memilih asuransi kesehatan
Kuliah di Luar Negeri? Wajib Tahu Cara Memilih Asuransi Kesehatan!
12 Oktober 2021
SunEnglish_TOEFLITP
Sun English TOEFL ITP Schedule Test
13 Oktober 2021

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan TOEIC dan TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui!

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan TOEIC dan TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui!

Sumber: Pexels

Sebelum mendaftar kuliah atau beasiswa ke luar negeri, ada persyaratan bahasa Inggris yang harus kamu penuhi. Persyaratan bahasa Inggris ini biasanya untuk mahasiswa internasional yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris. Salah satu persyaratan bahasa Inggris adalah skor minimal pada tes TOEFL, IELTS atau TOEIC. Tes bahasa Inggris ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris calon mahasiswa. Kali ini kita akan membahas perbedaan TOEIC dan TOEFL karena kedua tesnya berbeda. Jangan sampai tertukar, ini perbedaan TOEIC dan TOEFL yang wajib kamu ketahui!

Apa Itu TOEFL?

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan TOEIC dan TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui!

Sumber: Pexels

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dari seseorang yang bahasa utamanya bukanlah bahasa Inggris. Tujuan dari tes TOEFL ini adalah untuk keperluan lamaran kerja atau persyaratan bahasa Inggris di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.  Institusi pendidikan Amerika Serikat dan Kanada biasanya menggunakan tes ini. Makanya, bahasa yang digunakan dalam tes ini adalah bahasa Inggris Amerika atau American English

Jenis-Jenis TOEFL

Salah satu perbedaan TOEIC dan TOEFL adalah jenisnya. TOEFL memiliki jenis tes lebih banyak yang bisa kamu ikuti. Jenis-jenis TOEFL antara lain:

1. PBT (Paper-Based Test)

Paper-Based Test ini merupakan jenis TOEFL yang biasanya diselenggarakan oleh tempat les, institusi pendidikan atau lembaga bahasa khusus. Seperti namanya, tes ini soalnya dicetak di atas kertas. Biasanya tes ini berdurasi selama 3-4 jam yang terdiri dari listening, structure & written expression, reading comprehension dan writing.

2. iBT (Internet-Based Test)

Jenis tes TOEFL ini menggantikan computer-based dan paper-based test. Format soalnya sama dengan paper based namun tanpa sesi structure. Biasanya iBT TOEL ini menjadi salah satu persyaratan bahasa Inggris universitas di luar negeri.

3. CBT (Computer-Based Test)

Tes TOEFL ini pertama kali dikenalkan tahun 1998 sebagai alternatif format PBT. Durasi total pengerjaannya sekitar 4 jam dan pertanyaannya tidak bisa diulang bila tertinggal. Sayangnya jenis TOEFL ini kurang populer dibandingkan PBT dan iBT TOEFL.

4. ITP (Institutional Testing Program)

Buat kamu yang mau berlatih sebelum mengikuti PBT atau iBT, tes IPT ini bisa jadi pilihannya. Soal yang diujikan berpatok pada mode soal internasional. Biaya mengikuti TOEFL ini juga paling murah dari pada jenis tes TOEFL lainnya.

Apa Itu TOEIC?

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan TOEIC dan TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui!

Sumber: Pexels

Test of English for International Communication (TOEIC) merupakan tes berbahasa Inggris yang dikembangkan pada 1979. Sama seperti tes TOEFL, tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris pada level tertentu.  Tujuan dari TOEIC dijadikan persyaratan di dunia kerja atau sedang mengambil bagian dalam globalisasi. Biasanya tes ini dilaksanakan di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris seperti negara Asia contohnya Jepang, Korea, Cina dan lain-lain.

Bagi perusahaan, biasanya TOEIC dijadikan untuk perekrutan dan mengukur kemampuan bahasa Inggris calon karyawan juga sebagai syarat naik jabatan. Bahkan perusahaan-perusahaan tertentu telah merancang program pelatihan TOEIC bagi karyawan, lho! Selain menjadi tolok ukur di perusahaan, instansi pemerintahan juga mengguankan TOEIC dengan tujuan yang sama.

Perbedaan TOEIC dan TOEFL

Tujuan dari TOEIC dan TOEFL ini sebenarnya adalah mengukur kemampuan bahasa Inggris. Namun, meskipun sama, ternyata ada perbedaan TOEIC dan TOEFL yang harus diketahui supaya kamu nggak tertukar. Apa saja perbedaannya? Simak selengkapnya berikut ini!  

