Kuliah di University of Utah, Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu!
Kuliah di University of Utah, Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu!
7 September 2021
Promo_VirtualInternship
Virtual Internship
8 September 2021

Penting, Kamu Harus Tahu Tentang Aplikasi Visa Australia Ini!

Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aplikasi Visa Australia

Sumber: Pexels

Australia merupakan salah satu negara yang berbatasan dengan Indonesia. Tak heran, banyak warga Indonesia yang sering mengunjungi negara ini. Kunjungan biasanya pun bermacam-macam, mulai dari wisata hingga pendidikan. Yap, Australia menjadi salah satu surganya pendidikan tinggi bagi pelajar Indonesia. Universitas-universitas terbaik seperti Monash University, UNSW dan banyak lagi sering menjadi tujuan untuk melanjutkan studi. Sebelum mengunjungi negeri kangguru ini, tentunya kamu harus membuat visa. Membuat visa Australia sendiri bisa kita bilang susah-susah gampang. Nah, biar kamu nggak salah saat mengajukan permohonan visa, intip hal-hal yang perlu kamu ketahui soal aplikasi visa Australia berikut ini!

Ketahui Dulu Tipe Aplikasi Visa Australia

Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aplikasi Visa Australia

Sumber: Pexels

Sebelum melakukan aplikasi visa Australia, kamu harus memilih tipe visa yang ingin kamu ingin ajukan. Ada beberapa jenis visa yang tersedia sesuai dengan keperluan kamu di Australia. Jika kamu datang untuk mengunjungi keluarga atau keperluan scouting universitas, maka pilih jenis visa visit and tourism. Biasanya visa ini berdurasi hingga 3 bulan lamanya. Nah, kalau kamu akan belajar di sana, maka kamu harus membuat visa pelajar. 

Jenis visa ini untuk keperluan liburan atau menghadiri seminar. Jenis visa lainnya adalah untuk keperluan pekerjaan, bergabung dengan keluarga yang sudah menjadi warga negara Australia, visa untuk tinggal lebih lama di Australia, dan untuk keperluan pengungsian dan program kemanusiaan.

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum apply

Jangan lupa saat berencana mengunjungi Australia, biasakan untuk menunggu sampai visa terbit baru membeli tiket. Memang, membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari akan menghemat ongkos, tapi belum tentu visa kamu sudah terbit sesuai atau sebelum jadwal penerbangan. Kamu tidak akan bisa mengubah tanggal visa atau tiket pesawatnya. Memang akan lebih mahal bila membeli tiket pesawat dekat dengan penerbangan, namun hal ini akan meminimalisir kesalahan dan tidak akan buang-buang waktu lagi.

Jenis-Jenis Visa Studi

Visa pelajar Australia juga terbagi dalam beberapa jenis lagi. Jenis-jenisnya tergantung untuk kepentingan pelajar ke Australia dan waktu kunjungannya. Apa saja jenis-jenisnya?

  1. Visa Pelajar (subkelas 500)

Aplikasi visa Australia ini ditunjukan untuk siswa yang ingin melanjutkan program pendidikan full time. Visa ini baru bisa kamu terima jika kamu sudah terdaftar di perguruan tinggi atau institusi pendidikan yang sudah diakui pemerintah Australia.

Bagaimana kalau kamu baru pertama kali belajar di Australia dan di bawah umur 18 tahun? Tenang, pemerintah Australia punya kebijakan sendiri. Kamu akan diminta memberikan persyaratan tambahan untuk mendapatkan visa ini.

  1. Visa Wali Pelajar (subkelas 590)

Nah, untuk kamu yang akan memulai perkuliahan dan di bawah umur 18 tahun, kamu juga harus mememiliki wali saat tinggal dan melanjutkan studi di Australia. Jenis visa inilah yang akan diberikan untuk wali dari pemegang visa pelajar di Australia yang berusia di bawah 18 tahun. Visa ini akan diberikan kepada orang tua, keluarga atau kerabat kamu.

