ielts preparation jakarta
Nyari IELTS Preparation di Jakarta? Kenalan dengan SUN English, Yuk!
9 April 2021
macam macam beasiswa
Masih Bingung Tentang Jenis Beasiswa? Ketahui Dulu Macam-macamnya!
11 April 2021

Kuliah di Universitas Jurusan Desain Grafis? Begini Prospek Kerjanya!

Sumber: Freepik

Seiring berjalannya waktu, pola komunikasi semakin berkembang dan kreatif. Konsepnya cenderung visual dibandingkan audio atau tekstual. Kamu bisa melihat iklan ataupun karya seni mulai banyak menggunakan visual yang mampu menangkap perhatianmu sebagai audiens! Disamping itu, industri kreatif saat ini memang dinilai inovatif dalam konsep kreativitas. Mereka pun mulai membutuhkan para profesional berbakat serta berpendidikan tinggi dalam seni visual. Biasanya, mereka mencari-cari lulusan universitas jurusan Desain Grafis.

universitas jurusan Desain Grafis

Sumber: Unsplash

Kamu yang menyenangi seni visual tentu berkesempatan menyelami karir dalam bidang ini! Menempuh kuliah di universitas dengan jurusan Desain Grafis akan memberikanmu seluruh pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan sebelum memasuki dunia kerja nantinya. Jurusan Desain Grafis atau yang disebut juga dengan Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan ilmu yang mempelajari penyampaian pesan sebagai komunikasi dengan menggunakan elemen visual serta rupa. Kamu akan belajar mengolah pesan secara  komunikatif serta efektif dan ‘menyulapnya’ sekreatif mungkin agar dapat mencapai sasaran. Bentuk, warna, huruf, hingga hal berkaitan dengan visual lainnya juga akan kamu pelajari saat kuliah.

Peluang kerja Desain Grafis sangatlah luas terutama dalam industri kreatif! Kamu berkesempatan untuk memilih bekerja secara freelance, di agensi, maupun perusahaan. Biar lebih jelasnya, berikut ini beberapa prospek kerja menarik untuk kamu sebagai lulusan universitas jurusan Desain Grafis:

Tim Kreatif dalam Agency

universitas jurusan Desain Grafis

Sumber: Freepik

Dinamis dan kreatif. Kedua kata tersebut bisa menggambarkan aktifnya aspek kreativitas dalam sebuah agency. Jika memiliki kemampuan dalam membuat konten visual yang sesuai dengan image, aspek, dan standar mereka, agency bisa menjadi pilihan untukmu! Kamu bisa memilih untuk mengajukan aplikasi di berbagai jenis agency seperti; advertising, marketing, branding, maupun online media. Disana kamu akan dituntut untuk menciptakan konten visual yang kreatif sesuai dengan kebutuhan klien. Sama halnya dengan branding agency, kamu harus bisa membuat logo, brand identity, serta tampilan visual yang menunjang brand perusahaan klien mu.

Desainer Grafis Perusahaan Penerbitan

Perusahan penerbit seperti buku dan majalah juga membutuhkan desainer grafis dalam divisinya. Kamu bisa mengerjakan cover buku setiap penulis, konten di sosial media perusahaan untuk tujuan branding, bahkan hingga layouting buku. Pekerjaan yang satu ini termasuk menarik dimana kamu berkesempatan ‘mengasah ide’ dalam mendesain sampul buku ataupun rubrik majalah yang memiliki topik cerita berbeda.

Stasiun TV dan Perusahaan Film

Sumber: Freepik

Media massa elektronik seperti televisi dan film juga membutuhkan konten visual. Mereka umumnya membutuhkan tenaga profesional yang bisa menyusun storyboard, special effect, trailer tayangan, materi promosi di spanduk, poster film, iklan untuk di televisi, dan masih banyak lainnya. Disini kamu sebagai desainer grafis biasanya memerlukan kerjasama dengan pihak lain seperti penulis, editor, hingga sutradara.

Pengembang Games

Games termasuk sebagai pasar yang sangat ramai diminati. Setiap era akan selalu ada game baru bermunculandan game yang menarik akan selalu ‘stay’ populer sampai kapanpun. Disinilah peluangmu sebagai desainer grafis terbuka lebar! Kreativitasmu akan dibutuhkan dalam membuat karakter permainan, merancang konsep, berdiskusi mengenai visual sistem game, hingga materi promosi berupa poster dan iklan dalam bentuk online maupun offline. Biasanya nanti kamu akan bekerjasama dengan programmer atau animation designer.

Freelancer

Sumber: Freepik

Sebagai alumni universitas jurusan Desain Grafis, kamu juga bisa berkarir menjadi desainer lepas atau yang disebut freelance. Kamu dapat memasarkan karyamu kapan saja dan dimana saja. Jauh lebih fleksibel. Pekerjaan desain grafis dalam freelance meliputi proyek desain cetak maupun digital. Kamu akan diminta untuk mengerjakan desain logo, poster, flyer, periklanan, layouting, hingga membuat ilustrasi. Biasanya kamu harus membuat sendiri seluruh master desainnya, bukan mengerjakan turunan yang sudah ada. Freelance termasuk menyenangkan karena kamu bebas memilih proyek desain yang kamu sukai atau sesuai dengan keinginanmu.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.