cara mendaftar universitas luar negeri
Perhatikan 7 Langkah Cara Mendaftar Universitas di Luar Negeri Ini!
23 Februari 2021
Kuliah Gratis di Luar Negeri? Intip Cara Mendapatkan Beasiswa Disini!
24 Februari 2021

Menyelami Keunggulan Amerika Sebagai Destinasi Studi dalam Seminar “The Future of International Students in USA”

Amerika Serikat. Negara populer ini sudah kita kenal sebagai salah satunya dengan keberhasilan serta pengaruh yang sangat besar. Mulai dari kontribusi terhadap pendidikan kelas dunia, teknologi serta inovasi, hingga ekonomi yang pesat. Berbicara tentang pendidikannya, Amerika sudah dikenal tinggi kualitas. Pemerintah negara ini sangat menjamin kualitas pendidikan serta fasilitasnya karena hal tersebut merupakan elemen yang esensial. Nggak heran, ada banyak sekali pelajar internasional yang ingin menempuh studinya di negara ini. Bisa saja kamu yang sedang membaca ini juga merupakan salah satunya!

Sementara itu, seluruh dunia sedang ‘sama-sama’ menghadapi situasi yang disebut dengan pandemi. Mobilitas terbatas. Dampaknya luas kemana-mana. Yang berkecimpung dalam sektor pendidikan maupun para siswapasti merasakan efeknya! Nah, bagaimana dengan sektor pendidikan itu sendiri di Amerika? Apakah ada hal-hal yang berubah ataupun menyesuaikan? Bagaimana dengan kualitas pendidikan yang dimiliki? Luckily, INTO, salah satu education provider ternama berkolaborasi dengan SUN Education Group untuk menggelar seminar eksklusif tentang pendidikan Amerika secara virtual tanpa menghilangkan keseruan ‘vibes sharing’ sedikit pun!

Dokumentasi SUN Education Group.

Melalui acara “The Future of International Students in USA”, SUN Education Group berkesempatan untuk berbincang langsung dengan pembicara menarik Prof. Popy Rufaidah, SE, MBA, sebagai Atase Pendidikan KBRI USA. As a quick fact, Atase bisa dikatakan merupakan duta besar yang mengawasi siswa asal Indonesia yang sedang studi di Amerika. Dalam acara ini, pembicara melakukan sesi sharing dan diskusi bersama guest lainnya mengenai pendidikan di Amerika dan keadaannya di masa pandemi.

Seperti yang diketahui, beberapa negara yang terdampak tentunya langsung berinovasi untuk beradaptasi agar pendidikan tetap berjalan dengan baik. Salah satunya, Amerika! Melalui seminar “The Future of International Students in USA”, kamu bisa mengetahui seperti apa saja keunggulan negara tersebut sebagai destinasi studi dan bagaimana peran pendidikannya di masa pandemi. Berikut ini poin penting yang diangkat dalam sesi diskusi eksklusif tersebut:

Profesional dengan Adanya Atase

Kehadiran duta besar alias atase dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Mereka dapat meningkatkan kerjasama antar negara untuk pendidikan dan riset serta memperkenalkan Bahasa Indonesia sebagai identitas budaya yang berkarakter kepada seluruh warga negara Amerika. Dengan hal ini, pelajar asal Indonesia gak hanya merasa didukung tetapi keberadaannya juga mampu mengenalkan sisi terbaik yang Tanah Air sendiri miliki.

Teknologi yang Selalu Canggih

Dokumentasi SUN Education Group.

Udah bukan rahasia lagi kalau teknologi Amerika selalu canggih dan inovatif. Mereka memiliki tim peneliti dan proyek yang dikenal aktif dan terbuka pada hal baru. Bagi mereka, pendidikan akan selalu berkembang dan akan selalu ada hal baru yang dapat dieksplorasi. Spaces X dan Space Army? Itu baru beberapa yang menjadi kekhasan Amerika dalam sisi ‘inovatifnya’. Bahkan ada banyak bisnis terbesar dan terkenal di dunia yang merintis dari 0 dan terlahir dari negara ini.

