Kuliah Jurusan Akuntansi Susah Gak Sih?
5 Agustus 2020
pengalaman belajar di china
8 Fakta Pengalaman Kuliah di China
7 Agustus 2020

Ingin Kuliah di Luar Negeri Tapi Tidak Bisa Bahasa Inggris? Coba Tips Ini!

Sumber: Freepik

Apakah kamu salah satunya yang ingin kuliah di luar negeri tapi tidak bisa Bahasa Inggris? Jangan khawatir! Ada banyak sekali cara menyenangkan sekaligus efektif yang bisa kamu coba pelajari. Berada di luar Tanah Air yang tidak menggunakan rumpun bahasa ibu memang membuat kamu harus bisa memahami bahasa internasional. Bahasa Inggrismerupakan bahasa global yang sangat penting untuk kamu kuasai. 

Selain dibutuhkan sebagai cara berkomunikasi, kamu perlu menguasai bahasa tersebut agar siap dan mampu mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi ini. Wah, kalau mau disebutkan, pentingnya belajar Bahasa Inggris ada banyak banget! Mulai dari sebagai persiapan mengarungi pendidikan di dalam dan di luar negeri, peluang menemukan perusahaan dan pekerjaan ideal sembari meniti karir, menjadi pemersatu komunikasi saat bertemu teman baru dari berbagai belahan dunia, sampai manfaatnya dalam memahami teknologi.

Sumber: Freepik

Sementara itu, beberapa orang masih menemukan kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Kalau kamu adalah seorang siswa yang bercita-citaapalagi sudah berencana untuk kuliah di luar negeri tapi tidak bisa Bahasa Inggris, yuk mulai belajar sekarang juga dan jangan tunda lagi. Saat merantau hingga negeri luar, kamu sudah pasti akan menjalin komunikasi dengan teman dari latar belakang budaya berbeda. Belum lagi kamu harus menghadapi perkuliahan dalam Bahasa Inggris. Jadi, penting banget buat kamu menguasai bahasa global ini. Bisa reading saja tidak akan cukup loh, teman-teman. Kamu juga harus memaksimalkan kemampuan listening, speaking, dan juga writing kamu!

Untuk melatih kemampuan Bahasa Inggrismu sebelum berangkat nanti, yuk simak beberapa rekomendasi tips belajar berikut yang pastinya mudah sekaligus menyenangkan:

 

Perbanyak Membaca

 

Sebelum menghadapi buku pelajaran full Bahasa Inggris saat kuliah nanti, kamu wajib mengikuti cara ini! Membaca buku, majalah, atau literatur berbahasa Inggris akan membuatmu semakin terbiasa dan memperkaya kosakata baru. Tidak perlu langsung mengetahui semua kata-kata dan artinya. Kamu bisa coba mencatat kata-kata yang agak susah dipahami agar bisa kamu pelajari kembali dan mengingat artinya. Dengan cara ini, kamu melatih otak dan ‘daya pikir’ untuk mengenal berbagai macam kata serta struktur Bahasa Inggris. Kebayang kan kalau sering membaca? Lama-lama kamu akan memahami secara luas bacaan serta arti yang ada dalam teks tersebut!

 

Mempelajari Frasa

 

Setelah membaca berbagai jenis bacaan berbahasa Inggris seperti tips pertama diatas, kamu bisa mempelajari vocabulary yang ada dalam teks tersebut. Selain mempelajari kosakatanya, menguasai vocabulary dan frasa termasuk penting karena dapat memudahkan kamu dalam berkomunikasi maupun saat mengatakan sebuah kalimat. Kalau kamu memahami frasa dan kalimat Bahasa Inggris, komunikasi dengan dosen ataupun profesor jadi lebih mudah nantinya!

 

Menonton Film Berbahasa Inggris

 

HBO, FOX, Netflix.. atau apapun media favoritmu dalam menonton sebuah filmgo on and try it! Menonton film berbahasa Inggris merupakan salah satu cara paling menyenangkan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Putar film tema kesukaanmu; misalnya genre action, comedy, atau Sci-Fi, atau coba menonton film yang belum pernah kamu tonton sebelumnya sebagai tantangan baru! Dengan menonton film berbahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan kemampuan listening, daya tangkap, dan juga memperkaya kosakata baru. Sangat direkomendasikan untuk menonton dengan subtitle Bahasa Inggris! Kenapa? Agar saat kamu tidak sempat memahami ucapan sang pemain, kamu bisa menyimak text box yang berisi terjemahan dan dicatat ataupun diingat untuk kemudian dipelajari.

