biaya kuliah s2 di prancis
Mengintip Biaya Kuliah S2 di Prancis, Mahal Nggak Ya?
22 Oktober 2020
universitas terbaik di indonesia
Ini Dia 5 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2020
24 Oktober 2020

Keunggulan Sistem Pendidikan Luar Negeri yang ‘Bikin Beda’ dengan di Indonesia

Sumber: Unsplash

Kesempatan mengenyam pendidikan dengan kualitas terbaik adalah impian para pelajar di seluruh dunia. Pastinya, gak terkecuali dirimu! Beberapa dari kita ada yang ingin tahu, seperti apa seharusnya pendidikan yang berkualitas itu? Apa saja yang didapatkan? Sampai akhirnya banyak dari alasan tersebut mengerucut hingga memberikan satu jawaban, yaitu: pendidikan yang dari serangkaian ‘aspek’nya mampu mengubahmu dan membuat kemajuan jauh lebih baik dalam segala sisi. On that reason, pendidikan di luar negeri akhirnya menjadi pertimbangan solusi setelah membandingkannya dengan sistem pendidikan di Indonesia, a.k.a Tanah Air kita.

Sumber: Unsplash

Kuliah di luar negeri juga gak hanya sekadar pengalaman baru di tempat baru. Alasan utama yang sangat esensial adalah kualitas pendidikan mereka memang gak bisa diragukan. Yup! Ada banyak hal yang sangat mencolok dalam pendidikan di negeri luar jika dibandingkan dengan sistem pendidikan di Indonesia. Agar lebih jelasnya, yuk intip keunggulan sistem pendidikan di luar negeri yang ada di bawah ini!

Pendidikan Dini = Eksplorasi Sekitar

Beberapa sekolah dasar di Indonesia menuntut anak agar dapat langsung menulis, berhitung, maupun memberikan pembelajaran bersifat akademis lainnya. Meanwhile nih, pendidikan di luar negeri jauh lebih menekankan pada bermain, belajar berinteraksi, dan yang paling penting mengeksplorasi lingkungan sekitar. Dengan ajaran tersebut, harapannya mereka dapat berfokus untuk melatih perkembangan motorik serta respon sang anak. Sangat berbeda, bukan?

Masa Orientasi Sekolah yang Relevan

Pasti banyak yang familiar dengan satu ini! Masa Orientasi Sekolah atau ospek di Indonesia lumayan identik dengan hal-hal yang sebenarnya kurang relevan. Jika orientasi di Indonesia menganut sistem pengenalan yang seperti itu, di luar negeri seperti Amerika Serikat justru beda banget. Hampir seluruh universitas di luar negeri menggelar orientasi dengan cara yang lebih positif. 

Kamu justru bakalan diajak untuk berkeliling mengenali universitas dan pengajarannya. Beberapa aktivitas seperti seminar, kajian pengenalan sekolah dan kampus, atau bahkan games seru bisa menjadi jenis orientasi yang akan kamu hadapi nantinya. Apalagi, kamu gak hanya menyimak pengenalan kampus dan sekolah saja. Tetapi, ada juga pengumuman informasi penting terkait perkuliahan maupun universitas yang bakal kamu butuhin!

Pembelajaran dan Pengajaran Komprehensif

Ini sih udah jadi rahasia umum. Universitas luar negeri selalu punya caranya masing-masing dalam menawarkan pengalaman studi yang luar biasa bagi para siswanya. Banyak universitas berperingkat dunia yang menerapkan metode hands-on learning, menyediakan klub untuk pengembangan bakat dalam jurusan yang dipilih, hingga gaya pembelajaran yang diterapkan dalam kelas. Tenaga pengajarnya pun gak main-main loh! Mereka biasanya sudah memiliki jam terbang tinggi dan bahkan meraih reputasi maupun akreditasi yang sangat baik.

Sistem pembelajaran yang diterapkan dijamin bersifat interaksi aktif dan melibatkan satu sama lain. Kamu akan menghadapi assignment seperti paper, saling bersinggungan dengan mahasiswa lain dan dosen melalui diskusi, seminar, dan juga praktikum. Gak hanya itu, banyak juga universitas menyediakan organisasi, hub, atau platform sendiri dimana kamu bisa bergabung untuk menggunakannya dalam mengasah kreativitas untuk berkreasi. Inilah kenapa sistem mereka jauh lebih unggul dibandingkan dengan sistem pendidikan di Indonesia.