Industri Maju

Dalam seminar “The Future of International Students in USA”, Prof Popy menjelaskan ada banyak industri maju yang berpengaruh di Amerika. Salah satunya dalam bidang Power, Utilities, and Renewable. Bidang ini bahkan diprediksi menjadi yang paling bergengsi untuk pelajar internasional karena kualitas bidang studinya. Karenanya, kebutuhan sumber daya dalam bidang Power, Utilities, and Renewable mulai semakin dibutuhkan di waktu mendatang.

Suportif dalam Pendidikan

Dokumentasi SUN Education Group.

Menyediakan banyak beasiswa plus sangat membimbing para pelajar dari segala aspek. Amerika tetap menduduki reputasi minat tertinggi karena banyaknya mahasiswa internasional yang sedang studi di negara tersebut. Tercatat, telah ada lebih 251,385 ribu siswa internasional dalam tahun ajaran Spring 2020. Apalagi, besarnya kesempatan beasiswa LPDP bagi S2 dan S3 juga sangat luas. Kamu yang ingin melanjutkan studi master serta doktoral bisa mengambil kesempatan emas ini! FYI, saat ini tercatat total penerima beasiswa LPDP adalah sejumlah 25,326 siswa dengan 7,275 yang masih menerima serta 11,767 alumni penerima.

Kualitas Pendidikan dalam Pandemi

Bagaimana pendidikan Amerika di masa pandemi? Satu kata: Profesional. Mengapa? Karena mereka tetap fight dalam memberikan perkembangan dengan beradaptasi. Penerapan protokol kesehatan mereka sangatlah ketat, jadi kamu gak perlu khawatir! Terlebih, universitas, konsulat jenderal, serta KBRI merupakan industri ataupun pihak yang penerapan protokol kesehatan dan concern-nya terhadap pelajar Indonesia di Amerika sangat besar. Bahkan berdasarkan informasi terbaru, pemerintah menginformasikan adanya percepatan pembukaan sekolah dan Juli diprediksi telah tuntas dalam vaksinasi. So, kebayang kan betapa bertanggung jawab dan pedulinya langkah yang diambil?

Nah, itu dia keunggalan besar Amerika sebagai destinasi studi yang bahkan telah menyiapkan berbagai hal di masa pandemi bagi pelajar! Meskipun disisi lain aman karena penjagaannya yang ketat, kamu juga harus ingat hal satu hal penting lagi. Berkuliah di Amerika membutuhkan mental kuat. Kamu wajib memiliki motivasi, daya juang, dan fokus yang baik. Hal ini dikarenakan kamu bakalan terjun menghadapi perbedaan karakteristik dalam lingkungan pembelajaran! Jadi, melalui seminar bermanfaat ini, kamu gak hanya memahami keunggulan Amerika sebagai destinasi studi. Tetapi kamu juga disiapkan dengan pemahaman berbagai hal serta tantangan yang bisa saja kamu hadapi nantinya.

Hingga penghujung acara “The Future of International Students in USA”, para peserta semakin bersemangat dengan adanya kesempatan mendengarkan Info Session dengan ruang diskusi serta tanya jawab mengenai jurusan, pilihan universitas di Amerika, hingga pendaftaran bersama tim SUN Education Group. Jika kamu sempat tertinggal acara ini, no worries! Kamu masih bisa bertanya langsung bersama konselor SUN Education melalui cabang SUN terdekat di kotamu ataupun online melalui SUN Education Mobile App yang bisa kamu download di AppStore dan PlayStore. 

Tim SUN Education Group maupun INTO berharap dengan adanya acara ini, pelajar internasional akan semakin percaya diri untuk ‘menembus’ Amerika sebagai destinasi studi. Kamu yang ingin mengetahui informasi tentang Amerika juga masih bisa mengakses melalui platform yang sangat mudah! SUN Education Group meluncurkan inovasi praktis E-Guide Book yang berisi informasi penting mengenai studi ke luar negeri. Fleksibel dan bisa kapan saja–kamu akan selalu memiliki waktu untuk mendapatkan informasi kredibel langsung dari konsultan pendidikan internasional yang terpercaya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.