 

Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

 

Kalau yang satu ini pasti juga sudah menjadi hobi kamu kan? Mulai dari menyusun playlist sesuai mood, sampai rekomendasi dari sahabat atau teman spesial. Ups! Yang pasti mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga bisa menjadi cara menyenangkan dalam belajar Bahasa Inggris. Pastikan untuk tidak hanya sekadar mendengarkan musiknya saja ya! Tapi kamu juga harus mendengarkan baik-baik lirik lagunya dan cari tahu arti kata maupun makna keseluruhannya. Kalau kamu bingung dengan arti kata yang ada, kamu bisa mencari tahu melalui kamus. Selain menambah kemampuan listening, kamu pastinya jadi bisa memperkaya kosakata Bahasa Inggris yang sudah kamu dengarkan.

 

Latihan Speaking Sendirian!

 

Saat membaca buku, mendengarkan lagu, maupun menonton film berbahasa Inggris dan menemukan kata-kata asing yang tidak dimengerti, coba untuk catat dan lafalkan. Selain itu, kamu juga bisa coba untuk berbicara sendiri didepan cermin atau dimanapun kamu merasa nyaman untuk latihan sendirian. Asah kreativitas; misalnya dengan membuat pidato atau dongeng berbahasa Inggris, lalu coba pahami agar bisa diucapkan kembali. Akan lebih bagus jika kamu tidak melihat catatan. Dengan melatih speaking sendirian, kamu tidak hanya belajar menghafal kosakata baru, namun juga melatih cara pronunciation serta berbicara menggunakan bahasa Inggris. Poin plusnya, kalau kemampuan speaking kamu lancar, kamu juga bisa memaksimalkan berbagai macam jenis accent Bahasa Inggrismu. Seru kan?

Manfaatkan Internet untuk Belajar

 

Tugas kuliah yang akan kamu dapatkan tentu menggunakan jawaban berbahasa Inggris dan pastinya memerlukan struktur kalimat yang benar agar dosen maupun profesor mudah memahaminya. Di internet ada banyak sekali situs atau platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari Bahasa Inggris. Mulai dari latihan reading, writing, sampai dengan listening semuanya ada! Cari sumber yang paling kredibel dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain banyak media yang bersifat gratis, kamu juga jadi lebih fleksibel saat mengaksesnya.

Bergabung dalam Klub atau Komunitas

 

Dalam sekolah menengah maupun lingkungan sekitar, kamu pasti akan menjumpai beberapa klub atau komunitas Bahasa Inggris. Klub atau komunitas ini sangat berguna sekali loh dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Selain bisa berkomunikasi dan melakukan kegiatan sosialisasi, kamu jadi bisa mempraktekan Bahasa Inggris kamu. Apalagi klub sering memiliki kegiatan atau proyek khusus dalam belajar Bahasa Inggris. Jadi, sumber belajar kamu tidak hanya terbatas dengan otodidak dan melalui internet. Kamu juga bisa belajar dari orang lain yang kamu temui!

 

Kursus atau Diskusi dengan Tutor Berpengalaman

 

Banyaknya pertanyaan: “Ingin kuliah di luar negeri tapi tidak bisa Bahasa Inggris?” juga bisa terjawabkan dengan cara ini! Tempat kursus dengan tutor berpengalaman pastinya memiliki strategi serta metode belajar yang terpercaya dalam mengajarkanmu Bahasa Inggris. Mereka juga biasanya menawarkan program yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalnya di SUN English, mereka punya preparation program yang komprehensif untuk mengetes kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki; mulai dari IELTS, TOEFL, GMAT, GRE, SAT, sampai PTE. Jadi, dengan lengkapnya program dan dibimbing oleh tutor profesional, pembelajaran yang kamu terima pasti akan maksimal..

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia beberapa tips menyenangkan belajar Bahasa Inggris dan bisa kamu coba praktekkan sebelum berangkat untuk studi di luar negeri. Sering-seringlah mengelilingi dirimu dengan Bahasa Inggris. Cara itu akan sangat ampuh karena kamu jadi ‘terjun’ ke dalam untuk belajar dan membiasakan dirimu. Last but not least, perlu diingat untuk menjaga konsistensi dan semangat dalam melakukannya. Keep learning and do your practice dan kamu pasti bisa menguasai Bahasa Inggris!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!