4 Kegiatan Mahasiswa University of Waterloo yang “Nyeni” Banget
4 Kegiatan Mahasiswa University of Waterloo yang “Nyeni” Banget
20 Agustus 2021
hasil tes ielts berapa lama
Nunggu Hasil Tes IELTS Berapa Lama Ya?
23 Agustus 2021

Kuliah Manajemen di Singapore Institute of Management, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!

Kuliah Manajemen di Singapore Institute of Management, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!

Sumber gambar: Singapore Institute of Management

Singapura merupakan salah satu negara di ASEAN yang akrab dengan Indonesia. Selain letak geografis dan budayanya yang hampir mirip, Singapura merupakan surganya orang Indonesia untuk belanja. Belum lagi di sana kamu juga bisa berlatih berbahasa Inggris karena digunakan dalam keseharian. Perjalanan dari Indonesia ke Singapura juga hanya memakan waktu 2 jam saja. Makanya Singapura juga jadi tujuan melanjutkan pendidikan bagi mahasiswa Indonesia. Apalagi bagi yang ingin belajar manajemen, pasti salah satu kampus yang dipilih adalah Singapore Institute of Management. Sekolah manajemen ini sudah memiliki nama baik di kalangan universitas di Singapura. Sebelum lanjut kuliah di Singapore Institute of Management, perhatikan hal-hal berikut ini!

Apa Itu Singapore Institute of Management?

Kuliah Manajemen di Singapore Institute of Management, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!

Sumber foto: Singapore Institute of Management

Singapore Institute of Management adalah kampus kampus swasta dan professional training yang fokus di bidang Manajemen di Singapura. Dibangun pada 28 November 1964, institusi ini telah terdaftar dalam Komite Pendidikan Swasta Singapura. Singapore Institute of Management juga menyediakan empat lini pendidikan yakni SIM International Academy, SIM Global Education, SIM Professional Development dan Singapore Cambodia Institute of Management di Kamboja. Dari tahun 2005 hingga 2017, Grup Singapore Institute of Management telah mendirikan juga mengelola Universitas SIM (UniSIM)

Singapore Institute of Management memiliki dua kampus yang berlokasi di Clementi Road dan Namly Avenue, Singapura. Untuk yang berlokasi di Clementi Road terdiri dari 4 area yang dipisahkan secara blok. Masing-masing blok sudah terdapat kantin, kantor administrasi, ruangan kelas, hall, laboratorium, perpustakaan dan fasilitas lainnya. Kampus Singapore Institute of Management yang berlokasi di Namly Avenue merupakan management house yang juga memiliki ruang kelas perkuliahan, kantin dan kantor administrasi. Sedangkan Singapore Cambodia Institute of Management yang berada di Kamboja berlokasi di One Park, Phnom Penh City Center.

Singapore Institute of Management berkomitmen penuh untuk memberikan pengalaman dan peluang pembelajaran yang inovatif dan berbasis keterampilan yang bisa diterapkan di dunia kerja bagi mahasiswa. Dengan komitmen ini, tak heran setelah hampir 57 tahun berdiri, kampus ini telah menghasilkan kurang lebih 165.000 alumni dan 17.000 mahasiswa yang aktif terhitung di tahun 2020.

Program Singapore Institute of Management

Kuliah Manajemen di Singapore Institute of Management, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!

Singapore Institute of Management

Kampus ini menawarkan lima program yang bisa diikuti baik mahasiswa lokal atau mahasiswa internasional. Ada program Full-time, Part-time, Executive Programmes and Conferences, Customized Learning and Development Solutions dan Scholarships. Singapore Institute of Institute bekerja sama dengan universitas-universitas dari Australia, Eropa, dan Amerika dalam melangsungkan program pembelajaran di bidang manajemen.

Misalnya untuk program Full-time, kampus ini bekerjasama dengan University at Buffalo di New York, University of Wollogong di Australia, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk program Part-time, Singapore Institute of Management menyediakan program berdasarkan jurusan di antaranya Bisnis, IT dan Sains Komputer, Perawatan dan Program Spesialisasi seperti Informasi Sains Geografi, Penerbangan dan Manajemen Konstruksi. Nantinya siswa bisa memilih universitas mana yang sesuai dengan jurusan yang ingin kamu dalami.

Bagi yang tertarik mengikuti program Executive Programmes and Conferences, tersedia Program Eksekutif, Kursus Online RMIT, SIM-SG Spesialisasi Program Manufakturing dan Singapore Management Festival. Jika kamu membangun perusahaan sendiri dan ingin menguji sejauh mana kompetisi produk kamu di pasaran sebelum diluncurkan, kamu bisa bergabung dengan program Customized Learning and Development Solutions. Di sana kamu akan bertemu dengan kelompok yang kompeten untuk mendiskusikan strategi bisnis hingga keunggulan produk yang kamu pasarkan di masa depan.

