuhkan sebelum mengajukan. Visa kamu bisa ditolak kalau dokumen atau bukti yang diminta tidak sesuai dengan persyaratan. Untuk dokumen-dokumen yang diminta antara lain:

– Paspor yang masih berlaku (setidaknya dalam waktu 6 bulan) beserta dua foto ukuran paspor dan formulir yang sudah kamu isi.

– Transkrip sertifikasi dari kualifikasi sebelumnya

– Sertifikat bahasa Jerman sebagai bukti kemahiran berbahasa Jerman. Sertifikat bisa berupa sertifikat KCSE dari KNEC, sertifikat A1 dari Goethe Institute, atau TestDAF yang tidak boleh lebih dari 4 tahun.

– Bukti kalau kamu telah memiliki asuransi kesehatan saat berkuliah di Jerman

– Bukti kualifikasi masuk universitas yang diakui di Jerman (jika mengajukan visa permohonan pelajar atau Visum zur Studienbewerbung)

– Letter of Acceptance dari universitas yang kamu tuju (jika mengajukan visa pelajar atau Visum zur Stedienbewerbung)

– Setelah itu kamu membayar 60 untuk biaya pengajuan.

  1. Sesuaikan kebutuhan visa dengan tujuan tinggal kamu. Ketentuannya bisa untuk kumpul keluarga, Pelayanan Dinas Sukarela, Kuliah atau Praktek dan Penelitian di Jerman, dan untuk Bekerja.
  2. Setelah itu buatlah janji temu untuk mengajukan visa.

Cara Membuat Janji Permohonan Visa Studi Jerman

Pemrosesan Visa Studi Jerman Selama Covid-19

Sumber: Pexels

Waktu yang tepat untuk mengajukan visa adalah tiga bulan sebelum rencana keberangkatan. Jangan pernah mengajukan permohonan dua minggu sebelum rencana keberangkatan karena kemungkinan visa bisa selesai tidak tepat waktu. Sayang, kan, sudah membeli tiket pesawat tapi visanya belum terbit?

Kamu bisa mengajukan janji temu lewat formulir yang bisa kamu dapatkan di sini. Nantinya bila janji temu sudah terdaftar, kamu akan mendapatkan konfirmasi via e-mail. Jika janji temu sudah penuh, Kedubes Jerman akan membuka kembali pendaftaran janji temunya. Nanti kamu bisa mencari lagi tanggal untuk janji temu pada tanggal yang bersedia.

Saat janji temu sudah mendapatkan tanggal, kamu harus datang sendiri. Jika berhalangan hadir, maka kamu harus membatalkan sebelumnya dan membuat janji temu baru di lain hari. Pastikan saat kamu memenuhi janji temu, semua berkas sudah lengkap agar permohonan visanya bisa lebih lancar.

Setelah datang dan menyerahkan dokumen permohonan visa secara lengkap, kamu harus membayar biaya  dan menjawab pertanyaan mengenai tujuan perjalanan yang sudah kamu rencanakan. Terakhir, pendataan foto dan sidik jari.

Pemrosesan Visa Studi Jerman

Perwakilan negara Jerman akan memeriksa dan memberi keputusan permohonan visa kamu. Mereka akan melihat apakah sudah memenuhi persyaratan hukum atau belum. Proses pengerjaan visa tergantung dengan jenis visanya. Setidaknya butuh waktu enam minggu sampai tiga bulan. Bila ada tambahan dokumen, bisa jadi proses pengerjaan visa akan lebih lama lagi.

Setelah Kedubes Besar Jerman sudah meluluskan permohonan visa kamu, kamu akan mengambil paspor kamu kembali. Jangan menggunakan tas yang lebih besar dari tas tangan biasa karena dilarang Kedutaan. Bagi yang mengajukan permohonan visa nasional, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau telepon bila visa kamu sudah terbit. Serahkan paspor kamu pada hari Senin hingga Kamis antara pukul 13-14 supaya visa terbit pada hari yang sama saat kamu mengambil paspor kamu.  Kamu harus mengambil visa dan paspornya sendiri. Jika kamu berhalangan, kamu bisa mengutus orang lain namun harus membawa surat kuasa.

Setelah kamu dapat visa Jerman, visa ini akan tertera keterangan berisi nama lengkap, foto, nomor paspor, jumlah hari dari izin tinggal dan masa berlaku visa. Masa berlakunya akan mencantumkan jangka waktu kamu selama tinggal di Jerman.

Pemrosesan Visa Studi Jerman Selama Covid-19

Pemrosesan Visa Studi Jerman Selama Covid-19

Sumber: Pexels

Dari tanggal 25 Juni 2021, pemerintah Jerman telah memberi pelonggaran pembatasan perjalanan masuk untuk individu yang sudah menerima vaksin. Namun, perjalanan masuk hanya boleh untuk individu dengan bahan vaksin tertentu. Kamu harus melampirkan COVID-Zertifikat secara digital atau bukti vaksinasi setara dalam bentuk digital atau kertas dalam bahasa Jerman, Inggris, Perancis, Italia atau Spanyol. Dalam dokumen tersebut harus ada:

  1. Data pribadi yang telah menerima vaksin, setidaknya nama depan, nama keluarga, dan tanggal lahir.
  2. Tanggal vaksinasi dan jumlah dosis vaksin 
  3. Sebutan dari bahan vaksin
  4. Nama dari penyakit yang dilawan oleh vaksin
  5. Tanda pengenal yang menyatakan individu/institusi penanggung jawab dalam pelaksanaan vaksinasi atau mengeluarkan sertifikat.

Persiapkan Visa Study dengan SUN Education

Itulah cara mengajukan permohonan visa studi Jerman bagi pelajar Indonesia. Pastikan kamu mengecek informasi seputar perkembangan kasus Covid-19 di Jerman karena akan mempengaruhi proses penerbitan visa kamu. Untuk kalian yang sedang mempersiapkan studi ke luar negeri, konsultasikan bersama SUN Education. Nggak usah bingung lagi untuk apply visa-nya, semuanya akan SUN Education bantu!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan