Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu
Sebelum Kuliah di Inggris, Inilah Fakta Newcastle University yang Harus Kamu Tahu
6 September 2021
Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aplikasi Visa Australia
Penting, Kamu Harus Tahu Tentang Aplikasi Visa Australia Ini!
8 September 2021

Kuliah di University of Utah, Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu!

Kuliah di University of Utah, Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu!

Sumber: University of Utah

Kuliah di luar negeri merupakan impian banyak orang. Salah satu negara yang dituju adalah USA. Terdiri dari beberapa negara bagian, jelas semakin banyak universitas yang bisa kamu pilih. Tak main-main, beberapa bahkan masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia, lho! Selain universitas kelas dunia, universitas di USA juga memiliki banyak jurusan yang mungkin sesuai dengan minat kamu. Bahkan berbeda negara bagian, banyak jurusan baru yang bisa kamu temukan. Apalagi jika negara yang kamu tuju seperti Utah. Salah satu universitas terbaiknya adalah University of Utah. Di kampus ini, banyak sekali jurusan dan program menarik untuk kamu ikuti. Jika kamu berminat kuliah di University of Utah, inilah hal-hal yang sayang untuk kamu lewatkan!

Berkenalan dengan University of Utah

Kuliah di University of Utah, Ini Hal-Hal yang Sayang Untuk Kamu Lewatkan!

Sumber: University of Utah

University of Utah juga terkenal dengan beberapa nama singkatan yakni U of U atau The U. Kampus ini berlokasi di Salt Lake City, Utah dan merupakan universitas negeri. Awalnya kampus ini memiliki nama University of Deseret oleh pemerintah lokal pada tahun 1850 yang membuat University of Utah menjadi institusi pendidikan tinggi tertua di negara bagian itu. Barulah pada tahun 1892, kampus ini mendapatkan nama yang digunakan sekarang dan berpindah ke lokasi kampus saat ini.

Kampus ini juga memiliki reputasi yang baik karena sekolah kedokterannya. Bahkan sekolah kedokterannya sudah menjadi member dari Association of American University (AAU) dan tergolong ke dalam “R1: Doctoral Universities” yang artinya penelitian di bidang kedokterannya cukup tinggi. Makanya, University of Utah juga memiliki rumah sakit yang bernama University of Utah Hospital. 

Tak hanya terkenal dengan sekolah kedokterannya, The U merupakan kampus yang cukup gemilang di bidang olahraga. Olahraga yang mengharumkan nama University of Utah antara lain Football, Basketball, dan Gymnastic. Dari olahraga Football sendiri, kampus ini  menjadi universitas pertama yang mahasiswanya masuk ke dalam daftar calon pemain NFL dan NBA pada tahun 2005. 

Atlet yang bergabung dari University of Utah antara lain Alex Smith untuk tim Football San Francisco 49ers dan Andrew Bogut yang bermain untuk tim basket putra Milwaukee Bucks. Tak mau kalah, tim Gymnastic putri yang di bawah naungan Megan Marsden telah memenangkan kejuaran nasional sebanyak 10 kali!

Jurusan Populer di University of Utah

Kuliah di University of Utah, Ini Hal-Hal yang Sayang Untuk Kamu Lewatkan!

Sumber: Pexels

Selain sekolah kedokterannya, kira-kira ada jurusan apa lagi sih yang bisa kamu pelajari di sana? Kampus ini menawarkan 18 program untuk Colleges and School dan lebih dari 100 departemen. Saking banyaknya program yang ada, pasti kamu bingung banget, deh memilih yang mana.

Ada 9 program yang terkenal dari kampus merah ini, antara lain Ballet, Biology, Computer Sciences, Dentistry, Law, Medicine, Pharmacology, Political Science, dan Turkish Studies Program. Program Ballet dari kampus ini merupakan salah satu yang terbaik dan tertua di USA. Program Computer Science dari University of Utah juga dikenal sebagai salah satu dari tim original penemu jaringan APARNET yang menjadi “induk” dari internet yang kita gunakan saat ini.