Banyak Acara Universitas yang Menarik

Klub, organisasi, ataupun komunitas di universitas biasanya mengadakan berbagai acara atau festival unik. Ada yang bersifat akademis, sport, hobi, bahkan humanity, hingga beragam bidang lainnya. Dengan terlibat dalam klub tersebut, kamu tidak hanya belajar berkomunikasi dan kepemimpinan tetapi juga berkesempatan mengikuti aktivitas terkait yang pastinya menyenangkan. Apalagi, bisa jadi acara mereka gak terus-menerus diadakan di kampus loh. Kamu jadi berkesempatan mengunjungi destinasi di tanggal tertentu bersama mereka. Jenis acaranya juga tentu akan bervariasi. Mulai dari workshop, seminar, pertunjukan, film, maupun konser!

Berorientasi pada Proses dan Hasil

Sumber: Unsplash

Balancing for the excellent is the key. Mengutamakan hasil akhir tanpa peduli dengan cara yang positif bukanlah sesuatu yang memberikan value untuk kamu. Di luar negeri, kamu akan dibimbing untuk membuka pemikiran seluas-luasnya, mencari jalan keluar dengan cara yang benar dan tidak instan, hingga akhirnya dapat menghasilkan sesuatu yang bagus. Sebagai contoh, mengerjakan soal ujian dengan persiapan matang agar meraih nilai yang memuaskan. Proses yang kamu hadapi sebelum meraih hasil sangatlah penting. Hal tersebut mampu membentuk pola pikir dan kepribadianmujuga percayalah, hasil dari usaha yang didapatkan akan jauh lebih bernilai.

Fokus Bidang Studi

Sistem pendidikan Indonesia masih terlihat umum dan kurang mengarahkan anak didik untuk melihat dan memaksimalkan bakat serta kemampuan mereka. Universitas di luar negeri banyak yang menawarkan bidang studi lebih fokus dan terspesialisasi.  Sebagai contoh seperti di UK, Australia, Amerika, atau Singapura yang menekankan beberapa spesialisasi bidang seperti seni, sains, teknologi, teknik, maupun aspek keilmuan lainnya. 

Ujian Akhir Tidak Selalu Menjadi Penentu

Yes, it’s right. Kalau di Indonesia penentuan hasil akhir studi berdasarkan ujian nasional yang diadakan secara serentak, lain halnya dengan pendidikan luar negeri. Kebanyakan universitas di luar negeri menentukan hasil akhir studi dengan melihat nilai akumulasi pembelajaran yang dilakukan dalam keseharian. Jadi, siap-siap study hard and smart untuk berhasil menamatkan studimu dengan baik!

Beberapa universitas di negeri luar juga ada yang mewajibkan skripsi maupun tidak. Salah satu contohnya di Australia, program Bachelor umumnya merupakan coursework program dimana tidak ada istilah skripsi, tesis, maupun penelitian. Mahasiswa dianggap lulus jika memang sudah menyelesaikan setiap mata kuliah yang harus diambil dengan jumlah credits tertentu. Umumnya dapat dilalui dengan ujian, presentasi individu maupun grup, dan lainnya. 

Penelitian yang Aktif dan Inovatif

Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, you name it! Negara-negara ini sangat aktif dalam penelitian dan peluncuran inovasinya. Mereka sendiri memang diakui secara global dengan reputasi kuatnya di bidang teknologi dan ilmiah. Dijamin banyak universitas yang menyediakan platform untukmu belajar dan berkreasi dalam menciptakan sesuatu. 

Keunggulan yang dapat kamu nikmati ini juga dikarenakan pemerintah mereka yang mendukung dan terus menyokong pendidikan serta penelitian dengan baik. Kamu jadi berkesempatan untuk terlibat dalam tim penelitian dan bekerja dalam proyek kehidupan nyata. Seperti bersama mitra bisnis atau melakukan studi independen di bawah bimbingan seorang penasihat yang berpengalaman.

Beragam Biaya Pendidikan Terjangkau

Last but not least, biaya pendidikan yang terjangkau alias ramah di kantong mahasiswa. Udah di luar negeri dengan pengalaman yang jauh lebih extraordinary, tetapi harganya juga sama-sama terjangkau! Ada banyak loh universitas terkemuka yang menawarkan biaya studi cukup murah. Bahkan menariknya, negara seperti Jerman salah satunya, ada yang memberikan pendidikan secara gratis. Bagaimana? Don’t you think studying overseas is a great package for your next level education?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.