Tujuan Tes

Meski sama-sama tes yang menguji bahasa Inggris, ternyata tujuan TOEIC dan TOEFL berbeda, lho. Biasanya TOEFL bertujuan untuk yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah di luar negeri baik memenuhi persyaratan bahasa Inggris atau beasiswa. Bagaimana dengan TOEIC? Tes ini untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di lingkungan kerja. Sekarang kamu jadi tahu kan, kalau untuk keperluan pemenuhan persyaratan bahasa Inggris kuliah maka kamu butuh TOEFL. Kalau untuk memenuhi persyaratan masuk kerja atau naik pangkat di perusahaan maka TOEIC adalah pilihan yang tepat. 

Format Tes

Perbedaan TOEFL dan TOEIC lainnya adalah format tesnya. Untuk tes TOEFL terdiri dari 4 sesi yakni reading, speaking, listening dan writing. Biasanya waktu tes TOEFL ini memakan waktu selama 4 jam. Pembagian sesi ini bertujuan untuk mengukur keterampilan bahasa Inggris yang sudah kamu kuasai. Sedangkan TOEIC hanya terdapat 2 sesi yakni reading dan listening. Karena sesinya lebih sedikit, durasinya tentu lebih pendek yakni 2 jam. Bahkan karena sesinya lebih sedikit, tes ini lebih mudah dari pada tes TOEFL.

Isi Tes

Karena tujuan dan format tes dari TOEFL dan TOEIC berbeda, tentu saja isi tes keduanya berbeda. Biasanya, isi tes untuk TOEFL ini topiknya lebih kepada seputar bidang akademik dan lebih spesifik pada kehidupan perkuliahan yang nanti akan kamu hadapi. Makanya, di dalam tesnya banyak membahas tentang ekonomi, sejarah, sosial dan lain-lain. Pembahasannya juga membahas seputar kehidupan sehari-hari juga aktivitas dalam kelas dan organisasi. Jadi, jangan heran kalau di soal TOEFL nanti kamu banyak menemukan soal yang berhubungan dengan akademik.

Lain cerita dengan isi tes TOEIC, karena untuk masuk kerja atau naik pangkat di perusahaan, isi soalnya banyak membahas tentang dunia kerja. Misalnya untuk presentasi di kantor atau untuk klien juga permasalahan pada saat meeting. Tujuannya sangat berbeda, bukan? Jadi jangan sampai salah memilih tes apalagi persiapannya, ya!

Score TOEIC dan TOEFL

Perbedaan TOEIC dan TOEFL juga bisa kita lihat dari score, lho. Kalau tes TOEFL, tentunya beda jenisnya beda juga scorenya. Untuk tes TOEFL CBT, score maksimumnya adalah 300 sedangkan untuk jenis PBT, top skor nya jatuh pada 677, terakhir untuk iBT TOEFL  score maksimumnya adalah 120. Biasanya iBT TOEFL menjadi persyaratan Bahasa Inggris untuk masuk kuliah di luar negeri dengan score minimum 109-120. Sedangkan untuk PBT, minimum skornya adalah 500-550.

Berbeda dengan score untuk TOEIC, score yang akan kamu dapatkan berkisar 5 sampai 990. Untuk keperluan masuk perusahaan atau naik pangkat, minimum score yang harus kamu raih minimal 700.

Siap untuk TOEIC dan TOEFL?

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan TOEIC dan TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui!

Sumber: Pexels

Kini kamu pun tahu apa perbedaan TOEIC dan TOEFL, kan? Nggak ada kata nggak lulus dalam tes ini, yang ada hanya mengukur kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Kalau sudah tahu perbedaan keduanya, kamu bisa mempersiapkan diri dengan matang misalnya dengan banyak membaca jurnal, mendengarkan podcast atau menonton tayangan dalam bahasa Inggris.

Jika kamu ingin ikut tes TOEFL untuk menempuh persyaratan kuliah di luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dulu dengan SUN Education. Kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di SUN English supaya kamu bisa mencapai score yang kamu mau. Tunggu apalagi, segera asah kemampuan berbahasa Inggris kamu supaya bisa mencapai score yang kamu inginkan!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

 

Tinggalkan Balasan