universitas terbaik di amerika serikat
TOP 10 Universitas Terbaik di Amerika Serikat 2020
4 Maret 2020
5 Kampus Terbaik Dunia Untuk Memulai Pendidikan Tinggimu
5 Maret 2020

Kuliah di Italia: Pendidikan Berkualitas, Biaya Terjangkau

biaya kuliah di Italia

biaya kuliah di Italia

Italia merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Eropa. Dengan 61 juta penduduk, negara ini memiliki populasi terbanyak keempat di Eropa. Tidak hanya dikenal akan destinasi wisatanya yang unik, kualitas pendidikan di Italia membuat pelajar seluruh dunia berlomba untuk menempuh perkuliahan di negara ini. Apalagi, selain pendidikan berkualitasnya, biaya kuliah di Italia juga termasuk yang terjangkau di dunia.

biaya kuliah

Sumber: Freepik

Italia sendiri memang memegang peranan penting dalam pendidikan tinggi di Eropa. Negara ini termasuk sebagai salah satu dari empat (4) negara yang mencetuskan “European Area of Higher Education” (Sorbonne Declaration, Mei 1998), sebagai dasar dari reformasi pendidikan tinggi “Bologna Process” (Bologna Declaration, Juni 1999) yang diterapkan di seluruh Eropa. Kamu bisa melihat ada banyak universitas di Italia yang masuk dalam daftar sekian ratus terbaik dunia berdasarkan QS World Universities Rankings. Disamping itu, penelitian ilmiah di negara ini juga sangat dihargai—terutama yang berkaitan dengan energi, lingkungan, dan transportasi.

Berbicara tentang pendidikan, Italia memiliki sekitar 90 perguruan tinggi dengan status negeri dan swasta. Banyak universitas maupun institusi akademis yang menawarkan program berstandar internasional serta terakreditasi dengan sangat baik. Belajar di Italia lebih pun lebih murah karena ada banyak beasiswa dan bantuan finansial serta potongan harga untuk makanan dan akomodasi bagi pelajar. Meskipun begitu, biaya kuliah di Italia tetap berbeda di setiap institusi dan tergantung dari program yang dipilih.

Baca Juga : 5 Kampus Terbaik Dunia Untuk Memulai Pendidikan Tinggimu

Nuovo Accademia di Belle Arti (NABA). Sumber: Flickr

Perguruan tinggi swasta di Italia diketahui dapat memasang biaya yang berkisar antara EUR 7000 hingga EUR 20,000. Contohnya di Nuovo Accademia di Belle Arti (NABA), satu-satunya sekolah desain di Italia yang diakreditasi oleh Kementerian Pendidikan Italia—kamu hanya membayar sekitar EUR 16,090 pertahun untuk program Undergraduate dan EUR 16,550 untuk program Masternya. Secara umum, program Master dan Doktoral dapat merogoh kocek lebih jika dibandingkan program Sarjana. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu punya kesempatan mendaftar untuk bantuan keringanan biaya pendidikan.

Saat tinggal di Italia untuk melanjutkan studi, kamu akan memerlukan sekitar EUR 1.000 hingga EUR 1.500 per bulan tergantung kota yang ditempati. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, dan keperluan sehari-hari lainnya. Kamu pun bisa menekan biaya dengan menggunakan transportasi umum. Berkeliling di negara ini sangat mudah dan efisien karena adanya jaringan kereta api seperti kereta berkecepatan tinggi (Elettero Treno Rapido), kereta antar kota (Eurostar dan InterCity), dan kereta regional (Inter Regionale, Regionale dan Diretto).

Jika ingin mencoba opsi lain, kamu bisa menggunakan bis, metro, dan taksi. Untuk bis dan metro, tiket harus divalidasi saat kamu sudah naik. Pembelian tiket bisa dilakukan di toko rokok, toko koran, atau mesin tiket di stasiun bus dan metro. Tiket biasanya berharga sekitar EUR 1,30 hingga EUR 1,80.

Baca Juga : Biaya Hidup Mahasiswa di Spanyol Dalam Rupiah

Sumber: Freepik

Selain pendidikan berkualitas dan biaya kuliah di Italia yang terjangkau, negara ini punya suasana lingkungan yang sangat menyenangkan loh. Sudah ada lebih dari 32.000 pelajar internasional, sehingga kamu bisa membangun pertemanan global dan mempelajari kebudayaan negara lain. Italia juga merupakan negara dengan sejarah ekstensif perkembangan budaya. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Leonardo da Vinci dan museum historic yang ada di negara ini kan? Mahasiswa yang menempuh studi di Italia dijamin berkesempatan juga untuk mempelajari sejarah secara langsung melalui bangunan, museum, serta karya seninya. Kamu bisa bepergian dan mendatangi tempat-tempat bersejarah berwisata saat senggang maupun di akhir pekan. 

Nah, dengan kata lain, Italia merupakan destinasi studi yang sempurna karena kamu tidak hanya mendapatkan pengalaman studi akademis dari kampus saja. Selain dapat menikmati biaya studi dan hidup yang terjangkau, kamu bisa belajar serta terjun langsung di lingkungan tempat kamu tinggal!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Australia, Inggris, Eropa, dan juga Asia. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.