tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah
Tes Kepribadian Online untuk Memilih Jurusan Kuliah, Udah Coba?
14 Juni 2021
5 Alasan James Cook University Singapore Cocok untuk Melanjutkan Studi
15 Juni 2021

Kesempatan Kuliah S2 di Universitas Unggulan Kanada Pakai Beasiswa!

beasiswa s2 kanada

Sumber: Unsplash

Dari Kanada apa sih yang nggak menarik? Udara segarnya, pemandangan indah seperti di layar desktop, sampai pendidikan—semua dapat skor 100! Pemerintah negara ini memang sangat mengutamakan pendidikan dan alhasil, pendidikan mereka jadi tinggi kualitas. Dengan keunggulan dari berbagai sisi, Kanada jadi memiliki deretan universitas yang berhasil menduduki peringkat terkemuka dunia. Nggak sedikit lho calon mahasiswa S2 dari seluruh dunia yang ingin berkuliah di negara ini! Mereka, atau bahkan dirimu—banyak yang bersaing untuk mendapatkan perkuliahan terbaik bahkan nggak terkecuali beasiswa ke S2 Kanada.

Beasiswa adalah bentuk kemudahan finansial yang biasanya dikeluarkan oleh sekolah dan pendidikan tinggi, organisasi, atau sebuah badan. Jadi, jangan berkecil hati saat mencari beasiswa! Ada banyak jalan yang bisa kamu pilih. Selain dari institusi ataupun universitas, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkannya dari sumber lain, yaitu LPDP. LPDP atau singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini menyelenggarakan program beasiswa magister atau doktoral untuk putra-putri berbakat Indonesia bahkan pendanaan riset komersial maupun implementatif untuk mendorong inovasi.

beasiswa s2 kanada

Sumber: Freepik

Salah satu jenis beasiswa yang bisa kamu gunakan untuk berkuliah di Kanada melalui LPDP adalah Beasiswa Reguler. Beasiswa Reguler hanya memenuhi syarat bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1)  untuk beasiswa magister;  Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.

Untuk mendapatkan beasiswa ini persaingannya cukup sengit dan challenging. Banyak hal yang harus kamu persiapkan dan juga miliki agar berhasil mendapatkannya! Agar lebih jelas, berikut SUN merangkum beberapa fakta yang harus kamu ketahui untuk mendapatkan beasiswa LPDP tersebut:

1. Skema Beasiswa

Beasiswa ini adalah untuk jenjang pendidikan:

  1. Magister Program satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan
  2. Doktor, Program satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.

Jika kamu sudah punya dan mengunggah LoA Unconditional (Letter of Acceptance) atau surat diterima di perguruan tinggi tujuan dengan tanpa syarat, kamu wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam ataupun Luar Negeri sesuai dengan list Perguruan Tinggi LPDP. sebagai pendaftar beasiswa ini, kamu dapat memulai studi paling cepat September 2021 untuk tujuan Luar Negeri.

2. Komponen Biaya yang Diberikan

beasiswa s2 kanada

Sumber: Freepik

Bentuk biaya yang kamu dapatkan ada dua macam; Biaya Pendidikan dan Biaya Pendukung. Biaya Pendidikan meliputi biaya SPP/Tuition Fee, tunjangan buku, biaya Penelitian Tesis/Disertasi, biaya Seminar Internasional, dan biaya Publikasi Jurnal Internasional. Untuk Biaya Pendukung akan meliputi transportasi, aplikasi Visa/Residence Permit, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, sampai biaya keadaan darurat. Uwaah, hampir semuanya!

3. Persyaratan Beasiswa Reguler

Secara singkat, persyaratan untuk mendapatkan beasiswa S2 yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut:

– Warga Negara Indonesia;

– Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) 

– Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online;

– Menulis Personal Statement;

– Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi;

– Pendaftar jenjang Magister wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang – kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara dengan menunjukkan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.

– Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku seperti ETS, PTE Academic, atau IELTS, dengan ketentuan skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, atau IELTS™ 6,5.

FYI, LPDP membagi persyaratan tersebut ke dalam dua kelompok, yaitu Umum dan Khusus. Kamu harus aktif dalam mengecek dan memastikan kembali bahwa persyaratannya sudah sesuai serta kamu lengkapi ya!

Nah, itu dia fakta penting beasiswa S2 ke Kanada yang bisa kamu coba daftar dari LPDP! Jika memerlukan informasi lebih mengenai beasiswa, kamu juga bisa mengunduh aplikasi SUN Education Mobile App. Ada fitur ‘Beasiswa’ super lengkap dari negara dan universitas terbaik dunia yang bisa kamu lihat. Kamu jadi lebih mudah menggali informasi penting karena aplikasi ini bisa kamu akses kapan saja dan dimana saja!

Plus, sekarang kamu bisa mempersiapkan studi ke luar negeri secara matang dengan berkonsultasi kepada konsultan pendidikan internasional seperti SUN Education. Tim profesional SUN akan membantumu dari seluruh persyaratan dan kelengkapan—sampai dengan penyajian kemudahan informasi berupa artikel dan media interaktif E-Study Guide Book yang bisa kamu akses disini.

Tunggu apalagi? Yuk mulai persiapkan studi terbaik di luar negeri dan cari tahu informasi  beasiswa S2 di Kanada lainnya lewat SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.