Ingin kuliah kuliner di Australia? William Angliss Institute bisa jadi opsi!
23 Mei 2021
Ada Fakultas Apa Saja di Deakin University Australia? Yuk, Cari Tahu!
25 Mei 2021

Leeds Beckett University: Pilihan Kampus Pencinta Olahraga

Sumber: leedsbeckett.ac.uk

Menjadi kiblat bidang pendidikan di dunia, Inggris memberikan daya tarik tersendiri untuk kita yang ingin melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya. Nama-nama besar, seperti University of Oxford atau Cambridge University, tentunya banyak orang yang mengenalnya karena riset dan bidang akademiknya. Namun tidak banyak yang menonjolkan sektor olahraga dalam kampusnya, dan Leeds Beckett University adalah salah satunya.

Leeds Beckett University berlokasi di kota Leeds, West Yorkshire, sekitar 300 km dari jantung kota London. Seperti kampus lainnya di Inggris yang banyak menampung mahasiswa internasional, Leeds Beckett University juga menjadi rumah bagi 28.000 mahasiswa yang tersebar di lebih dari 100 negara.

Berdiri sejak lebih dari 200 tahun silam, Leeds Beckett University terus berkembang dengan meningkatkan fasilitas dan kualitas pengajaran. Hingga kini, sudah ada 13 pilihan fakultas dengan lebih dari 150 pilihan gelar sarjana dan 190 gelar pasca-sarjana, mulai dari seni, desain, bisnis, teknik, kedokteran, hingga bidang olahraga.

Soal riset dan penelitian, jangan khawatir. Demi menunjang kebutuhan akademis, Leeds Beckett University juga memiliki 14 pusat riset dan teknologi yang bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan dan profesional.

 

Pilihan Kampus Leeds Beckett University

City Campus

Terdapat 2 kampus utama di Leeds Beckett University yang saling berdekatan, City Campus dan Headingley Campus. Di dalam City Campus terdapat pusat penelitian kesehatan dan laboratorium biomedik dengan teknologi paling mutakhir berisi layanan dan fasilitas senilai total 1 juta Euro. 

Leeds Beckett University

Broadcasting Place. Sumber: leedsbeckett.ac.uk

Di City Campus juga terdapat Broadcasting Place, salah satu bangunan tertinggi di kota Leeds dengan arsitektur berbentuk bata merah. Bangunan ini menjadi pusat untuk studi desain, seni, arsitektur, dan teknologi lingkungan. Serta yang terbaru adalah Rose Bowl, yang sekarang menjadi pusat studi jurusan bisnis di kota Leeds.

 

Headingley Campus

 

Berbeda dengan City Campus yang penuh dengan kesan urban dan modern, Headingley Campus lebih terkesan hijau yang penuh dengan ruang terbuka dengan hamparan padang rumput yang luas. Adanya Beckett Park dan The Acre berupa padang rumput dengan luas lebih dari 40 Hektar menjamin mahasiswa dapat beraktivitas di luar dengan leluasa.

Leeds Beckett University

Headingley Campus. Sumber: ncuk.ac.uk

Headingley Campus memang mendedikasikan kualitas pendidikan bagi mahasiswa yang memiliki minat dengan olahraga, mengingat banyaknya fasilitas yang menunjang, seperti lapangan outdoor dan indoor untuk tenis, jalur lari, serta arena yang menjadi pusat kebugaran. Ditambah adanya Carnegie School of Sport Building yang menjadi pusat pengajaran dan penelitian untuk bidang olahraga di Inggris.

 

Aktivitas dan Klub Olahraga di Leeds Beckett University

 

Berbicara tentang olahraga, Inggris punya berbagai daftar sejarah panjang. Sebut saja FA Cup sebagai turnamen sepakbola tertua di dunia. Nah, di Leeds, sepakbola hanya salah satu olahraga yang banyak digemari oleh mahasiswa. Ada berbagai olahraga lainnya seperti rugby, hockey, tennis, hingga cabang olahraga lokal seperti cricket dan tchoukball.

Tidak hanya sekadar menonton, para mahasiswa juga mempunyai kesempatan untuk bergabung dengan berbagai klub olahraga yang ada di Leeds Beckett University. Selain faktor kebugaran, bergabung dengan klub dan aktivitas olahraga juga bisa jadi cara mudah untuk bergaul dengan mahasiswa lainnya. Berikut beberapa aktivitas dari berbagai cabang olahraga favorit yang dapat kamu ikuti.

 

Sepakbola

 

Olahraga sejuta umat ini memiliki hubungan dekat dengan Leeds Beckett University. Salah satu klub liga Inggris, Leeds United, merupakan kebanggan dan favorit masyarakat lokal Leeds. Para mahasiswa memiliki agenda khusus untuk menyaksikan klub bola kesayangan mereka bertanding. Kalo ingin bermain, di sini juga memiliki klub untuk pria dan wanita, yang suka mengadakan pertandingan secara berkala secara internal maupun antar kampus.

 

American Football

Leeds Beckett University

Leeds Rhinos. Sumber: therhinos.co.uk

Cabang olahraga yang diadaptasi dari Amerika Serikat ini juga punya tempat khusus bagi para mahasiswa. Leeds Rhinos, salah satu klub di Liga Rugby, sering bertanding di Headingley Stadium yang hanya berjarak 5 menit dari kampus Headingley. Selain para mahasiswa sering menonton Leeds Rhinos bertanding, pihak kampus pun menyediakan latihan intensif bagi mereka yang memiliki minat di olahraga yang sangat mengandalkan kemampuan fisik ini.

