jurusan ilmu komunikasi
5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jurusan Ilmu Komunikasi
19 Agustus 2020
jurusan psikologi ada di mana aja
Cari Tahu Yuk! Jurusan Psikologi Ada di Universitas Mana Saja
21 Agustus 2020

Keunggulan Menjadi Mahasiswa Jurusan dan Fakultas Sastra Inggris

fakultas sastra inggris

fakultas sastra inggris

Sering mendengar kalau jurusan dan fakultas Sastra Inggris tuh membosankan? Atau ucapan seperti “Kamu kuliah sasing? Apa bedanya sama bimbel Bahasa Inggris?” “Emang nanti kerjanya mau jadi apa?” “Belajar bahasa bosen gak sih?” dan masih banyak lagi kata-kata tidak bermutiara lainnya. Actually, kamu gak perlu sedih dan khawatir! Jurusan Sastra Inggris itu spesial banget loh. Sastra Inggris termasuk sesuatu yang ada, digunakan, dan bermanfaat bagi hidupterlebih penggunaannya tidak terbatas pada satu individu saja! Kamu tentu tahu kan cakupan Sastra Inggris luas; mulai dari banyak buku, seni, dan juga kebutuhan penting lainnya?

Sumber: Freepik

Nah, berbicara tentang bidang studi yang satu ini, kamu akan mempelajari mengenai isi, ciri artistik, estetika, keaslian teks atau tulisan karya Sastra Inggris. Tak hanya itu, kamu akan menghadapi pelajaran linguistik secara mendalam serta mengetahui secara langsung budaya Eropa, Inggris, hingga Amerika. Beberapa karya tokoh literatur seperti William Shakespeare, Jane Austen, Charles Dickens, dan Oscar Wilde akan sering kamu temui saat belajar nanti. FYI, sebagai mahasiswa jurusan dan fakultas Sastra Inggris, kamu juga dijamin berkesempatan mengasah kemampuan analisis saat memahami karya sastra, mengerti filosofi dan perumpamaan, dan tentunya punya peluang menciptakan karya sastra sendiri!

Kalau dilihat, banyak banget kan yang bisa kamu dapatkan dengan menempuh bidang studi ini? Dan lagi, itu baru beberapa, teman-teman! Untuk mengetahui keunggulan apa saja yang bisa kamu dapatkan sebagai mahasiswa jurusan dan fakultas Sastra Inggris, yuk simak beberapa poin dibawah ini:

Baca Juga : 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jurusan Ilmu Komunikasi

Mudah Menganalisa

Menganalisa buku dan novel sudah menjadi kegiatan kamu yang paling sering dalam perkuliahan. Hal inilah yang memberikanmu keunggulan karena kemampuan analisis mu tidak hanya berputar dalam buku saja. Kamu bisa menganalisis film mulai dari tema yang ringan sampai berat, film, puisi, maupun bacaan lainnya. Kamu juga terbiasa menganalisis masalah dan mencari jalan keluarnya. Kamu akan lebih kritis karena terus mengasah kemampuan dan kreativitas berpikirmu. Menarik kan?

Menyelami Sastra

Yup, ini sudah pasti. Kamu akan menyelami kesusastraan dan itu seru banget! Dengan mendalami sastra kamu akan memahami konsep dan beberapa istilah penting sastra seperti stanza, ironi, aliterasi, pembicara, dan juga bahasa kiasan. Selain itu, kamu akan menghadapi tugas atau pelajaran dalam karya sastra seperti menelusuri kisah cinta Romeo and Juliet—dimana sepasang kekasih jatuh cinta pada pandangan pertama dan keluarga mereka bermusuhan, karya William Shakespeare. Atau mungkin memeriksa bagaimana sastra periode Victoria ditulis selama Revolusi Industri di akhir abad ke-19 dan berbagai karya tulisan bersejarah lainnya.

Mengetahui Sejarah, Budaya, dan Politik Inggris dan Amerika

Sumber: Freepik

Dalam jurusan Sastra Inggris, ilmu pengetahuan dan pemikiranmu akan semakin kaya dan luas. Kamu akan mempelajari budaya, perilaku, politik, sejarah Inggris-Eropa-Amerika, termasuk sastra di negara-negara tersebut. Nantinya kalian akan mendapatkan mata kuliah “Manusia dan Kebudayaan Inggris”, dan disitulah akan dibahas berbagai hal mengenai budaya, politik, cara berpikir, dan masih banyak lainnya.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Sesuai dengan namanyadengan menempuh bidang studi ini, kamu akan sangat sering bertemu dengan Bahasa Inggris. Mulai dari kosakata baru, cara berkomunikasi, membaca teks berbahasa Inggris, mendengarkan percakapan atau film berbahasa Inggris untuk kebutuhan studi, sampai dengan karya sastra yang berbahasa Inggris. Melakukan hal ini secara berulang-ulang akan membuatmu familiar dengan bahasa tersebut hingga akhirnya memahami serta dapat terus diasah menjadi kemampuan yang maksimal.

Baca Juga : Intip Cara Kuliah Kedokteran di Luar Negeri Paling Esensial Disini!

Pilihan Karir yang Fleksibel

Siapa bilang lulusan Sastra Inggris hanya berprofesi sebagai guru atau tutor saja? Nope. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dibutuhkan dimanapun. So, banyak sekali lowongan pekerjaan terbuka lebar untuk para lulusan jurusan ini. Kamu bisa bekerja dalam berbagai posisi seperti Copywriter, Content Writer, Editor, Social Media, Journalist, Penulis Buku, dan masih banyak lainnya. Bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih juga tak terbatas dalam ‘konten tulis’ saja. Banyak sekali bidang lain yang bisa kamu coba seperti Public Relations ataupun Communication. Ingatlah, kemampuan Sastra Inggris selalu dibutuhkan dan bisa kamu bawa kemana saja. Jadi, semangatlah dalam menjalaninya ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.