Industri “Hospitality” dan Prospek Karir yang Menjanjikan
31 Oktober 2017
pengurusan visa Irlandia bebas biaya
Pengurusan Visa Irlandia Bebas Biaya? 
6 November 2017

Kiat Jitu Meraih Beasiswa Kuliah di UK dan Eropa

Kiat Jitu Meraih Beasiswa Kuliah di UK dan Eropa

Sumber: Shutterstock

Kiat Jitu Meraih Beasiswa Kuliah di UK dan Eropa. United Kingdom (UK) dan Eropa dikenal dengan standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara internasional. Sayangnya, sering kali biaya kuliah di sana menjadi beban bagi sejumlah pelajar Indonesia. Tapi jika terdapat peribahasa “Ada banyak jalan menuju Roma”, begitu juga dengan jalan memperoleh beasiswa.

Rizki Putri Hassan, penerima beasiswa LPDP Batch 26 yang telah menyelesaikan program studi S-2 program Archaeology di Durham University, UK tahun lalu, memaparkan ada tiga kiat jitu meraih beasiswa kuliah di UK dan Eropa, yakni riset, tingkatkan kompetensi diri, dan berdoa.

Riset

Rizki yang saat ini berprofesi sebagai Research Assistant di UNPAD dan aktif di Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia menegaskan agar peminat beasiswa mencari tahu info secara spesifik, mulai dari negara, kampus, jurusan, hingga persyaratan. “Jangan kejar beasiswa yang pasaran, tapi yang sesuai dengan kebutuhan kamu” tambahnya dalam seminar Kiat Jitu Meraih Beasiswa Kuliah di UK & Eropa yang diselenggarakan SUN Education Group dalam acara International Education Expo 2017 pada Sabtu (13/8/17) di Tangerang.

Kiat jitu meraih beasiswa kuliah di UK dan Eropa

Rizki Putri Hassan memaparkan kiat jitu meraih beasiswa. Foto/Dok. SUN

Riset bisa dilakukan dengan datang langsung ke lembaga penyedia beasiswa, pameran pendidikan, menggunakan jasa konsultan pendidikan, atau mengunjungi berbagai situs yang menyajikan data pilihan beasiswa. Rizki juga menambahkan agar pelajar harus mengusahakan untuk melamar beasiswa tidak hanya ke satu lembaga saja, supaya mendapat kesempatan yang lebih luas.

 

Tingkatkan Kompetensi Diri

Sumber: Instantshift

Selain riset, Rizki menekankan pentingnya meningkatkan kompetensi diri. Hal ini termasuk dalam persiapan bahasa Inggris, keahlian menulis karya ilmiah, dan persiapan mental. Persiapan tersebut pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar hasilnya maksimal dan pelajar bisa dinyatakan mumpuni mendapatkan beasiswa.

Pengalaman organisasi juga merupakan bukti kompetensi yang berguna dalam melamar beasiswa, khususnya untuk para fresh graduate. Kampus dan pemberi beasiswa menilai positif kemampuan sosialisasi pelajar yang memiliki pengalaman berorganisasi.

 

Berdoa

“Yang ketiga, yang tidak boleh kita lupakan adalah berdoa. Ada satu kualitas yang mungkin tidak semua orang punya, yaitu faktor keberuntungan atau luck,” lanjut wanita berusia 26 tahun ini.

Sumber: Shutterstock

Ia menjelaskan bahwa tidak semua orang mempunyai faktor tersebut. Bisa saja seseorang pintar, tapi belum tentu bisa dapat beasiswa atau mungkin pengajuan visanya ditolak. Nah, faktor-faktor luck itu bisa kita tangkis melalui berdoa dan mengandalkan Tuhan. Semakin banyak yang berdoa, semakin banyak energi positif yang diterima.

Nah, dari tiga kiat jitu meraih beasiswa kuliah di UK dan Eropa yang diuraikan, Rizki menekankan bahwa semuanya dapat dilakukan jika kita memiliki niat.

“Mungkin ini kedengarannya klise, sih. Tapi, kenapa niat penting? Karena enggak semua orang yang berangkat kuliah ke luar negeri itu adalah orang pintar. Dan enggak semua orang yang berangkat kuliah ke luar negeri adalah orang kaya. Tapi ada satu kualitas, yang semua orang berangkat kuliah ke luar negeri itu punya, yaitu mereka itu pasti enggak males.”

Rizki menutup seminar dengan motivasi penting untuk para pelajar yang bermimpi mendapatkan beasiswa.

“Ada dua tipe pemimpi. Yang satu, punya mimpi, tapi cukup bermimpi aja. Kedua, dia bermimpi, tapi dia ingin mewujudkan mimpinya dan take action. Kalian tanya sama diri sendiri, kalian tipe yang mana?” (SJV)

Tinggalkan Balasan