Universitas John Moores Liverpool
20 Juni 2013
Kesempatan Beasiswa Parsial di Amerika
Kuliah untuk Investasi Masa Depan
15 Juli 2013

Kuliah S2, Perlukah?

Apakah perlu kuliah S2 ?

Apakah perlu kuliah S2 ?

Apakah perlu kuliah S2 ? Setelah lulus kuliah S1, apa yang terlintas dalam pikiran kamu? Sebagai fresh graduate, langsung cari kerja? Lanjut & sambung kuliah S2? atau kerja dulu baru lanjut kuliah? Masing-masing orang punya opini dan cita-cita masing-masing. Tidak salah kalau kita yang lebih pilih karir, tidak salah juga kalau kita pilih kuliah.

Menurut saya, perlu atau tidaknya melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi itu kembali kepada minat masing-masing. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa sekolah gak perlu  tinggi-tinggi karena ujung-ujungnya kembali bekerja mencari uang. Mereka berpendapat  pendidikan memang penting, tapi tidak sedikit juga orang bisa sukses dengan hanya sekolah  rendah (drop out kuliah, tidak kuliah, dll). Ada juga yang memang suka belajar, menekuni  dunia bidangnya, berkutat dengan buku dan penelitian, mengeksplorasi  lebih jauh suatu ide & ilmu. Itu kembali lagi kepada mindset dan minat masing-masing orang. Jika Anda punya minat yang tinggi, tuntutlah ilmu sampai ke negeri China (salah apa si ilmu :D).

Kadang banyak yang bertanya, alasan apa yang mendasari seseorang melanjutkan kulisah S2?  Biasanya ada beragam alasan ketika seseorang memutuskan untuk melanjutkan kuliah lagi.  Termasuk di antaranya:

– Merasa masih kurang dan ingin belajar lagi

– Masih ingin tinggal di perantauan (bagi yang kuliah di luar kota/luar negeri) lebih lama

– Gelar, titel di belakang nama

– Gengsi dan simbol status

– Perbaikan karir

Investasi untuk jangka panjang

– Dipaksa atau disuruh orang tua

– Mau jadi professor

– dll

Saya sendiri sebagai mahasiswa S2, alasan melanjutkan kuliah lagi adalah point ke 5 & 6  :p. Karena setelah lulus S1, saya sempat kerja 2,5 tahun di Jakarta  lalu akhirnya kembali kuliah S2 IT sambil kerja. Nah, setelah saya akhirnya melanjutkan kuliah S2, tiba2 baca artikel blog dosen saya yang cukup menantang, terutama untuk anak teknik yang menuntut skill (mis IT). Artikelnya “Pilih Mana? Gelar S2 atau sertifikasi IT? Woww… cukup kompleks juga ya. Ya, karena artikel ini membahas kuliah S2, jadi saya tidak akan kasih bocoran pertanyaan artikel blog dosen saya, hahaha…

Sebelum benar2 memutuskan melanjutkan kuliah S2, kadang kita harus memikirkan, mau dibawa kemana ilmu dan skill gelar Master kita. Walau tujuan awal saya pingin perbaikan karir tapi  tetap saja sebisa mungkin karir saya masih erat kaitannya dengan IT supaya kuliah saya tidak  terkesan sia-sia. Walau tidak bisa dijadikan patokan khusus, karena semakin sengitnya persaingan dunia kerja, pendidikan tinggi kadang bukanlah senjata yang ampuh mendapatkan  karir yang bagus. Tentunya pengalaman kerja & skill juga merupakan faktor penting dalam dunia kerja.

Yang pastinya, apapun keputusan yang diambil, pastinya yang terbaik buat karir dan masa  depan Anda. Dan tentunya ilmunya bisa bermanfaat di dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

NB : Ditulis oleh Alpen Yap, seorang mahasiswa S2 IT dari salah satu universitas swasta di Jakarta

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!