8 Jurusan Sains Paling Unik di Dunia, Ada yang Tertarik?
8 Jurusan Sains Paling Unik di Dunia, Ada yang Tertarik?
27 Agustus 2021
Ternyata Segini Biaya Hidup di Kanada, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!
Ternyata Segini Biaya Hidup di Kanada, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!
29 Agustus 2021

Sebelum Tes TOEFL, Inilah Jenis dan Jumlah Soal TOEFL yang Wajib Kamu Tahu!

Jangan Kaget, Ini Biaya Tes TOEFL ITP yang Harus Kamu Tahu!

Sumber: Pixabay

Tes Test Of English As a Foreign Language atau TOEFL menjadi salah satu persyaratan untuk universitas luar negeri hingga melamar pekerjaan. Apalagi untuk yang ingin kuliah di luar negeri, bisa saja kamu gagal cuma karena tidak memenuhi syarat bahasa Inggris. Makanya, banyak sekali calon mahasiswa yang mengikuti kursus bahasa Inggris khusus mempersiapkan diri sebelum menghadapi tes TOEFL. Saat kamu mengikuti kursus ini, kamu akan dikenalkan jenis-jenis tesnya, waktu untuk mengerjakan tes hingga jumlah soal TOEFL setiap section-nya. Biar kamu makin siap sebelum menghadapi tes TOEFL, yuk, intip jenis, waktu dan jumlah soal TOEFL berikut ini!

Jenis-Jenis Tes TOEFL

Sebelum Tes TOEFL, Inilah Jenis dan Jumlah Soal TOEFL yang Wajib Kamu Tahu!

Sumber: Pixabay

Ada tiga jenis tes TOEFL yang diakui. Pertama adalah Paper Based Test (PBT) TOEFL. Tes TOEFL ini menggunakan lembaran-lembaran kertas soal dan lembar jawaban juga diisi dengan pensil 2B. Materi yang diujikan merupakan Listening, Structure, dan Reading. Kedua adalah Computer Based Test (CBT) TOEFL. Rentang skor yang didapatkan dalam PBT TOEFL berkisar antara 310 sampai 677 dengan waktu tes 2 sampai 2,5 jam. 

Seperti namanya tes TOEFL ini bukan lagi menggunakan kertas melainkan komputer. Di Indonesia sendiri tes ini kurang populer karena banyak yang masih menggunakan PBT-TOEFL. Materi yang diujikan dalam CBT TOEFL sendiri antara lain adalah Listening, Structure, Reading dan Writing. Skornya berkisar antara 30 sampai 300 dengan waktu tes 2 sampai 2,5 jam.

Jenis tes TOEFL yang ketiga adalah Internet Based (iBT) TOEFL. Jenis tes ini juga sering disebut Next Generation TOEFL karena merupakan jenis tes TOEFL yang paling baru. Tes TOEFL ini berbasis internet sehingga peserta akan mengerjakannya berbasis daring. Materi yang diujikan adalah Listening, Speaking, Writing, dan Reading. Untuk persyaratan Bahasa Inggris kampus luar negeri sering banget menggunakan iBT TOEFL ini. Dibandingkan tes TOEFL yang lain, iBT TOEFL memiliki rentang skor 8 sampai 120 dengan waktu tes hingga 4 jam.

Jumlah Soal TOEFL dan Waktu Pengerjaan

Sebelum Tes TOEFL, Inilah Jenis dan Jumlah Soal TOEFL yang Wajib Kamu Tahu!

Sumber: Pixabay

Dalam mengerjakan tes TOEFL ada empat bagian yang diuji yakni Listening, Structure and Written Expression, Reading Comprehension dan Test of Written English. Setiap bagian ini memiliki jumlah soal TOEFL dan waktu yang berbeda. 

Pada bagian Listening, kamu akan diuji kemampuan mendengarkan percakapan atau pidato pendek bahasa Inggris. Biasanya bagian ini memiliki jumlah soal TOEFL sebanyak 50 dengan waktu 40 menit. Untuk Structure and Written Expression adalah bagian yang menguji tatanan bahasa dan ungkapan yang biasa digunakan. Kamu akan menghadapi 40 soal dengan waktu 25 menit.

Setelahnya lanjut ke bagian Reading Comprehension dimana kamu harus memahami berbagai jenis bacaan. Waktu yang diberikan lebih lama yakni 55 menit dengan jumlah soal 50. Terakhir adalah Test Written English yang akan menguji kemampuanmu dalam menulis esai bahasa Inggris. Jumlah soalnya cuma satu dan kamu diberi 30 menit untuk menyelesaikannya. Dengan ini, jumlah soal TOEFL yang akan kamu kerjakan adalah 141 dengan waktu 2 jam 30 menit. 

Langkah-Langkah yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengerjakan TOEFL

Sebelum Tes TOEFL, Inilah Jenis dan Jumlah Soal TOEFL yang Wajib Kamu Tahu!

Sumber: Pexels

Yang perlu kamu perhatikan sebelum mengikuti tes TOEFL adalah waktu pelaksanaannya. Biasanya tes TOEFL diadakan di bulan April, Mei, Oktober, November dan Desember. Kamu tinggal pilih waktu mana yang cocok dengan jadwal mu sehingga kamu bisa melakukan persiapan misalnya dengan mengikuti kursus bahasa Inggris.

Setelah tahu kapan, kamu harus mengetahui untuk apa tes TOEFL ini kamu ikuti. Misalnya untuk persyaratan masuk bahasa Inggris universitas di luar negeri. Perhatikan batas minimum skor TOEFL-nya jadi kamu bisa mempersiapkan diri sehingga hasil skor kamu tidak kurang. Jangan lupa untuk terus berlatih untuk mengukur kemampuanmu dalam mengikuti tes ini.

Sebaiknya kamu belajar persiapan tes TOEFL dengan yang berpengalaman supaya kamu tahu bagian mana yang harus kamu perbaiki atau pertahankan demi mendapatkan skor TOEFL yang diinginkan. Tetap semangat dan pantang menyerah, semoga kamu sukses ikut tes TOEFL, ya! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Tinggalkan Balasan