Merasa diri kamu belum menemukan karir di bidang yang tepat? Tenang, kamu bisa mengikuti program Learner Advisory and Career Center dari Singapore Institute of Management. Di sini kamu akan diberikan solusi berdasarkan skill dan personality kamu. Kamu juga akan mendapatkan career mentoring untuk membantumu menemukan karir yang tepat hingga menganalisis peluang kerja sesuai bidang kamu di masa depan. Terakhir, Singapore Institute of Management juga memberikan program beasiswa pada siswa yang berbakat. Tak hanya dilihat dari sisi akademis, beasiswa juga diberikan untuk kamu yang berprestasi di bidang olahraga dan seni.

Akomodasi di Singapura

Kuliah Manajemen di Singapore Institute of Management, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!

Sumber gambar: Pexels

Jauh dari rumah, tentunya kamu harus menemukan akomodasi sebagai tempat tinggal selama belajar di Singapura. Ada beberapa macam akomodasi yang bisa kamu pilih. Dimulai dari menyewa apartemen, HDB Flats atau rumah. Apa bedanya HBD flats dengan apartemen? HDB flats adalah flat yang dimiliki oleh pemerintah dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan apartemen yang dibangun perusahaan swasta. Biaya menyewa apartemen sekitar S$ 1.200-1.500 per bulan. Sedangkan untuk HDB flats kamu bisa mendapatkan harga sekitar S$ 800-1000 per bulan.

Pilihan lain yang lebih murah jatuh pada homestay atau tinggal di rumah keluarga Singapura. Eits, homestay juga ada biayanya, kira-kira S$ 800- 1.000 per bulan tapi sudah termasuk makan. Catat, harga ini juga tergantung dengan lokasi tempat kamu tinggal. Semakin dekat dengan pusat kota, maka harganya juga akan lebih mahal.

Transportasi di Singapura

Sumber foto: Pexels

Singapura bisa dikatakan negara dengan sistem transportasi umum yang baik dan nyaman. Transportasi yang digunakan bisa berupa bus, MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rapid Transit), taksi, bahkan layanan kendaraan online yang bisa dipesan langsung dari handphone kamu. Untuk berkeliling dengan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan uang tunai atau kartu EZ Link. Kartu ini sangat praktis karena bisa digunakan untuk semua transportasi di Singapura. Pengisiannya pun mudah, kamu bisa mengisi di mesin ATM, stasiun MRT, stasiun bus, atau di minimarket.

Stasiun MRT di Singapura sendiri sangat banyak, jadi pastikan untuk EZ Link kamu tetap terisi. Transportasi ini juga merupakan transportasi umum yang banyak dipilih karena jangkauannya yang luas dan waktu menunggunya juga tidak terlalu lama. Tarifnya pun cukup murah, untuk umum berkisar S$ 0,83 hingga S$ 1,57 tergantung jarak tempuh. Untuk pelajar juga ada tarif khusus yang tentunya lebih murah.

Selain MRT, ada pula LRT yang menjadi layanan tambahan untuk membawa kamu ke stasiun MRT terdekat. Biasanya LRT beroperasi di kawasan perumahan tertentu dan sudah memiliki empat jalur. Untuk tarif LRT sendiri dikenai biaya S$ 0,70 hingga S$ 1,30. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan anggaran untuk transportasi, ya!

Kehidupan di Singapura

Sumber foto: Pexels

Singapura dikenal sebagai negara yang sangat disiplin, jadi ingat, semua peraturan yang dibuat untuk kamu patuhi. Gagal mematuhi peraturan ini, kamu bisa-bisa mendapatkan denda! Peraturan-peraturan sederhana yang harus kamu patuhi sehari-hari adalah dilarang buang sampah sembarangan, merokok tidak sesuai dengan tempat, bahkan meludah sembarangan pun tidak diizinkan.

Meskipun bahasa utama Singapura adalah Inggris atau sering disebut Singlish, Singapura juga merupakan negara yang multikultural. Selain bahasa Inggris, bahasa yang digunakan antara lain Mandarin, Melayu dan India. Bahasa-bahasa ini sering digunakan karena masyarakat Singapura yang datang dari negara-negara sekelilingnya.

Terakhir, yang tak boleh dilewatkan adalah biaya hidup di Singapura. Meski menjadi destinasi favorit orang Indonesia, Singapura termasuk negara yang biaya hidupnya tinggi di Asia. Setidaknya kamu harus menyediakan dana sekitar S$ 1.204 per bulannya. Biaya ini sudah termasuk tempat tinggal, transport, tagihan utilitas, makanan dan minuman, komunikasi, belanja bulanan hingga asuransi. Tapi biaya ini bisa kamu atur kembali menyesuaikan dengan kantong kamu.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan