Mudahnya Magang di Era Pandemi Berkat Virtual Internships
23 Agustus 2021
SUN Education Study Club by Qatar Airways
24 Agustus 2021

Kuliah Ramah Kantong di University of Twente Belanda

Kuliah Ramah Kantong di University of Twente

Sumber foto: https://www.utwente.nl/

Cari kuliah ramah kantong di Belanda? Pilih University of Twente saja! Bukan rahasia lagi, Belanda merupakan negara yang ramah bagi orang Indonesia. Hal ini dikarenakan sejarah mempertemukan dua negara di beda benua ini. Namun, tak cuma ramah untuk orang Indonesia saja, Belanda juga ramah untuk kantong pendatang. Bahkan, bisa dikatakan Belanda termasuk negara yang murah di Eropa. Makanya, buat pelajar yang mau meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Eropa, Belanda jadi surga dunianya. Salah satu universitas terbaik di Belanda adalah University of Twente. 

University of Twente ini adalah universitas teknik berbasis riset sehingga menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi future entrepreneur. Kawasan kampus yang hijau dengan rangkaian fasilitas yang mendukung, Universitas ini selalu jadi salah satu universitas terbaik di Belanda. Penasaran dengan kampus ini? Yuk, simak penjelasan lengkap seputar University of Twente di bawah ini. Dijamin bikin kamu tak sabar untuk sekolah di sana, deh!

Siapa Sih University of Twente? 

Kuliah ramah kantong di University of Twente

Sumber foto: https://www.utwente.nl/

Universitas ini didirikan pada 1961 silam. Kampusnya terletak di kota Enschede, Belanda. Dengan sejarah panjang hampir 50 tahun berdiri, kampus ini sudah menelurkan hampir 50.000 alumni yang tersebar di dunia. Bukan tanpa alasan, Universitas ini merupakan kampus yang memadukan teknologi, sains, teknik dengan ilmu sosial yang berpengaruh besar pada lingkungan sekitar. 

Di Belanda sendiri, Universitas ini dikenal sebagai kampus yang inovatif dengan fasilitas kelas dunia. Salah satunya dengan didirikannya beberapa lab yang bisa digunakan oleh mahasiswa selama masa pembelajaran. Ada NanoLab dengan akses terbuka MESA+, Designlab untuk mendesain prototipe teknologi terbaru dan Technical Medical Centre yang sedang dibangun untuk mengembangkan teknologi di bidang kesehatan dunia. Semua laboratorium ini juga sudah dirancang khusus sehingga tidak akan berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar.

Bicara soal pembelajaran, Universitas ini juga menjunjung pendidikan yang sangat personal. Mahasiswa dibimbing untuk bisa bekerja sama sehingga dapat memecahkan masalah bahkan dengan cara yang sangat out of the box. Mereka juga menyediakan student counselor berpengalaman untuk mendampingi mahasiswanya. Dengan bekal ini, tak heran University of Twente kini telah melahirkan lebih dari 1000 lapangan pekerjaan baru dari tangan-tangan alumninya. Makanya, universitas ini sudah berkali-kali dinobatkan sebagai “Most Entrepreneurial University in the Netherlands” oleh Science Works.

Program Studi dan Jurusan di University of Twente

University of Twente menawarkan program studi mulai dari sarjana, master, PHD hingga program summer school dengan berbagai macam bidang studi. Tenang, summer school ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehingga mahasiswa internasional dari berbagai negara bisa mengikutinya. Jadi, buat kamu yang penasaran seperti apa suasana belajar di Universitas ini bisa mengikuti summer school terlebih dahulu.

Untuk program sarjana, terdapat 5 fakultas yakni, Business Study and Public Policy, Engineering and Technology, Information Technology, Life Sciences and Medicine, Natural Sciences dan Social Sciences. Program sarjana ini dilaksanakan selama tiga tahun. Sedangkan yang ingin menempuh program magister, pembelajaran yang ditawarkan menjadi lebih banyak. Mulai dari Business Studies and Public Policy, Engineering and Technology, GEO-Information Science and Earth Observation, Social Sciences, Information technology, Life Science and Medicine, dan Natural Sciences. Jadi ada program magister linear untuk melanjutkan studi kamu sebelumnya juga.

