University of Liverpool
University of Liverpool Buka Program Master The Beatles, Minat Daftar?
15 Juli 2021
visa pelajar malaysia
Punya Visa Pelajar Malaysia? 7 Destinasi Indah dan Unik Ini Menunggumu!
16 Juli 2021

Jenis-jenis Akomodasi di Belanda, Mahasiswa Internasional Wajib Tahu!

jenis jenis akomodasi di Belanda

Sumber: Freepik

Sebagai calon mahasiswa internasional, menemukan tempat tinggal yang tepat akan berdampak besar pada pengalaman pendidikanmu secara keseluruhan. Untuk mahasiswa internasional di Belanda, mencari akomodasi sebaiknya segera dilakukan begitu kamu menerima surat penerimaan dari universitas, karena proses pencarian ini bisa jadi sedikit tricky. Fret not, berikut adalah ulasan jenis jenis akomodasi di Belanda beserta kisaran harganya. 

jenis jenis akomodasi untuk mahasiswa

Sumber: Pexels

Akomodasi adalah salah satu hal krusial yang harus kamu urus sebelum berangkat. Jadi, pastikan kamu memiliki tempat tujuan begitu sampai di sana, ya! Sebelum langsung mulai cari-cari akomodasi, ada baiknya kamu mengetahui dulu berbagai pilihan akomodasi yang cocok untuk mahasiswa.

 

Jenis Jenis Akomodasi di Belanda

Akomodasi Dalam Kampus

Tak seperti kebanyakan negara Eropa, Belanda pada dasarnya tidak memiliki tradisi akomodasi di dalam kampus. Memang ada beberapa universitas, yang memiliki banyak kampus, yang menawarkan fasilitas asrama bagi mahasiswanya. Misalnya, University of Twente

Universitas ini menyediakan 300 kamar untuk mahasiswa internasional. Setiap kamarnya diperuntukkan bagi satu orang mahasiswa. Asrama ini dilengkapi fasilitas dapur, kamar mandi bersama, dan binatu di setiap lantai. 

Asrama kampus

Sumber: utwente.nl

Biaya sewanya tergantung luas kamar dan fasilitas yang disediakan. Sebuah kamar di  ‘Calslaan Old’ dengan fasilitas bersama yang dapat digunakan 12 orang dikenakan biaya sewa €350-450 per bulan. Sedangkan biaya sewa kamar di ‘Calslaan New’ adalah dua kali lipatnya, yaitu €600-700 per bulan. Hal ini dikarenakan kamarnya lebih luas, dan fasilitas bersama hanya dipakai untuk 4-8 orang.

  

Akomodasi Luar Kampus

Di Belanda, sebagian besar mahasiswa internasional tinggal di dalam atau di dekat kota tempat kampus mereka berada. Sebagian besar universitas akan menawarkan bantuan pencarian akomodasi bagi mahasiswa internasional yang mengikuti program sarjana atau pascasarjana. Mereka biasanya bekerja sama dengan agen properti yang akan mencarikan  dan menyediakan akomodasi di luar kampus, biasanya berupa apartemen atau flat.

Akomodasi di Luar Kampus

Sumber: Unsplash

Mahasiswa bisa menyewa kamar single atau unit yang lebih besar yang dilengkapi fasilitas dapur dan wifi. Biaya sewa per bulan berkisar antara €420 untuk kamar single atau berdua, sedangkan biaya sewa untuk studio berkisar antara €550 – €700. Sebagai catatan, biaya akomodasi di kota-kota besar seperti Amsterdam tentunya lebih tinggi ketimbang kota lainnya. 

 

The Student Hotel

Mahasiswa yang tinggal di Amsterdam, Rotterdam, Liège atau The Hague dapat menyewa kamar berperabot lengkap di The Student Hotel. Di sini, kamu akan dapat menikmati berbagai fasilitas seperti perpustakaan, lounge, dapur, dan layanan catering. Karena fasilitasnya lebih lengkap, tentu biayanya pun jauh lebih mahal daripada pilihan akomodasi lainnya yang sudah kami uraikan di atas.

The Student Hotel

Sumber: thestudenthotel.com

Kamu dapat memesan kamar atau suite per malam, atau untuk satu semester, maupun satu tahun. Biaya sewa per malam mulai dari €50, sedangkan biaya per semester mulai dari €595. Pemesanan kamar bisa dilakukan via online di website The Student Hotel

 

Menyewa Akomodasi Sendiri

Di Belanda juga terdapat apartemen yang dapat disewakan bagi mahasiswa internasional. Namun karena biasanya mereka memprioritaskan warga lokal, harga sewa untuk mahasiswa internasional pun lebih tinggi.

jenis jenis akomodasi

Sumber: Pexels

Biaya sewa apartemen di Amsterdam berkisar antara €300-€600 per bulan, tergantung ukuran dan lokasi apartemen. Biaya itu sudah termasuk koneksi internet, air, listrik, dan lain-lain. Rata-rata biaya sewa kamar di Utrecht adalah sekitar €350 per bulan, sedangkan di Eindhoven sekitar €320. Sementara itu, biaya sewa di Rotterdam mulai dari €385 per bulan.

 

Pertimbangkan Hal Berikut Saat Memilih Akomodasi

  • Biaya bulanan
  • Jarak dari lingkungan universitas
  • Ukuran kamar dan fasilitas
  • Keamanan lingkungan
  • Pemilik apartemen yang adil
  • Kedekatan dengan kota dan tempat hiburan
  • Pilihan transportasi

 

Biaya Hidup di Belanda 

menghitung biaya hidup

Sumber: Pexels

Pengeluaran bulanan mencakup makanan, transportasi umum, buku, biaya akomodasi, dan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara dan mahasiswa internasional di Belanda. Umumnya, pelajar menghabiskan sekitar 1,800 – 2,000 per bulan. Untuk menghemat biaya hidup, mahasiswa bisa memanfaatkan keuntungan diskon pelajar untuk pembelian tiket bioskop, makanan di bar dan restoran, serta tiket masuk museum yang bisa kamu dapatkan dengan menunjukkan kartu tanda mahasiswa. Rincian biaya hidup terurai dalam tabel berikut: 

Jenis Biaya Nominal
Biaya hidup bagi single/pelajar (wajib) €1,800 – €2,000
Biaya hidup untuk yang berkeluarga €2,060
Biaya kuliah €6,000 – €50,000
Biaya akomodasi €300 – €350 per bulan 
Biaya belanja bulanan (termasuk makan) €80 – €100 per bulan 
Biaya transportasi €40 – €100 *untuk transportasi publik
Biaya komunikasi/internet €30 per bulan

 

Itu dia jenis jenis akomodasi yang tersedia di Belanda. Masih bingung dan ragu soal pemilihan tempat tinggal? Kamu bisa juga menanyakan ke tim SUN Education yang akan siap membantumu, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Tinggalkan Balasan