 

Cricket

Leeds Beckett University

Leeds Cricket Club. Sumber: desertspringsresort.es

Sama seperti klub rugby Leeds Rhinos, Headingley Stadium juga menjadi markas latihan bagi klub lokal Yorkshire County Cricket. Sebagai klub lokal kebanggaan, banyak mahasiswa kampus yang akan datang menyaksikan setiap mereka bertanding untuk memberikan dukungan.  

 

Sepeda

 

Selama beberapa tahun belakangan, Leeds Beckett University selalu menjadi tuan rumah ‘Tour de Yorkshire’, turnamen balapan sepeda yang mengitari wilayah kota selama 4 hari berturut-turut. Kamu bisa juga bergabung dengan klub sepeda kampus dan bersepeda bersama menyusuri jalan hingga kota Liverpool.

 

Cabang Olahraga Lainnya

 

Dengan lebih dari 40 Klub Atletik, Leeds Beckett University juga memiliki cabang lainnya. Seperti klub hockey kampus yang menjalin kerjasama dengan Leeds Hockey Club untuk mengadakan pelatihan. Ada pula olahraga lainnya mulai dari tinju, skateboard, tchoukball, surfing, golf, gymnastic, kayak, hingga polo air.   

Fasilitas Pendidikan Leeds Beckett University

 

Demi sistem pengajaran yang maksimal, Leeds Beckett University ingin proses belajar seimbang antara teori yang diberikan di dalam kelas sejalan dengan praktiknya di kehidupan dunia kerja. Itulah mengapa kampus terus mengembangkan berbagai fasilitas pendukung untuk seluruh fakultas dan konsentrasinya. 

Beberapa fasilitas di antaranya, Clinical and Biomedical Labs, Sports Science and Exercise Laboratories, Industry-standard Music Studios, dan Technical Labs for Engineering and Computer Forensics. 

Rose Bowl. Sumber: ncuk.ac.uk

Selain itu, pada tahun 2020, Leeds Beckett University juga telah menambah sejumlah fasilitas laboratorium lainnya dengan total investasi senilai 45 juta Euro. Fasilitas yang dimaksud di antaranya World-leading Sport and Exercise Labs, High-Performance Strength and Conditioning Suites, dan World-class Indoor Athletes’ Facilities.

Lanjut di tahun 2021, dengan total anggara 85 juta Euro, ada penambahan fasilitas yang menunjang kebutuhan para mahasiswa Fakultas Seni. Pihak kampus menambahkan State-of-the-art Fashion Studios, Dolby Atmos Movie Cinema berkapasitas 220 kursi, Black Box Theatre berkapasitas 184 kursi, dan Industry-standard Recording Studio.

 

Persiapan Studi ke Leeds Beckett University

Biaya Pendidikan dan Biaya Hidup

 

Salah satu persiapan sebelum melanjutkan studi ke luar negeri adalah masalah biaya, termasuk biaya pendidikan dan biaya selama hidup di sana. Sebagai gambaran, total biaya pendidikan di Leeds Beckett University berkisar 11.000 Euro hingga 13.000 Euro bergantung fakultas yang kamu pilih. 

Lalu, soal biaya hidup, dibutuhkan sekitar 1.023 Euro selama sebulan. Biaya tersebut berupa akomodasi tempat tinggal sebesar 758 Euro, biaya makan sebesar 120 Euro, dan biaya untuk kebutuhan gaya hidup sekitar 145 Euro. Tentunya, biaya tersebut sangat bervariasi untuk setiap orang.

masa berlaku visa amerika

Sumber: Freepik

Mempersiapkan biaya hidup sangat penting bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Alasannya, kamu harus mengajukan visa pelajar untuk keperluan studi seperti ini.  

 

Program Persiapan Bahasa Inggris

 

Leeds Beckett University juga menyediakan program persiapan Bahasa Inggris bagi mahasiswa internasional, seperti latihan menulis esai dan karya tulis ilmiah, yang menunjang kemampuan mahasiswa ketika perkuliahan dimulai. Selain fokus mengasah kosakata bahasa untuk bidang akademik, program persiapan tersebut juga akan membantu mahasiswa internasional untuk beradaptasi dengan sistem pendidikan yang ada di Inggris dan Britania Raya.  

Leeds Beckett University sangat memperhatikan kenyamanan bagi para mahasiswa internasional yang baru mendaftar. Salah satunya dengan menjamin ketersediaan akomodasi berupa tempat tinggal bagi mahasiswa baru. 

Caranya mudah, langsung saja daftarkan diri kamu agar pihak kampus dapat mengalokasikan tempat tinggal sesuai dengan kapasitas yang tersebar di beberapa lokasi kampus. Leeds Beckett University menyiapkan 4500 ruangan tempat tinggal sebagai akomodasi bagi para mahasiswa untuk di tahun pertama.

Sudah Siap Kuliah di Leeds Beckett University?

 

Bagaimana, seru banget kan untuk melanjutkan studi di Leeds Beckett University? Pokoknya, bagi kamu yang memang punya minat khusus di bidang olahraga, ini bisa menjadi pilihan kampus yang cocok buat kamu! Bagi kamu yang ingin merencanakan studimu ke Inggris, kamu dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan SUN Education, lho! Dapatkan informasi mengenai program studi, persyaratan masuk, biaya studi, dan informasi lainnya dari sumber terpercaya.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!.

Comments are closed.