alasan memilih jurusan arsitektur
Masih Bingung? Ini 6 Alasan Memilih Jurusan Arsitektur
24 Desember 2021
fakta tentang australia
Sebelum Studi di Sana, Ketahui Dulu 5 Fakta Tentang Australia!
28 Desember 2021

Kurang Satu Saja Syarat Masuk Jurusan Perhotelan Ini, Bisa Gagal Masuk Universitas Pilihan!

Kurang Satu Saja Syarat Masuk Jurusan Perhotelan Ini, Bisa Gagal Masuk Universitas Pilihan!

Sumber: Pixabay

Dunia perhotelan merupakan industri yang tak ada matinya. Makanya, berkuliah dengan jurusan perhotelan menjadi cita-cita banyak anak muda. Tak main-main, di Indonesia saja pendidikan perhotelan sudah tersedia sejak jenjang SMK. Industri ini juga bisa bergerak global dalam artian kamu bisa bekerja di hotel-hotel lintas negara. Keren banget, kan? Buat kamu yang mau kuliah di jurusan ini, wajib banget tahu syarat masuk jurusan perhotelan. Nggak sembarangan, syarat-syarat ini ampuh menyiapkan kamu sebelum akhirnya resmi terjun ke industri perhotelan. Calon mahasiswa/i perhotelan, yuk, simak syarat masuk jurusan perhotelan berikut ini!

 

Punya Minat pada Bidang Perhotelan dan Pariwisata

Kurang Satu Saja Syarat Masuk Jurusan Perhotelan Ini, Bisa Gagal Masuk Universitas Pilihan!

Sumber: Pexels

Salah satu kunci utama berkecimpung di dunia perhotelan adalah memiliki minat yang tinggi. Tak hanya pada bidang perhotelan, minat di bidang pariwisata juga tak bisa dilepaskan. Dengan adanya minat ini, kamu seperti memiliki rasa penasaran yang tinggi dan dorongan untuk terus belajar dan berinovasi dalam memajukan dunia perhotelan. Tanpa minat yang tinggi, tentunya kamu akan sulit untuk menerima materi perkuliahan dan tak bersemangat untuk berkecimpung dalam dunia perhotelan. 

 

Menguasai Bahasa Asing

Kurang Satu Saja Syarat Masuk Jurusan Perhotelan Ini, Bisa Gagal Masuk Universitas Pilihan!

Sumber: Pexels

Syarat masuk jurusan perhotelan lainnya adalah menguasai bahasa asing. Sebagai salah satu bidang jasa, tentu yang menjadi prioritas adalah pelanggan atau dalam dunia perhotelan adalah tamu. Tamu yang datang tak akan hanya dari negara kita saja, pastinya akan ada kunjungan tamu internasional yang singgah di hotel. Di sinilah kemampuan berbahasa asing kamu diperlukan. Bahasa asing yang utama dikuasai adalah bahasa Inggris, sedangkan bahasa lain yang sering digunakan antara lain Mandarin atau Jepang.

Selain digunakan untuk melayani tamu, kemampuan berbahasa Inggris ini juga mengantarkan kamu bila mendapatkan kesempatan bekerja di hotel luar negeri. Jadi, dari sekarang boleh deh kamu mulai untuk ikut les bahasa asing untuk menambah kemampuan berbahasa asing kamu!

 

Pintar Berkomunikasi

Kurang Satu Saja Syarat Masuk Jurusan Perhotelan Ini, Bisa Gagal Masuk Universitas Pilihan!

Sumber: Pexels

Kuliah jurusan perhotelan akan menuntut kamu bisa pintar dalam berkomunikasi. Pasalnya kamu harus berhadapan dengan banyak orang saat bekerja di hotel. Saking pentingnya kemampuan komunikasi ini, beberapa kampus memasukkan mata kuliah komunikasi ke dalam program kuliah perhotelan. Kemampuan ini akan berguna supaya kamu bisa lebih efektif berkomunikasi dengan tamu misalnya dalam menyediakan jasa bahkan menerima dan mengatasi komplain dari mereka.

 

Memiliki Wawasan yang Luas

Sumber: Pexels

Wawasan yang luas juga menjadi salah satu syarat masuk jurusan perhotelan. Sebagai hotelier di masa depan, pengetahuan kamu nggak hanya sebatas tentang pelayanan dan perhotelan saja. Kamu harus menguasai wawasan tentang pariwisata di daerah setempat karena 80% tamu yang datang ke hotel tentunya untuk berlibur. Wawasannya seputar kapan waktu yang tepat mengunjungi objek wisata tersebut, persiapan apa yang harus dilakukan sebelum melakukan kunjungan, transportasi, bahkan kuliner di sekitarnya. 

 

Lulus Persyaratan Akademik dan Bahasa Inggris

Sumber: Pexels

Sudah mantap dengan jurusan perhotelan, kamu bisa menimba ilmunya hingga ke universitas luar negeri. Universitas di luar negeri tentunya memberikan ilmu yang mungkin belum tentu bisa kamu dapatkan di Indonesia. Salah satu universitas di bidang hospitality terbaik di dunia adalah Les Roches. Kampus ini juga memiliki kampus utama di Switzerland, namun juga tersedia di Shanghai dan Spanyol. Untuk jurusan perhotelan, Les Roches memiliki program Bachelor of Business Administration (BBA) in Global Hospitality Management.

Jika kamu berminat kuliah di Les Roches, syarat masuk jurusan perhotelannya ada dari sisi akademik dan Bahasa Inggris. Untuk persyaratan akademik. kamu harus menyerahkan transkrip ijazah SMA yang sebaiknya diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Kamu juga harus sudah berumur 17 tahun dan 6 bulan saat program ini dimulai. Sedangkan persyaratan bahasa Inggrisnya, kamu harus mendapatkan sertifikat IELTS dengan nilai rata-rata 5,5 dan minimal 5.0 pada setiap komponen.

 

Sebagai salah satu universitas dengan program hospitality terbaik di dunia, berkuliah di Les Roches akan memberikan kamu kesempatan bekerja di industri perhotelan internasional. Apalagi Les Roches juga sudah bekerja sama dengan SUN Education, jadi sebelum kamu kuliah di sana, kamu bisa berkonsultasi mengenai syarat masuk jurusan perhotelan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, siapkan segala syarat masuk jurusan perhotelan bersama SUN Education!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan