universitas terbaik di inggris
TOP 5 Universitas Terbaik di Inggris 2020
25 Februari 2020
biaya kuliah di singapura
Biaya Kuliah di Singapura 2020
27 Februari 2020

Kuliah Bisnis di Malaysia, Kenapa Tidak?

persyaratan kuliah di Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia yang sering dipilih oleh mahasiswa internasional termasuk Indonesia. Baik itu untuk menempuh studi S1 maupun S2. Selain karena secara jarak memang dekat, biaya hidup dan kuliahnya bisa dikatakan sangat terjangkau. Malaysia juga sudah dikenal memiliki kualitas pendidikan serta institusi yang menjanjikan. Terlebih, para pelajar yang menempuh studi di negara ini memiliki kemudahan dari sisi application karena persyaratan kuliah di Malaysia tidak serumit yang dibayangkan.

Berbicara tentang perkuliahan di Malaysia, ada sangat banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan bervariasi. Negara ini mengadopsi program pendidikan dari Inggris dan hal tersebut membuat mahasiswa mampu mendapatkan akses yang baik terhadap sistem edukasi global. Banyak universitas bahkan menawarkan beberapa jurusan yang masih jarang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Human Development, Corporate dan Marketing Communication, Teknobiomedik, Ilmu Aktuaria, Teknik Ekonomi Konstruksi, Fashion Marketing, Game Development dan Multimedia Arts.

persyaratan kuliah di Malaysia

Sumber: Freepik

Di Malaysia sendiri, salah satu jurusan andalan dan terbaiknya adalah bisnis. Program studi bisnis memungkinkanmu untuk mempelajari berbagai hal mengenai pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur-prosedur dalam bisnis, wirausaha, pembukuan, marketing, perekrutan sumber daya dan juga kepemimpinan. Banyak pelajar internasional yang mengambil kuliah bisnis dan manajemen di negara ini karena berbagai alasan; seperti, mutu pendidikan, biaya kuliah terjangkau, kemudahan persyaratan kuliah di Malaysia, hingga mendapatkan kesempatan magang di perusahaan multinasional.

Untuk kamu yang ingin menempuh studi bisnis di Malaysia dan masih bingung memilih, berikut 5 rekomendasi universitas top yang terkenal dengan jurusan tersebut:

Monash Malaysia

Monash Malaysia adalah kampus terbesar ketiga Monash University—universitas Australia yang dikenal dengan penelitiannya. Kampus ini memiliki hubungan yang kuat dengan industri dan pemerintah, yang mana berfungsi sebagai platform untuk penelitian dan keterlibatan pendidikan dengan Asia Tenggara. Monash Business, sekolah bisnisnya termasuk dalam 100 universitas global teratas serta memiliki akreditasi AACSB. Untuk mendaftar di Monash Malaysia, kamu harus berusia minimal 17 tahun, memiliki skor IELTS dengan minimal skor keseluruhan 6.5 dan 6.0 di setiap bandnya. Tak hanya itu, kamu juga harus mengumpulkan rata-rata keseluruhan hasil semester 1 dan semester 2 hasil kelas 12 yang dikeluarkan dalam transkrip akhir resmi sekolahmu. Dengan nilai rata-rata 75-80 standar KKM, kamu bisa mendaftar di universitas ini dengan catatan requirement pendaftaran masih tergantung pada program studi yang akan diambil.

UCSI University

UCSI University merupakan lembaga pendidikan tinggi terkemuka dengan di Kuala Lumpur. Mereka memiliki sistem pembelajaran yang dinamis dan menawarkan banyak jenis beasiswa. Program bisnisnya berfokus memberikan siswa keterampilan bisnis yang penting dalam sektor perusahaan yang kompetitif saat ini. Program tersebut juga mengintegrasikan pembelajaran berbasis teori di dalam ruang kelas. Kamu akan berkesempatan mendapatkan penempatan practical work dengan mitra industri. Untuk menempuh studi disini, kamu harus memiliki skor band IELTS 5.5 dan A Level dengan minimal 2 mata pelajaran dari keseluruhan yang mendapatkan nilai E.

Taylor’s University

Taylor’s University adalah salah satu universitas top di Malaysia. Universitas ini memiliki kurikulum yang relevan, kemitraan dengan universitas terkemuka di seluruh dunia, serta menyediakan fasilitas terkini dan lengkap. Program bisnisnya yang terkenal baik—Taylor’s Business School, berdiri sejak tahun 1993 dan telah telah berkembang menjadi salah satu sekolah bisnis terbesar dan paling dinamis di Malaysia. Fakultasnya menawarkan kualifikasi bisnis internasional yang sangat diakui mulai dari Diploma hingga Sarjana, Master dan Doktor (PhD), serta pengembangan profesional berkelanjutan. Kamu bisa mendaftar di universitas ini dengan menyerahkan kelengkapan form yang salah satunya adalah A Levels dengan minimal nilai mata pelajaran EE atau setara dengan IPK minimal 80, IELTS dengan skor band 5.0,  dan juga TOEFL Internet Based Test dengan skor 34.

Sunway University

Sunway University adalah universitas swasta non-profit terkemuka yang berkomitmen untuk mengejar pendidikan melalui beasiswa dan penelitian. Universitas ini berada pada peringkat 2% teratas universitas di Asia dan mendapatkan bintang 5 oleh Quacquarelli Symonds (QS). Sekolah bisnisnya, Sunway University Business School, menawarkan berbagai program seperti bisnis, pemasaran, dan manajemen di berbagai tingkat studi seperti program Sarjana dan Pascasarjana (Magister dan PhD). Setiap programnya memiliki kualifikasi berbeda. Ada yang membutuhkan rata-rata nilai akhir sejumlah 70% hingga 85% dan skor IELTS 6.0.

University of Nottingham Malaysia

University of Nottingham Malaysia berdiri pada tahun 2000 dan berlokasi di Kuala Lumpur. Nottingham University Business School (NUBS), sekolah bisnisnya, merupakan yang terdepan di kancah internasional dalam pendidikan keuangan dan manajemen. Sekolah ini juga termasuk dalam kelompok global elit sekolah bisnis terakreditasi EQUIS dan AMBA. NUBS Malaysia sendiri berpengalaman lebih dari satu dekade dalam menyediakan pengajaran dan beasiswa berkualitas internasional di berbagai bidang bisnis. Untuk mendaftar di universitas ini, kamu perlu mengumpulkan bukti:

1. A Level: dengan nilai BBB untuk 3 dari subject utama kecuali critical thinking dan general studies atau setara dengan IPK senilai 80-85
2. Skor IELTS dengan skor 6.5 (setiap bagiannya tidak kurang dari 6.0) dan TOEFL (iBT) dengan skor 87 (minimal 20 dalam Speaking and 19 di bagian lainnya).

persyaratan kuliah di Malaysia

Sumber: Freepik

Nah, seperti itulah gambaran beberapa universitas top Malaysia yang dikenal dalam bidang bisnisnya! Setelah lulus, kamu bisa berkecimpung di bidang bisnis dengan berkarir sebagai Tenaga Pendidik, Konsultan Bisnis, Manajer Pemasaran, Perbankan, dan lainnya.

Jangan lupa, selain mempersiapkan kelengkapan pendaftaran, kamu juga harus mempersiapkan hal-hal lainnya. Sesuai dengan peraturan Departemen Pendidikan Malaysia, pelajar internasional harus memiliki asuransi kesehatan, mengambil mata kuliah Bahasa Malaysia dan memiliki kartu pelajar sebelum dapat mengajukan permohonan visa. Setelah permohonan disetujui, baru kamu akan mendapatkan visa on arrival di bagian imigrasi di bandara di Malaysia.

Nantinya, pihak universitas akan mengurus aplikasi Student Pass Application. Student Pass ini berguna untuk tiket masuk sebagai pelajar. Disamping itu, aplikasi permohonan Student Pass ini haruslah sudah disetujui sebelum kamu tiba di Malaysia. Sebagai pelajar, kamu juga harus membawa dokumen yang menyatakan bahwa permohonan Student Pass telah disetujui serta membawa surat penerimaan masuk dari universitas.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Australia, Inggris, dan juga Asia. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!