studi luar negeri
Pengalaman Kuliah di Kanada yang Super Seru!
12 Juni 2020
Meet The Experts With Senior Student Advisor & Test Preparation Expert
Meet The Experts With Senior Student Advisor & Test Preparation Expert
17 Juni 2020

Kuliah S1 Paling Cepat Berapa Berapa Tahun? Apa Keuntungannya?

kuliah S1 paling cepat berapa berapa tahun

kuliah S1 paling cepat berapa berapa tahun

Umumnya, gelar S1 atau bachelor degree membutuhkan waktu 3 hingga 4 tahun, bahkan 6 tahun tergantung jurusan dan program kuliah yang dipilih. Tetapi saat ini, sudah banyak inovasi baru. Jika ada pertanyaan kuliah S1 paling cepat berapa tahun? Maka jawabannya adalah: ternyata di luar negeri ada program kuliah yang bisa ditempuh selama 2 tahun studi saja! 

Program tersebut dikenal dengan istilah fast-track program. Dalam program ini, mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah S1nya hanya dalam 3 tahun, atau bahkan 2 tahun saja, tergantung program dan jurusan yang dipilih. Gagasan di balik dicetusnya program gelar ‘jalur cepat’ atau fast-track ini adalah bahwa agar siswa dapat menghemat uang untuk biaya studi, akomodasi, dan biaya lainnya serta lebih cepat memasuki dunia kerja.

kuliah ke luar negeri

Sumber: Freepik

Jadi, fast-track dapat disebut sebagai program percepatan kuliah. Konsepnya pun mirip dengan akselerasi di sekolah, dimana materi pelajaran disusun lebih padat sehingga masa studi dapat dipersingkat dibandingkan “normal track”. Tren studi ini sudah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir loh. Sudah banyak universitas di luar negeri yang menawarkan program studi ini. 

Mulai dari Australia, Selandia Baru, Inggris, hingga Eropa. Universitas tersebut pun rata-rata tak lain merupakan universitas terkemuka, seperti Newcastle University, UTS Insearch, UWE Bristol, Lipscomb University, dan juga The Hague Pathway College. Baiknya, saat kamu kuliah ke luar negeri, kamu bisa mendapatkan pengalaman super berbeda! Kamu pastinya bisa hidup lebih mandiri, berkomunikasi dengan orang dengan latar belakang berbeda, serta mendapatkan standar kualitas pendidikan yang jauh lebih baik.

Baca Juga : 8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

Beberapa bidang studi yang menawarkan fast-track degree termasuk keperawatan, bisnis, hukum, dan juga kedokteran. Untuk masing-masing persyaratan penerimaan, format kursus, dan waktu penyelesaian bervariasi tergantung pada universitas yang menawarkan program tersebut. Selain itu, banyak siswa yang mengikuti fast-track degree yang bersifat dual program. Artinya siswa yang terdaftar dapat menempuh perkuliahan secara bersamaan untuk gelar sarjana dan advanced degree. FYI, para pelajar dari seluruh dunia sudah banyak yang memilih program fast-track karena program tersebut memiliki beberapa keunggulan, seperti:

Lebih Singkat

 

Dengan program ini, saat ditanya “Kamu kuliah S1 paling cepat berapa tahun?”, kamu bisa menjawabnya dengan “Aku akan melakukannya dalam waktu kurang dari 3 tahun!”. Yup. Inilah keuntungan fast-track. Sesuai dengan namanyakarena ini accelerated program, kamu bisa menempuh studi lebih cepat dibandingkan dengan program kuliah biasa. Kebanyakan program fast track disusun berdasarkan program kuliah/jurusan yang telah ada. Hanya saja, waktunya disingkat dari 4 menjadi 3 tahun, atau dari 3 menjadi 2 tahun. Jumlah jam kuliah dari program fast-track sama dengan program biasa.

Intensif

 

Perbedaan program kuliah biasa dengan program fast-track adalah, program fast-track tentu jauh lebih intensif. Jika di program kuliah biasa dalam satu tahun hanya ada 2 semester, maka di program fast-track dalam 1 tahun ada 3 semester. Oleh karena itu, umumnya masa liburan dalam program fast track juga bisa lebih singkat daripada program kuliah biasa.

Baca Juga : 5 Jurusan yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Percepatan Karir

 

Secara potensial, fast-track degree bisa memberikan dan menempatkan siswa satu tahun tambahan dalam jenjang karir mereka. Yang mana berarti saat siswa sudah terjun dalam dunia kerja, mereka akan memiliki kesempatan besar untuk ditempatkan lebih baik dalam promosi atau kenaikan gajitentunya yang didapatkan dalam hasil program fast-track mereka.

 

Kemudahan Finansial

 

Fast-track degree bisa menghemat lebih dari $15.000. Sangat hemat bukan? Penghematan serupa juga berlaku untuk tingkat tingkat atas. Kemudahan finansial pun tidak berhenti sampai situ saja. Saat memasuki dunia kerja dengan fast-track degree, kamu bisa mulai menghasilkan income dengan segera dan mungkin saja beban pinjaman yang sewaktu dilakukan bisa lebih ringan. Terlebih, program fast-track yang ada di luar negeri bisa membuatmu mengurangi pengeluaran biaya hidup yang lebih rendahtergantung di negara mana kamu memilih untuk belajar.

Baca Juga : 3 Kampus Swasta Terbaik Asal Amerika

‘Climb Ladder Faster’

Tidak hanya memasuki dunia kerja lebih cepat, fast-track degree bisa memberimu keunggulan dalam pasar kerja yang kompetitif saat ini. Menurut Jolliffe,  banyak lulusan fast-track degree berhasil meraih posisi administrasi peringkat tinggi saat mereka sudah berkecimpung dalam dunia kerja.

Terkadang di beberapa negara, ada universitas yang menawarkan program studi selama 3 tahun dengan equal value dalam ‘tiga perempat waktu dan tiga perempat biaya’ serta tidak ada course tambahan saat liburan musim panas. Artinya, program tersebut punya kelebihan dimana kamu sebagai siswa masih tetap memiliki waktu luang. Waktu luang tersebut dapat diisi dengan kegiatan seperti bekerja saat musim panas, internship, travelling, maupun menggunakannya untuk beristirahat.

studi ke luar negeri

Sumber: Freepik

Beberapa siswa yang telah memilih program fast-track berpendapat bahwa mereka memang sudah memiliki rencana jelas kedepannya untuk segera berkarir lebih cepat satu tahun. Meski dipercepat, program fast-track yang intensif tersebut masih dapat dikelola dan pengalaman kuliah tetap terasa menyenangkan. Bagi mereka, program fast-track masih tetap dapat memberikan waktu liburan yang cukup.

Nah, meskipun begitu, fast-track degree merupakan program yang menantang. Tidak hanya sebagian besar programnya memiliki persyaratan penerimaan yang ketat dan juga masa studi yang dipercepat, tetapi kamu harus berusaha lebih keras saat menempuh program ini. Kamu perlu motivasi yang besar, berkomitmen, dan fokus sebelum memutuskan untuk mengejar fast-track degree sebagai pilihan S1 mu. Mengapa? Tentu agar kamu bisa lebih siap serta mudah dalam menghadapi perkuliahan nantinya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!