Ingin Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris? Coba Tips Berikut Ini!
28 Juni 2019
speaking english alone
Berlatih Bicara Bahasa Inggris Tanpa Lawan Bicara, Caranya?
1 Juli 2019

Jejak Albert Einstein di Glasgow University

einstein

Sumber: gettyimages

Fisikawan terkemuka Albert Einstein ternyata pernah menerima sebuah gelar kehormatan dari Glasgow University pada tahun 1933.

“Cerdas” atau “jenius” barangkali adalah kata-kata yang pertama kali terpikirkan oleh kita ketika mendengar nama Albert Einstein. Laki-laki yang lahir di kota Ulm, Wuttenberg, Jerman pada tahun 1879 ini merupakan seorang matematikawan dan fisikawan yang terkenal hingga saat ini. Berkat sumbangannya dalam ilmu fisika, khususnya mekanika dan kosmologi, ia bahkan disebut-sebut sebagai ilmuwan terbesar abad ke-20. Meski lahir di Jerman, Einstein wafat di New Jersey dengan status warga negara Amerika Serikat.

einstein at glasgow

Sumber: Glasgow University

Nama Einstein mulai dikenal secara luas sejak mengemukakan teori relativitas pada tahun 1905 dengan rumus terkenal E=mc². Meski teori relativitas membuat nama Einstein melejit dan mengalahkan ketenaran ilmuwan-ilmuwan lainnya, Einstein tidak mendapatkan penghargaan nobel untuk hal tersebut. Einstein justru menerima penghargaan nobel fisika untuk penjelasannya mengenai efek fotolistrik pada tahun 1921.

Pada masa remajanya, Einstein sempat dinilai sebagai anak yang ‘lambat’ dalam hal akademis. Belakangan, hal tersebut diketahui erat kaitannya dengan struktur yang tidak biasa pada otak Einstein (berdasarkan penelitian yang dilakukan setelah ia wafat). Hanya saja, kelainan struktur tersebut pulalah yang menjadikan ia berpikir dan mengembangkan sesuatu secara lebih mendalam dibandingkan anak-anak lain. Dengan kata lain, struktur otak yang berbeda tersebutlah yang membuat Einstein menjadi “jenius”.

einstein at glasgow

Sumber: Glasgow University

Sumbangan Einstein terhadap ilmu pengetahuan membuat ia banyak dianugrahi penghargaan keilmuan dari seluruh dunia. Salah satu penghargaan berupa gelar kehormatan yaitu LLD (Doctor of Laws) pernah dianugrahkan kepada Einstein oleh Glasgow University pada tahun 1933. Einstein dinominasikan untuk penghargaan tersebut pada tahun 1932 dan ia menuju ke Glasgow untuk menerimanya pada Juni 1933. Selain untuk menerima gelar tersebut, Einstein juga memberikan kuliah umum pertama Gibson Lecture in History of Mathematics.

Glasgow University merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang terletak di Glasgow, Skotlandia. Universitas ini mengadakan Gibson Lecture, sebuah wadah kuliah umum, untuk mengenang seorang profesor matematika di universitas tersebut, George Gibson. Pada tahun 1933 Gipson Lecture menghadirkan Albert Einstein sebagai pembicara pertamanya. Einstein menyampaikan kuliah mengenai relativitas umum serta sejarah karya ilmiahnya di depan sekitar 1500 peserta.

einstein at glasgow

Sumber: Glasgow University

Selain pernah dianugrahi gelar kehormatan dan menyampaikan kuliah, Einstein juga pernah mengirimkan surat yang dialamatkan kepada Mr. J. F. Dick di Men’s Union, Glasgow University. Surat yang ditulis pada Oktober 1847 tersebut berisi penolakan Einstein untuk dijadikan kandidat rektor di Glasgow University. Hal tersebut menunjukkan bahwa Glasgow University pernah meminta Einstein untuk menjadi kandidat rektor di universitas tersebut.

Dokumentasi momen kehadiran Einstein di Glasgow University kini menjadi salah satu arsip spesial di universitas tersebut. Baik foto-foto, skrip penyampaian kuliah Einstein pada Gibson Lecture, hingga surat penolakan Einstein tersebut tersimpan dengan baik dan rapi. Itu semua menjadi bukti yang menunjukkan bahwa ilmuwan fenomenal tersebut pernah menginjakkan kaki di Glasgow University.

Comments are closed.