cara mendaftar kuliah di Inggris
Sudah Tahu Cara Mendaftar Kuliah di Inggris Belum?
22 November 2020
kuliah s3 cepat dan murah
Tips untuk S3 Lebih Cepat dan Biaya Lebih Murah
24 November 2020

Kuliah di Belgia vs Belanda: Beda atau Sama Berkualitasnya?

Sumber: Unsplash

Adalah sebuah fakta jika Eropa menjadi salah satu negara studi paling populer di dunia hingga detik ini. Kerjasama lintas batas di Eropa berhasil membentuk komunitas akademis internasional yang kuat dengan penelitian mutakhir. Mengetahui reputasi tersebut, pelajar seluruh dunia berusaha keras serta menyusun strategi untuk menembus negara ini. Belgia dan Belanda pun menjadi beberapa contoh negara yang sering menjadi pilihan destinasi studi luar negeri. Yang menjadi pertanyaan beberapa orang awam: kuliah di Belgia atau Belanda, apakah beda atau sama berkualitasnya? Atau mungkin hanya salah satunya saja yang lebih bagus?

Sumber: Unsplash

Nah, untuk kamu yang sedang menimbang kedua pilihan negara tersebut, jawabannya adalah dua-duanya punya kualitas yang sama. “Bukannya Belgia jarang terdengar?” “Apa benar Belanda sebagus itu?”, mungkin kamu sempat berpikir hal yang sama. Namun dibawah ini ada beberapa hal yang membuktikan bahwa kuliah di Belgia ataupun Belanda adalah pilihan yang sama-sama tepatnya!

Sistem Pendidikan Kelas Dunia

Nyatanya, pendidikan di Belgia punya kedudukan yang sama dengan negara Eropa lainnya seperti Jerman, Italia, dan sebagainya. Negara ini memiliki sistem pembelajaran dan pengajaran yang outstanding. Pendidikan tinggi di Belgia lebih menekankan pada penelitian serta ilmu terapan. Secara akademik kamu akan jauh lebih menguasai, secara dunia kerja dan industri kamu jauh lebih siap.

Believe it, Belanda memang sebagus itu! Sistem pendidikan Belanda sangatlah berkualitas tinggi dan memiliki kualifikasi standar dunia. Kamu akan dituntut untuk lebih mandiri, mengedepankan inisiatif dan kreativitas, serta berinovasi. Disini kamu akan banyak menemukan konsep pembelajaran yang interaktif. Dosen atau profesor akan membentuk teamwork dimana kamu dilatih untuk memecahkan kasus yang aplikatif secara kritis dan ilmiah.

Biaya Studi Terjangkau

Selamat! Biaya kuliah di Belgia dan Belanda sama-sama terjangkau. Gak hanya biaya kuliah, biaya hidup di Belgia dan Belanda pun tergolong lebih murah dibandingkan dengan di negara Eropa barat lainnya. Kamu bisa mengecek besaran tuition fee program internasional secara langsung di website masing-masing universitas atau berkonsultasi dengan konsultan pendidikan internasional.

Kaya Akan Sejarah!

Sumber: Unsplash

Belgia dan suasana abad pertengahan = gak bisa dipisahin! Negara ini menjadi saksi bagaimana pergolakan ekonomi, politik dan kebudayaan kerajaan romawi terjadi. Mengeksplorasi negara ini bisa memberikanmu pengalaman menikmati bangunan-bangunan ikonik yang tersebar di penjuru kota. Alhasil, kamu jadi mampu memperkaya wawasan mengenai sejarah peradaban dunia.

Sementara Belanda dikenal sebagai penghasil filsuf dan seniman yang mendunia seperti Erasmus, Van Gogh, dan Rembrandt. That’s why negara ini dijadikan salah satu pusat studi dan kebudayaan di Eropa! Apalagi, Belanda juga merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah musik jazz dan klasik tertua di dunia. Kebayang kan betapa ‘nyeni’ nya?

Kesempatan Magang dan ‘Networking’

Siapa bilang kuliah di Belgia akan susah menemukan jaringan ataupun kesempatan berkarya? Banyak organisasi penting dan juga perusahaan multinasional yang mendirikan kantor pusat di Belgia dan menawarkan program magang. Sementara itu biasanya banyak program Master maupun Doktoral di Belanda yang memasukkan riset dan magang ke dalam kurikulum wajib mereka. Kamu jadi bebas memilih institusi dan negara sebagai tempat untuk melakukan riset dan magang mu. Kesempatan yang bagus bukan untuk memulai proyek maupun kolaborasi dengan profesor atau tenaga profesional?

Menggunakan Bahasa Inggris

Sumber: Unsplash

Belgia memang tidak memiliki Bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. Meskipun begitu, kamu gak perlu khawatir karena banyak universitas di Belgia menawarkan program studi berbahasa Inggris. Terutama pada jenjang pendidikan S2! Apalagi kebanyakan orang Belgia juga bisa berbahasa Inggris. Jadi, komunikasi kamu akan tetap lancar!

Disamping itu, Belanda merupakan negara berbahasa non-Inggris pertama yang menawarkan program studi dalam bahasa Inggris.  Hampir seluruh program S2 dan S3 di Belanda menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliahnya. Program S1 untuk kelas internasional pun mulai bertebaran dan memudahkan kamu sebagai calon mahasiswa internasional yang ingin mengemban studi. 

Tips tambahannya, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Belgia maupun Belanda untuk memperkaya pengetahuan bahasa baru dan menambah kemampuan berkomunikasi dengan bahasa lokal.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.