Selain summer school, University of Twente juga menawarkan banyak program menarik yang bisa kamu ikuti. Program ini ditujukan untuk para profesional dan calon mahasiswa. Program yang disediakan adalah Online Courses, PHD & PDENG Programmes, Pre-University, Professionals & Executives Education, dan Stadium Generale Lectures. Untuk pendaftaran program-program ini kamu bisa langsung mengecek website University of Twente atau stay tuned di aplikasi SUN Education Group yang sudah bisa kamu download di App Store atau Google Play.

Biaya Kuliah University of Twente untuk International Student

Kuliah Ramah Kantong di University of Twente

Sumber gambar: https://www.utwente.nl/

Dengan fasilitas yang memadai dan program studi yang menarik, tak heran banyak yang ingin berkuliah di University of Twente ini. Karena adanya pandemi Covid-19, University of Twente memberikan diskon khusus baik untuk mahasiswa internasional, mahasiswa lokal atau mahasiswa Uni Eropa. Lantas, berapa biaya untuk bisa kuliah di University of Twente ini?

Biaya yang dikenakan untuk international student lebih mahal dibandingkan untuk mahasiswa lokal atau warga negara dari Uni Eropa. Untuk international student sendiri, biayanya mencapai € 9.250 hingga € 10.750 per tahunnya sudah termasuk asrama, buku pelajaran, voucher makanan, visa dan asuransi. Namun, biaya ini akan mengalami penyesuaian setiap tahunnya dan tentunya sesuai dengan bidang studi yang dipilih.  Apakah ada beasiswa untuk International Student khususnya mahasiswa Indonesia? Tentunya ada! Beasiswa yang diberikan tidak hanya untuk program sarjana, tetapi juga magister, lho!

Bagi program studi sarjana, kamu bisa mencoba melamar ke program Holland Scholarship. Beasiswa ini diberikan oleh University of Twente untuk mahasiswa internasional yang bukan dari Uni Eropa. Pemberian scholarship sebesar € 5000 hanya untuk tahun ajaran pertamanya. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar

Sebelum kamu mendaftar ke University of Twente, ada hal-hal yang perlu kamu persiapkan dulu, nih. Jauh-jauh hari, kamu harus sudah tahu, kira-kira jurusan apa yang mau kamu dalami selama 3 tahun kuliah di University of Twente. Jangan sampai salah jurusan, ya, karena kamu akan rugi banget kalau salah jurusan. Masih bingung dengan jurusannya? Kamu bisa baca-baca informasi lengkapnya di website resmi dari University of Twente.

Setelah menemukan jurusan yang kamu minati, langkah selanjutnya adalah mencari persyaratan untuk penerimaan mahasiswa barunya. Beda jurusan, beda pula berkas-berkas yang harus disertakan untuk pendaftaran. Misalnya, ada yang meminta menyertakan laporan keuangan, surat referensi, bahkan portofolio. Biasanya yang sering diminta adalah 

Hasil ujian bahasa Inggris yang diakui oleh internasional. Untuk Universitas ini sendiri, yang diminta adalah IELTS, TOEFL iBT dan dari Cambridge. Jadi, sebelum kamu mendaftar, jauh-jauh hari bahkan dari tahun sebelumnya kamu sudah harus menyiapkannya. 

Jangan lupa untuk memperhatikan kapan waktu pendaftaran dimulai dan ditutup sehingga kamu bisa menyiapkan berkas-berkasnya sebelum waktunya tiba. Kalau merasa belum siap dan kurang informasi, kamu bisa menghubungi admin universitasnya di website resmi. Bisa juga kamu menghubungi alumni University of Twente asal Indonesia untuk mengetahui informasi lengkap mengenai pendaftaran kampus tersebut.

Menempuh pendidikan tinggi di kampus impian sudah merupakan cita-cita bagi banyak orang. Meskipun tidak berada di negeri sendiri, bukannya mustahil untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Jika kamu merasa Universitas ini adalah sekolah impian, maka sejak kini kamu harus mempersiapkan sematang mungkin. Mulai dari mengikuti les bahasa Inggris untuk memenuhi syarat sertifikat bahasanya, atau mulai les bahasa Belanda sebelum berangkat ke sana.

Kamu juga boleh mengikuti program lain seperti Summer School dari Universitas ini untuk merasakan kehidupan kampus yang asri dan canggihnya. Kalau sudah merasakannya langsung, kamu pun bisa menimbang-nimbang keputusan untuk menyelesaikan studi-mu di sana. Tetap semangat meraih impianmu, ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan