jurusan kuliah tanpa matematika
10 Jurusan Kuliah Tanpa Pelajaran Matematika
24 September 2020
jurusan s2 di university of melbourne
Pilihan Jurusan S2 di University of Melbourne
25 September 2020

Kuliah di Malaysia Tanpa Beasiswa? Coba Cek Universitas Swasta Ini!

Sumber: Freepik

Malaysia adalah salah satu negara di Asia yang sering dipilih oleh pelajar internasional—baik S1 maupun S2, untuk menempuh pendidikan tinggi. Selain jarak yang dekat, budaya yang tidak terlalu jauh berbeda, biaya studi dan hidupnya dikenal terjangkau. Untuk kamu yang ingin kuliah di Malaysia tanpa beasiswa, negara ini bisa menjadi pilihan studi! Meskipun biaya studi tak semahal negara lainnya, kualitas universitas serta pendidikan di Malaysia sama-sama berkualitas dan menjanjikan.

Dikenal sebagai pelopor dalam program twinning pada tahun 1980an, negara ini bekerjasama dengan universitas luar negeri. Mulai dari Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jerman, Perancis, Selandia Baru, dan lainnya. Disamping itu, kamu juga tidak akan kebingungan soal pilihan jurusan di negara ini. Universitas atau perguruan tinggi di Malaysia memiliki jurusan atau program studi yang sangat beragam. Kamu bahkan bisa memilih jurusan yang tidak ada ataupun eksistensinya masih jarang ada di Indonesia; seperti Ilmu Aktuaria, Game Development, Multimedia Arts, Fashion Marketing, ataupun Human Development.

biaya kuliah di malaysia

Sumber: Freepik

Berbicara mengenai biaya studi dan hidup, Malaysia memang memiliki standar yang relatif murah bagi mahasiswa internasional. Biaya kuliah universitas swasta disini saja bisa dibilang hampir sama dengan Indonesia—dimana jika di Malaysia kamu bisa mendapatkan kualitas akademik, fasilitas, serta pengajaran yang jauh lebih outstanding. So, sangat mungkin untukmu menempuh kuliah di Malaysia tanpa pusing memikirkan beasiswa

Biaya hidupnya pun tidak jauh berbeda dengan kota besar yang ada di Indonesia. Rata-rata biaya yang diperlukan pelajar umumnya berkisar antara RM 16,000 hingga RM 21,000 per tahun, dengan gaya hidup masing-masing pribadi. Anggaran ini sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, buku dan alat tulis, medis dan layanan kesehatan, asuransi, serta biaya pribadi. Untuk tempat tinggal, kamu juga bisa memanfaatkan asrama kampus. Harganya lebih terjangkau, lokasinya sangat strategis karena terletak di area kampus, serta memiliki banyak fasilitas penunjang studi yang bisa kamu manfaatkan. Namun, jika kamu ingin memiliki privasi lebih, kamu bisa memutuskan untuk menyewa apartemen kecil atau flat dengan harga yang murah.

Nah, untuk kamu yang ingin kuliah di Malaysia tanpa mendaftar beasiswa, 3 universitas dengan kualitas terkemuka dan harga super terjangkau dibawah ini bisa menjadi salah satu pilihanmu!

Sunway University

Sunway University adalah universitas swasta yang berlokasi di Bandar Sunway, Selangor, Malaysia. Kalau soal riset, universitas ini sudah tidak perlu diragukan lagi! Mereka sangat aktif dan inovatif. Sunway juga berada dalam peringkat 2% teratas universitas di Asia dan meraih bintang 5 berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS). Selain fasilitas lengkap serta pengajaran komprehensif, salah satu program Sunway yaitu culinary menyandang status sebagai program andalan di kampus tersebut. Disini, biaya yang dikeluarkan dapat berkisar antara RM 53,360 hingga RM 94,000 untuk masa studi penuh tergantung program yang kamu pilih.

Asia Pacific University (APU)

Asia Pacific University of Technology & Innovation (APU) merupakan kampus swasta dimana teknologi, inovasi, serta kreatifitasnya berpadu untuk  mempersiapkan lulusan yang profesional dan mampu bersaing secara global. Dengan pengajaran yang berkualitas, APU meraih banyak penghargaan bergengsi di tingkat internasional. Universitas yang satu ini juga dikenal menyajikan program teknologi digital terbaik. Kamu bisa melihat jurusan IT mereka menjadi salah satu bidang yang memiliki reputasi tinggi dan sangat baik di APU. untuk biaya studi IT sendiri dapat merogoh biaya RM 87,100.

UCSI Malaysia

UCSI adalah lembaga pendidikan tinggi terkemuka yang memiliki kampus-kampus di Kuala Lumpur, Terengganu dan Sarawak. Di UCSI, kamu tidak akan kebingungan dalam memilih jurusan. Kampus ini menawarkan berbagai macam program akademik, mulai dari Kedokteran, Farmasi, Teknik, Bisnis, Musik, Seni Liberal, hingga Perhotelan. FYI, Musik merupakan salah satu jurusan UCSI yang termasuk dikenal sangat bagus. Biaya studi program musik dapat berkisar antara RM 50,060 hingga RM 69,950, sedangkan program seperti bisnis dapat mematok harga sekitar RM 64,800 hingga RM 69,950.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.