  1. Visa Pelatihan (subkelas 407)

Belum mau kuliah, tapi kamu mau mengikuti pelatihan untuk menambah skill kamu? Visa inilah yang harus kamu ajukan! Tapi, pelatihan yang dimaksud harus berupa pelatihan di bidang kerja, bidang studi lanjutan atau bidang pada keahlian tertentu. Biasanya durasi dari visa ini akan lebih singkat dibandingkan buat mahasiswa yang kuliah full time di Australia.

Aplikasi Visa Australia untuk Pelajar

Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aplikasi Visa Australia

Sumber: Pexels

Untuk mengajukan aplikasi visa Australia untuk pelajar ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi. Secara umum persyaratannya seperti ini:

  1. Telah terdaftar di program studi tertentu di lembaga pendidikan di Australia dan menyertakan bukti berupa Confirmation of Enrolment (CoE)
  2. Wajib memiliki Welfare Arrangement yang memadai kalau kamu berusia di bawah 18 tahun.
  3. Telah memenuhi persyaratan bahasa Inggris.
  4. Telah memiliki Asuransi kesehatan
  5. Memiliki dana yang cukup untuk tinggal dan melanjutkan studi di Australia
  6. Merupakan pendatang sementara yang akan kemali ke negara asal setelah selesai proses studi.
  7. Memenuhi Character Requirement dan Health Requirement.
  8. Jika kamu sudah berkeluarga, kamu dapat mendaftarkan pasangan dan anak tanggungan sewaktu mendaftar visa.

Ketentuan Visa Pelajar Australia

Jika memiliki visa pelajar ke Australia, kamu berhak untuk:

  1. Belajar di program yang telah memenuhi persyaratan di Australia
  2. Melakukan perjalanan ke dalam dan luar Australia
  3. Bekerja hingga 40 jam setiap dua minggu setelah pendidikan dimulai

Ada juga persyaratan supaya visa pelajar yang kamu milki tetap berlaku, antara lain:

  1. harus tetap terdaftar dan mempertahankan kemajuan studi dan kehadiran yang memuaskan
  2. mengajukan uang visa jika kamu ingin mengubah tingkat kualifikasi
  3. wajib menyerahkan alamat tinggal kepada pihak institusi dan memberi tahu terjadi perubahan alamat
  4. tidak melanggar ketentuan kerja yang berlaku untuk visa pelajar

Proses Aplikasi Visa Australia

Kira-kira proses pengajuan aplikasi visa Australia untuk pelajar adalah sebagai berikut.

  1. Kamu harus mendaftar dan mendapatkan Letter of Offer dari universitas tersebut.
  2. Karena proses pengajuan aplikasi visa Australia untuk pelajar ini banyak yang harus kamu siapkan, sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan SUN Education supaya bisa berhubungan langsung dengan pihak universitas supaya mengambil alih pengurusan visa.
  3. Mendapatkan Letter of Offer supaya pihak universitas bisa menerbitkan Certificate of Enrollment yang menjadi salah satu syarat pengajuan visa Australia
  4. Mengumpulkan dan menyerahkan dokumen persyaratan, membuat janji, dan melakukan proses pembuatan visa.

Dokumen untuk berkas pengajuan aplikasi visa Australia ini wajib kamu lengkapi karena jika tidak, kamu harus mengubah janji temu lagi. Jadi, pastikan semua berkasnya siap, ya!

Informasi Penting Terkait Covid-19 di Australia

Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aplikasi Visa Australia

Sumber: Pexels

Sehubungan dengan pandemi Covid-19, semua pusat aplikasi visa Australia, Pusat pengumpulan biometrik Australia, dan pusat panggilan ditutup sementara hingga pemberitahuan berikutnya. Border Australia memang masih ditutup, namun pelajar masih bisa diajukan. Visa ini bisa kamu gunakan saat akan berangkat ke Australia tanpa perlu mengajukan lagi. 

Mengajukan aplikasi visa Australia memang sedikit memusingkan, makanya penting banget kamu konsultasikan dulu dengan SUN Education supaya pengurusan visa bisa lebih lancar. Selain mengurus visa pelajar, SUN Education juga bisa membantumu mencari tempat tinggal selama berkuliah di Australia. Sebelum berangkat kuliah juga ada Pre-Departure Briefing yang makin membuat kamu siap berkuliah di sana. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Tinggalkan Balasan