jurusan kuliah untuk anak ips
6 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPS 2020
2 Maret 2020
biaya hidup mahasiswa di spanyol
Biaya Hidup Mahasiswa di Spanyol Dalam Rupiah
3 Maret 2020

Cerita Studi Bianka Nelwan di Coventry University

kuliah di coventry university

Bianca Nelwan adalah salah satu alumni student SUN Education yang mengambil jurusan MSc International Business di Coventry University. Kepada tim SUN Education, ia membagikan pengalaman studinya sebagai pelajar internasional di universitas yang terletak di Coventry, England tersebut. Kakak kandung aktor Christopher Nelwan ini juga menceritakan hal-hal berkesan yang dialaminya selama satu tahun masa kuliah di Coventry University.

https://www.instagram.com/p/BTIxBZZFNyk/?utm_source=ig_web_copy_link

Adaptasi

 

Menurut Bianca, meskipun butuh adaptasi pada awalnya, ia senang dan menikmati sekali belajar di UK. Dari segi pembelajaran, baik itu metode, modul, hingga cara mengajar dosennya sangat berbeda dibandingkan dengan di Indonesia, Bianka mengaku perlu waktu untuk membiasakan diri untuk itu. Meski demikian, menurutnya hal tersebut dapat diatasi dengan cara fokus dan mau belajar lebih. Ia sendiri bahkan sempat merekam pembelajaran di yang diberikan di kelas agar bisa diulang-ulang dan didengarkan kembali di rumah. 

“Banyaknya tugas kelompok juga membantu saya belajar serta dalam membangun pertemanan dari negara-negara lain,” ungkap Bianka. 

Menurutnya menemukan teman-teman baru tidaklah sulit karena mereka umumnya ramah dan mudah berbaur, sehingga baik untuk membangun koneksi. Selain pertemanan internasional, PPI di Coventry juga aktif dalam menjalin hubungan antar sesama pelajar Indonesia di sana. Menurut Bianka hal tersebutlah yang membuatnya merasa “feels like home” sekalipun tengah berada di negara yang jauh dari Indonesia. 

“Yang membuat saya agak sulit untuk beradaptasi di awal kedatangan adalah cuaca. Saya kebetulan mengambil intake Januari yang bertepatan dengan musim dingin di sana,” katanya.

Bianka memiliki pengalaman berkesan mengenai cuaca yang dingin tersebut. Suatu ketika ia pernah sampai di rumah dan ternyata pemanas ruangannya tidak berfungsi. Ia pun meminta bantuan pemilik bangunan yang sayangnya ternyata juga tidak bisa mengambil tindakan karena sudah larut malam. Hal tersebut membuat Bianka akhirnya tidur tanpa pemanas ruangan dalam keadaan yang sangat dingin tersebut. 

Pengalaman Berkesan Kuliah di Coventry University

https://www.instagram.com/p/BHPMF0RgFG7/?utm_source=ig_web_copy_link

Menurut Bianka, hal yang paling berharga dan berkesan dari kuliah di Coventry University adalah pengalaman internship yang ia dapatkan sebagai pengganti disertasi. Sebagai pelajar internasional ia merasa bahwa pengalaman bekerja di negara lain adalah hal yang penting untuk dilakukan. Meski demikian, untuk mengambil modul tersebut ternyata tidak mudah karena ada seleksi khusus dari pihak internal universitas. Setelah menjalani beberapa macam tes, akhirnya Bianka dinyatakan lolos dan berhak mengikuti program internship. 

“Saya melakukan internship di Bank Mandiri, London. Kesempatan untuk magang selama 3 bulan di London tersebut membuat saya dapat mengeksplorasi dan mengetahui bagaimana bekerja di lingkungan internasional,” kata Bianka. 

Bianka termasuk beruntung karena setelah ia  menyelesaikan 3 bulan internship di sana, ia mendapat tawaran bekerja secara profesional selama satu bulan. Kesempatan tersebut didapat olehnya karena ada salah satu karyawan perusahaan yang mengambil cuti. Menurut Bianka kesempatan ini adalah suatu hal yang paling berkesan selama studinya di Coventry yang belum tentu didapatkan di universitas-universitas lainnya. 

Aktivitas Selain Belajar

Membahas mengenai aktivitas selain belajar, Bianka mengatakan bahwa ia sering travelling dengan teman-temannya di sana. Mereka pernah melakukan UK Trip yaitu mengelilingi UK dengan mengendarai mobil yang mereka sewa bersama. Selain itu, ia dan teman-teman juga pernah melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa lain dengan terlebih dahulu mendaftar visa schengen. 

https://www.instagram.com/p/BZ8VUjbFqj9/?utm_source=ig_web_copy_link

Saat ini Bianka telah menyelesaikan kuliah di Coventry University dan menekuni hobinya di bidang musik dengan menjadi musisi. Bianca dan suami dikenal luas di media sosial seperti Instagram dan Youtube sebagai duo musisi dengan nama Biancadimas. Sukses selalu ya Bianca!

Tinggalkan Balasan