tips lancar berbahasa inggris
Tips Lancar Berbahasa Inggris Sampai Jadi Fast-Learner!
5 Agustus 2020
Ingin Kuliah di Luar Negeri Tapi Tidak Bisa Bahasa Inggris? Coba Tips Ini!
6 Agustus 2020

Kuliah Jurusan Akuntansi Susah Gak Sih?

Sumber: Freepik

Jurusan Akuntansi merupakan salah satu jurusan kuliah yang populernya sama seperti kedokteran dan hukum. Kalau dipikir-pikir, melihat banyaknya peminatkuliah jurusan akuntansi susah gak sih? Pertanyaan tersebut jadi muncul ke permukaan selain karena banyaknya saingan, jurusan akuntansi juga terdengar kabar kalau memiliki tantangannya tersendiri. Mulai dari mata kuliah yang ‘njelimet’ nya bikin mahasiswa lelah menatap langit kamar sampai yang katanya susah untuk lulus! Well, apa benar?

Sumber: Freepik

FYI, jurusan Akuntansi sendiri merupakan jurusan dimana kamu akan dibimbing agar mampu mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait; seperti menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi biaya, audit, analisis laporan, perencanaan, sampai standar profesional dan etika. Jadi, ilmu yang kamu pelajari inilah yang akan diaplikasikan ke dalam berbagai instansi bisnis. Baik itu yang bersifat profit, non-profit, publik, maupun instansi pemerintahan. Agar kamu mampu menjalani perkuliahan Akuntansi, tentunya kamu dituntut untuk teliti, kritis, dan senang untuk melakukan analisis serta problem solving.

Nah, kembali lagi ke pertanyaan: “Kuliah jurusan Akuntansi susah gak sih?”. Jawabannya adalah: tergantung bagaimana kamu menjalaninya. Selain harus berdampingan dengan kalkulator, sebagai anak Akuntansi kamu wajib balance dan detail. Kamu harus bisa teliti dalam mencari letak kesalahan saat menemukan selisih dan detail saat melihat transaksi keuangan. Misalnya, saat sedang menghitung berbagai data dan memisahkan data, kamu harus bisa teliti dalam menyelesaikan hal tersebut. Begitu pula halnya dengan menghitung debit dan kredit, pastikan hitungannya benar agar hasilnya bisa seimbang!

Itulah mengapa kalau kamu bekerja keras, jurusan Akuntansi adalah jurusan yang menyenangkan saat dijalani! Meskipun Akuntansi dikenal dengan banyaknya area yang perlu dipelajari serta “dipertanggungjawabkan”, jurusan ini juga punya banyak nilai plus lainnya loh! So, apa saja sih yang menjadi keuntungan dalam menempuh jurusan Akuntansi? Yuk simak beberapa poin yang ada di bawah ini:

 

Prospek Kerja Luas

Sumber: Freepik

 

Yup. Prospek kerja jurusan Akuntansi sangat luas! Perusahaan apapun akan bersinggungan dengan pengeluaran dan pemasukan. Buat kamu yang sudah menempuh studi Akuntansi, pasti lebih memahami hitung-hitungan pemasukan dan pengeluaran serta analisa. Dengan kemampuan yang kamu miliki dan banyaknya lapangan pekerjaan, kamu jadi berkesempatan besar untuk bekerja dalam bidang tersebut! Kamu bisa memilih untuk bekerja kementerian, start up, maupun perusahaan teknologi. Profesinya yang bisa kamu geluti juga bermacam-macam. Mulai dari ekonom, pegawai pajak, pemeriksa keuangan, akuntan, dan masih banyak lainnya.

 

Tidak ada kata “Susah lulus”

 

Sama seperti beberapa program studi lainnya, jurusan Akuntansi punya beban SKS yang bisa kamu selesaikan dalam kurun tiga hingga empat tahun. Kenapa tidak ada kata ‘’susah lulus’’?. Karena cepat lulus atau tidaknya tergantung pada performa studi yang kamu jalani. Lihatlah seperti apa usaha kamu dalam belajar, bagaimana kamu proaktif dalam berkonsultasi, diskusi, maupun bertukar pikiran dengan dosenmu. Disini motivasi kamu bisa dilihat dan durasi studimu akan bisa lebih cepat selesai jika usahamu dalam menempuh studi maksimal dan sungguh-sungguh.

Ilmu yang Penerapannya Multifungsi

 

Ketika kamu mempelajari studi mengenai Akuntansi, banyak ilmunya yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengeluaran biaya hidup dalam sebulan? Bisa kamu buatkan pembukuan agar tahu pemasukan dan pengeluaran yang ada! Dengan adanya pembukuan, kamu jadi lebih tahu uang yang kamu miliki dialokasikan untuk apa saja dan meninjau kembali pengeluaran mana yang memang esensial dan sebenarnya tidak penting. 

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memilih menempuh studi Akuntansi. Perlu diingat, sebelum menimbang-nimbang pilihan jurusan ini, kamu harus gali informasi lebih dalam ya. Pastikan kemampuan kamu masuk dan minat kamu sejalan dengan jurusan Akuntansi agar kamu tak kesulitan dalam menyelesaikan studi tersebut. On top of that, teruslah bersemangat dalam meneruskan pendidikanmu! Dengan motivasi dan niat sungguh-sungguh, kamu pasti bisa melakukan yang terbaik.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!