jurusan di Universitas Oxford
Fakta University of Oxford yang Memikat Banyak Pelajar Internasional
7 Februari 2020
skripsi di luar negeri
Skripsi di Luar Negeri, Seperti Apakah?
9 Februari 2020

Bagusan Mana? Kuliah di Luar Negeri VS di Dalam Negeri

kuliah di luar negeri vs dalam negeri

kuliah di luar negeri vs dalam negeri

Salah satu persoalan yang kerap dihadapi pelajar SMA yang ingin melanjutkan studinya adalah “kuliah di luar negeri vs di dalam negeri”. Banyak pelajar SMA yang masih dibuat bimbang oleh dua pilihan tersebut. Penyebabnya adalah banyak faktor, mulai dari lingkungan sekolah dan pertemanan, pertimbangan dari orang tua dan keluarga, maupun faktor lainnya. 

Kuliah di Luar Negeri vs di Dalam Negeri, Mana yang Lebih Baik?

kuliah di luar negeri vs dalam negeri

Sumber: Freepik

Berikut adalah beberapa faktor yang membedakan kuliah di luar negeri vs di dalam negeri. 

1. Adaptasi

Secara umum kamu akan beradaptasi, entah jika kamu kamu kuliah di luar negeri maupun di dalam negeri. Namun, jika kamu kuliah di dalam negeri, sekalipun kamu berpindah daerah, kamu tidak akan mengalami perbedaan bahasa dan budaya yang signifikan. Hal ini akan sangat berbeda jika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Kamu harus beradaptasi dengan tempat yang baru, lingkungan baru (bahkan musim yang baru), bahasa, budaya serta keberagaman orang-orang di sekitar. Proses adaptasi ini akan melatih fleksibilitasmu, menjadikanmu lebih terbuka dan berwawasan luas. 

Baca Juga : Syarat Kuliah di Jerman Buat Para Millennial

2. Kualitas pendidikan dan kurikulum

Beberapa orang memutuskan kuliah di luar negeri dengan pemikiran bahwa kualitas pendidikan di luar negeri akan lebih baik. Alasan tersebut sangat masuk akal karena beberapa bidang ilmu diajarkan lebih spesifik di luar negeri. Pendidikan S1 di luar negeri juga menyediakan program dengan fokus yang lebih beragam disertai fasilitas pendidikan yang modern. Selain itu, kurikulum yang digunakan di luar negeri adalah kurikulum internasional di mana kamu dipersiapkan untuk menjadi lebih kompetitif. 

Hanya saja, untuk dapat berkuliah di luar negeri, kamu harus berasal dari SMA yang telah menggunakan kurikulum internasional juga. Jika SMA-mu memakai kurikulum nasional, kamu harus mengikuti serangkaian tes atau penyetaraan kurikulum terlebih dahulu. Perguruan tinggi di luar negeri juga memiliki standar kemampuan khusus yang harus telah kamu miliki seperti kemampuan bahasa Inggris, dan lain-lain. 

3. Kesiapan mental

Kesiapan mental juga adalah faktor yang harus dipertimbangkan karena akan berpengaruh pada keberlangsungan studimu. Jika kamu ingin kuliah di dalam negeri, sekalipun harus berpisah dari orang tua dan keluarga, kamu masih terbilang “dekat dari rumah” sehingga kamu bisa pulang kapan saja. Selain itu, kamu tidak akan begitu kesulitan beradaptasi karena masih berada di negeri sendiri. 

Sementara jika kamu memilih untuk kuliah di luar negeri, kamu harus mempersiapkan mentalmu karena berada sangat jauh dari orang tua. Kamu harus benar-benar mengandalkan dirimu sendiri ketika dikelilingi oleh orang-orang dengan ras, bahasa dan budaya yang berbeda. Kamu juga harus menghadapi cara belajar, pola pikir serta lingkungan yang benar-benar berbeda. 

4. Kesempatan kerja dan peluang karir

Banyak yang menilai bahwa kurikulum pendidikan tinggi di dalam negeri masih kurang sesuai untuk langsung diterapkan di industri. Hal tersebut membuat masih banyak lulusan perguruan tinggi di dalam negeri masih kesulitan mencari pekerjaan. Sementara kurikulum di luar negeri umumnya berorientasi pada prospek kerja lulusan. Kamu akan lebih siap menghadapi lingkungan kerja baik skala nasional maupun internasional. 

Baca Juga : Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri

Lulusan perguruan tinggi dalam negeri cenderung memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk berkarir di negara lain sejak awal kelulusan. Sementara jika kamu lulusan luar negeri, kamu akan punya kesempatan untuk berkarir di negara tempat kamu menamatkan studimu. Kamu juga akan lebih diperhitungkan jika memilih untuk berkarir di tanah air. 

5. Pengembangan diri

Menuntut ilmu di tempat yang jauh serta menetap di lingkungan yang benar-benar asing akan membuat dirimu berkembang. Kamu akan terlatih untuk berada di luar zona nyaman serta tetap memaksimalkan potensi. Kualitas pendidikan serta kurikulumnya juga akan membuatmu lebih kompetitif. Bukan berarti kamu tidak akan berkembang jika memilih untuk melanjutkan studi di dalam negeri, hanya saya perkembangannya akan lebih signifikan jika kamu melanjutkan studi di luar negeri. 

Kuliah di Luar Negeri vs di Dalam Negeri adalah Soal “Pilihan”

kuliah di luar negeri vs dalam negeri

Sumber: Freepik

Dimanapun kamu akan melanjutkan studi pada akhirnya memang akan bergantung pada pilihan dan prioritasmu. Meski demikian, kamu harus benar-benar mempertimbangkan pilihan tersebut karena akan sangat berpengaruh pada hidupmu kedepannya. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!