lama tes toefl
Berapa Lama Ya Sebaiknya Mempersiapkan Tes TOEFL?
11 Agustus 2021
6 Transportasi Malaysia Yang Bisa Kamu Gunakan Saat Berkuliah Disana!
14 Agustus 2021

Mau Pengalaman TOEFL iBT dengan Skor Tinggi? Intip 5 Tips Ini!

pengalaman toefl ibt

Sumber: Freepik

Untuk keperluan studi luar negeri ataupun kelengkapan berkas pendaftaran hal lainnya, TOEFL menjadi salah satu jenis sertifikasi Bahasa Inggris yang sering diminta. Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah sertifikasi yang menilai kemampuan berbahasa Inggris dan dibuat oleh Educational Testing Service (ETS)—sebuah lembaga di Amerika Serikat. Jenis TOEFL ada beragam dan fyi, sekarang satu-satunya TOEFL resmi yang diterima secara global adalah TOEFL iBT. Dengan ‘ujian’ yang applicable secara internasional, pengalaman TOEFL iBT sama challengingnya dengan TOEFL yang lain.

pengalaman toefl ibt

Sumber: ETS

TOEFL iBT memiliki skor maksimum hingga 120. Kamu harus menghadapi 4 segmen soal, yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Masing-masing score maksimum ke-empat soal tersebut adalah 30. Masa berlaku skornya pun hanya selama 2 tahun saja lho! Jika ternyata kamu membutuhkan sertifikat tersebut untuk mendaftar perkuliahan dan masanya sudah lewat, kamu wajib mengambil tes ulang kembali. Nah, karena sudah jadi rahasia umum kalau tes ini termasuk challenging, kamu pasti bertanya-tanya, “Gimana ya caranya bisa menyelesaikan TOEFL iBT dengan lancar?” atau mungkin “Bisa nggak ya punya pengalaman TOEFL iBT dengan skor tinggi?”. Well, semua itu bisa tercapai dengan usaha dan kemampuan besar!

Kuncinya adalah dengan meningkatkan kemampuan reading, listening, speaking, dan writing yang baik. Caranya? Nggak perlu khawatir dulu! Kamu bisa lakukan secara konsisten beberapa tips alias strategi yang efektif di bawah ini dalam mempersiapkan TOEFL iBT:

1. Memahami Format Tes

Format tes iBT mirip dengan IELTS. Bedanya, kamu akan melakukan tes secara online di hadapan komputer termasuk tes speaking. Format tes TOEFL berisi 36-56 soal reading dengan kurun waktu 60-80 menit, listening yang berlangsung dalam waktu 60-90 menit dengan menyelesaikan 34-51 soal, lalu istirahat selama 10 menit sebelum memasuki bagian speaking dan writing. Dalam tes speaking, kamu punya waktu selama 20 menit untuk menjawab 6 pertanyaan dan tes writing selama 50 menit untuk menulis dua esai. Hmm, harus bisa mengatur prioritas pengerjaan soal secara cermat!

2. Menentukan Skor yang Kamu Inginkan

pengalaman toefl ibt

Sumber: Unsplash

Ini tergantung pada tujuan kamu mengambil TOEFL iBT. Jika kamu ingin mendaftar ke universitas atau melamar pekerjaan, cari tahu skor minimal yang mereka wajibkan agar kamu memenuhi persyaratan untuk lolos. Kamu pun bisa menentukan target skor ideal yang ingin kamu capai sendiri. Dengan mengetahui target ekspektasi skor, kamu bisa mengukur lama waktu untuk mempersiapkan tes maupun usaha yang kamu lakukan.

3. Latihan Soal TOEFL iBT

Biar ngerasain pengalaman TOEFL iBT dengan lancar, kamu bisa memperbanyak praktik atau latihan soal TOEFL iBT. Selain jadi lebih familiar, kamu jadi bisa memaksimalkan kemampuan yang harus kamu tingkatkan. Saat ini pilihan aplikasi belajar TOEFL banyak yang gratis dan nggak kalah berkualitas. Seperti ELSA: Learn and Speak English ataupun Practice for TOEFL® Test Pro 2021. Nanti kamu akan terbiasa dan jadi lebih tenang saat menghadapi tes yang sesungguhnya!

4. Memperkaya Ilmu Pengetahuan

pengalaman toefl ibt

Sumber: Unsplash

Yup, dalam TOEFL iBT biasanya ada beberapa soal yang membahas topik pengetahuan umum. Sangat penting untuk memperkaya diri dengan informasi maupun pengetahuan tersebut. Kamu bisa mendapatkannya dari majalah, berita online, konten sosial media berbahasa Inggris, karya ilmiah, atau jenis tulisan formal lainnya. Dengan memperluas wawasan dalam berbagai macam bidang seperti sains, budaya, politik, maupun ekonomi, pemahamanmu jadi semakin kontekstual dan luas!

5. Belajar Bersama Orang Lain

Belajar secara mandiri memang sangat baik! Begitu pula belajar dengan orang lain. Kamu bisa saja menemukan pelajaran atau hal baru yang bermanfaat dari orang tersebut. Apalagi, kamu nggak sepenuhnya bisa mengukur kemampuan TOEFL iBT jika belajar sendiri. Kamu akan membutuhkan orang lain atau yang profesional untuk memberikan nilai maupun feedback dalam persiapan tersebut. Bisa dengan teman ataupun tutor profesional Bahasa Inggris seperti di SUN English. Kalau belajar bersama ahlinya, kamu jadi bisa memahami apa saja yang perlu kamu tingkatkan ataupun perbaiki bukan?

Itu dia 5 tips penting yang bisa membantumu meraih skor impian TOEFL iBT.
Bagaimana? Kamu sudah siap?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.