Tak hanya memiliki program yang terkenal, ada pula jurusan yang banyak diminati di kampus ini antara lain; Research and Experimental Psychology, Speech Communication and Rhetoric, Biology/ Biological Sciences, dan Nursing. Bagaimana cara memilih jurusan atau program yang ingin kita dalami? 

Kamu harus memahami dulu minat dan bakatmu dulu. Jika kamu kuat suka dengan ilmu pasti, maka kamu bisa mengambil program dan jurusan di bidang sains. Jika kamu menyukai ilmu lain, maka pilihanmu akan jatuh pada jurusan di bidang sosial, humaniora, politik dan lain-lain. Karena universitas luar negeri berbeda dengan universitas di Indonesia, tentu persyaratan penerimaan nya juga berbeda. Terkadang, kamu pasti bingung bagaimana mendaftarnya. Karena itu, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan konsultan pendidikan luar negeri terpercaya sebelum pergi.

Kehidupan di University of Utah

Sumber: University of Utah

Baik mahasiswa internasional ataupun mahasiswa lokal sebaiknya tinggal di akomodasi kampus. Apalagi bagi mereka yang merupakan mahasiswa tahun pertama, pastinya lebih mudah tinggal di asrama kampus untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus. Sedangkan mahasiswa pada tahun-tahun berikutnya memilih untuk tinggal di luar kampus baik di apartemen, rumah sewa atau homestay. Kampus ini juga termasuk ke dalam “dry campus” atau universitas yang melarang adanya alkohol di lingkungan kampus. 

Di luar fasilitas untuk perkuliahan, kampus ini juga menyediakan tempat untuk mahasiswa melakukan kegiatan bernama A Ray Olpin University Union. Biasanya lokasi ini digunakan untuk acara-acara kampus seperti Crimson Nights, PlazaFest, Grand Kerfuffle yang merupakan konser di akhir tahun perkuliahan.

Persyaratan Vaksin Covid-19 yang Wajib Dipenuhi

Sumber: Pexels

Karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir, University of Utah memberlakukan persyaratan baru untuk mahasiswa yang akan berkuliah di sana. Persyaratan ini tentunya seputar vaksin Covid-19 yang di antaranya:

– Siswa harus sudah menerima vaksin Covid-19

– Kampus menerima vaksin yang menerima afirmasi dari FDA seperti Pfizer dan jenis vaksin Covid-19 lain seperti Moderna dan Johnson & Johnson. Siswa juga sudah harus menerima dua dosis vaksin Covid-19.

– Untuk mahasiswa internasional, kampus tetap menerima jenis vaksin lain yang sudah diakui oleh WHO seperti AstraZeneca, Covishield, Sinopharm BIBP, dan Sinovac. Jika siswa belum menerima vaksin, maka mahasiswa harus mendapatkan vaksin yang tersedia di fasilitas kesehatan di USA. Vaksin-vaksin selain ini tidak dapat memenuhi persyaratan.

Mahasiswa wajib memenuhi persyaratan ini sebelum berkuliah di sana. Bagi siswa yang menunjukan bukti vaksin atau bukti pengecualian tidak menerima vaksin maka proses pendaftarannya akan ditahan. Siswa harus mengumpulkan berkas vaksin ini sebelum 30 September 2021 demi mencegah penangguhan pendaftaran. Jika tidak memenuhi persyaratan, maka siswa tidak akan memulai semester baru di musim semi 2022.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum kuliah di University of Utah. Ingat, persyaratan pendaftaran kampus di luar negeri sangat berbeda dari pada universitas di Indonesia. Supaya kamu lebih siap, sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan konsultan pendidikan luar negeri berpengalaman seperti SUN Education. SUN Education akan membantu kamu dalam mempersiapkan berkas-berkas persyaratan masuk universitas yang kamu tuju. Sayang banget, kan, sudah mimpi kuliah di luar negeri persyaratan kamu masih belum siap. Makanya, segera persiapkan semua persyaratan kuliah di luar negeri kamu bersama SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan