Cek Nih, Bocoran Rata-Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi di PTN
29 Juli 2021
Trik Jitu Mendapatkan IELTS Listening Score yang Maksimal
31 Juli 2021

Kartu Sakti untuk Pembayaran Beragam Transportasi di Singapore

Sumber: unsplash.com

Jika kamu ada rencana untuk berkunjung ke Singapore, sangat disarankan untuk lebih banyak menggunakan transportasi umum demi menekan biaya. Nah, tahukah kamu terdapat kartu yang menjadi andalan warga lokal dalam menggunakan transportasi di Singapore, baik untuk pulang pergi ke kantor atau sekadar jalan-jalan di tengah kota.

Sebagai negara maju dengan kecanggihan teknologi, mayoritas warga Singapore sudah menerapkan sistem pembayaran secara non-tunai atau cashless dalam keseharian. Termasuk dalam menggunakan transportasi. Di Singapore sendiri, dikenal 2 jenis kartu sakti yang bisa kamu gunakan untuk membayar transportasi umum seperti kereta Mass Rapid Transit dan Light Rail Transit, maupun bus umum. 

 

Penasaran apa kartu yang dimaksud, dan ingin tahu berapa harganya? Simak terus artikelnya, ya!

 

Ez Link

 

Jenis kartu yang pertama merupakan yang paling banyak digunakan untuk oleh warga lokal untuk kebutuhan pembayaran transportasi di Singapore. Selain dapat menghemat biaya perjalanan, kebutuhan mobilitas juga lebih gampang dan mudah. 

 

transportasi di singapore

Sumber: smartcard.com.sg

Alasannya, dengan kartu ini, mereka bisa langsung masuk ke moda transportasi tanpa harus repot mengantri untuk membeli tiket sekali jalan, baik untuk berpergian dengan kereta maupun bus umum. Karena, kamu cukup menempelkan kartu tersebut di gerbang masuk kereta, maupun di dalam bus, tanpa harus lagi menyiapkan uang receh.

Harga kartu Ez Link sendiri berkisar 12 SGD dengan isi saldo sebesar 7 SGD. Kamu bisa membelinya dan melakukan top up dengan mudah di hampir seluruh stasiun MRT yang ada di Singapore. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat, kartu ini tidak bisa dipakai jika saldonya kurang dari 3 SGD. Selain itu, kartu ini punya masa berlaku hingga 5 tahun. Artinya, kartu ini cocok banget buat kamu yang memang sering berkunjung ke Singapore atau memang sedang menetap di sana dan melanjutkan kuliah di Singapore.

 

Singapore Tourist Pass

Nah, kalo yang satu ini, kartu yang cocok banget kamu gunakan jika sedang tujuan wisata ke Singapore dan berencana mondar-mandir berkeliling ke berbagai lokasi. Sebab, kartu ini menawarkan bebas akses ke berbagai moda transportasi dalam jangka waktu tertentu tanpa batas.

 

transportasi di singapore

Sumber: lta.gov.sg

Harga kartu Singapore Tourist Pass bervariasi, mulai dari 10 SGD, 16 SGD,  dan 20 SGD untuk masing-masing 1 Day Pass, 2 Day Pass, dan 3 Day Pass. Harga tersebut belum termasuk biaya deposit sebesar 10 SGD yang bisa kamu refund begitu akan pulang ke Indonesia. Dengan menggunakan kartu ini kamu bisa bebas keluar masuk stasiun MRT dan mondar-mandir keliling kota menggunakan berbagai bus yang berbeda.

Karena kartu ini ditujukan bagi para turis mancanegara, kamu bisa membeli kartu Singapore Tourist Pass ini langsung begitu mendarat di Bandara Internasional Changi. Selain itu, kamu juga bisa membelinya di sejumlah stasiun MRT yang banyak menjadi tujuan wisata para turis, seperti di Orchard, Chinatown, Faffles, atau Bugis.

 

Beragam jenis transportasi di Singapore untuk wisata kota

 

Setelah kita membahas kartu pembayarannya, kita bahas juga transportasi di Singapore yang menjadi andalan warga maupun para turis. Mari kita fokus untuk transportasi umum saja, yuk!

 

Mass Rapid Transit

 

Sebagai transportasi favorit para warga Singapore dan turis, pengalaman berpergian menggunakan MRT memang sangat menyenangkan. Stasiun yang bersih dan dingin, papan penunjuk yang terpampang jelas, antrian yang tertib, serta kualitas kereta yang terjamin kebersihannya. Apalagi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta yang selalu on-time.

 

Sumber: lta.gov.sg

Rute MRT terbagi menjadi 5 jalur utama, yaitu Green Line dan Blue Line yang menjadi tujuan wisatawan, lalu ada  Yellow Line, Purple Line, dan Red Line. Sedikit tips bagi kamu yang hendak menggunakan MRT, persiapkan stamina dan menghitung waktu menuju stasiun ya. Alasannya, kebanyakan stasiun berada jauh di bawah tanah, sehingga menuntut kamu untuk naik dan turun tangga. Walaupun tentunya sudah tersedia eskalator maupun lift, ya!

 

Bus Kota

 

Sumber: klook.com

Moda transportasi favorit lainnya adalah menggunakan bus umum. Keunggulan menggunakan bus adalah rute jalurnya yang banyak melewati kota-kota tujuan utama para wisatawan. Artinya, sepanjang perjalanan kamu dapat menikmati megahnya kota Singapore dengan segala unsur modern di dalamnya. Gedung tinggi bertingkat, namun tetap mementingkan aspek hijaunya alam menjamin pengalaman kamu menggunakan bus umum di Singapore menjamin tak akan terlupakan.

 

Light Rail Transit

 

Sumber: mothership.sg

Moda transportasi yang satu ini mungkin kurang populer bagi para wisatawan karena jalurnya yang melewati daerah suburban. Biasanya warga lokal banyak menggunakan LRT untuk pulang menuju rumah mereka yang berada di pinggiran kota. Namun jika kamu ingin melihat bagaimana lingkungan tempat tinggal para warga lokal, bisa juga menyempatkan berkeliling menggunakan LRT.

 

Itu dia sekilas tentang jenis transportasi di Singapore yang menjadi andalan para warganya, serta kartu sakti sebagai metode pembayaran mereka. Dengan menggunakan kartu tersebut, selain dapat menekan biaya, setiap proses pembayaran juga lebih mudah dan cepat. Jadi, apa saja nih persiapan kamu sebelum berkunjung ke Singapore?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Comments are closed.